Home » Kongkow » Fisika » Karakteristik Rangkaian Listrik Paralel

Karakteristik Rangkaian Listrik Paralel

- Selasa, 25 Januari 2022 | 14:00 WIB
Karakteristik Rangkaian Listrik Paralel

 

 

Rangkaian listrik dapat dihubungkan sebagai rangkaian seri atau rangkaian paralel. Dalam rangkaian seri, arusnya sama di setiap bagian sirkuit. Dalam rangkaian paralel, voltase sama untuk masing-masing cabang. Hukum Ohm memberi persamaan sederhana yang dapat membantu Anda menghitung voltase, arus dan hambatan dalam rangkaian paralel.

Tegangan

Tegangannya sama untuk masing-masing resistor dalam rangkaian paralel karena hanya ada dua titik umum yang menghubungkan semua resistor, dan voltase atau tegangan antara titik umum selalu sama. Tegangan, atau perbedaan potensial listrik, adalah energi per satuan muatan; Itu diukur dalam volt pada voltmeter.

Arus

Arus listrik bisa menempuh banyak jalur melalui sirkuit paralel. Arus total sama dengan jumlah masing-masing cabang arus individual. Arus total rangkaian dapat dihitung dengan persamaan I = V / (1 / R1 + 1 / R2 + … + 1 / Rn), di mana I adalah arus total, V adalah tegangan dan R1, R2 dan seterusnya Adalah hambatan dari setiap cabang individu. Arus diukur dalam ampere dengan ammeter.

Hambatan

Hambatan atau Resistansi total untuk rangkaian paralel harus kurang dari resistansi cabang individu dibagian manapun. Resistansi diukur dalam ohm. Cara menghitung resistansi total dengan membagi arus total dengan voltase; Persamaan ini, I = V / R, dikenal sebagai Hukum Ohm.

Hal ini dapat ditulis ulang sebagai R = V / I. Misalnya, rangkaian paralel dengan 14 volt dan 2 ampere memiliki besar hambatan 14/2, atau 7 ohm. Jika Anda tidak mengetahui tegangan dan arus total, hitunglah resistansi total dari tahanan masing-masing cabang dengan persamaan 1 / R = 1 / R1 + 1 / R2 + 1 / R3 + … + 1 / Rn.

Daya tahan sirkuit

Pembukaan cabang individu hanya menghentikan arus di cabang itu. Bagian cabang lainnya akan terus bekerja karena arus memiliki banyak jalur yang bisa ditempuh di seluruh sirkuit.

Cari Artikel Lainnya