Home » Kongkow » Biologi » Pengertian Metamorfosis (Sempurna dan Tidak Sempurna)

Pengertian Metamorfosis (Sempurna dan Tidak Sempurna)

- Kamis, 15 April 2021 | 13:00 WIB
Pengertian Metamorfosis (Sempurna dan Tidak Sempurna)

Metamorfosis adalah suatu proses biologi dalam pengembangan hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik yang terjadi sebagai hasil dari pertumbuhan sel dan diferensiasi sel-sel yang secara radikal berbeda.

Beberapa serangga, amfibi, moluska, krustasea, echinodermata, dan tunicates mengalami metamorfosis, yang biasanya (tapi tidak selalu) disertai perubahan habitat atau perilaku.

Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna

Metamorfosis Tidak Sempurna Pada Serangga

Metamorfosis biasanya terjadi pada fase yang berbeda, dimulai dengan larva atau nimfa, kadang-kadang melewati pupa, dan imago berakhir sebagai serangga dewasa. Ada dua jenis utama dari metamorfosis pada serangga, hemimetabola dan holometabola.

Metamorfosis tidak sempurna di belalang Spesies fase dewasa metamorfosis larva biasa disebut / nimfa. Namun dalam metamorfosis kompleks banyak spesies serangga, hanya fase pertama, yang disebut larva / nimfa. Dalam hemimetabolisme, pengembangan nimfa berlangsung pada fase pertumbuhan dan ecdysis berulang (moulting), tahap ini disebut instar. Hemimetabola juga dikenal sebagai metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis belalang

Metamorfosis belalang

Dalam holometabola, larva sangat berbeda dari dewasa. Serangga yang melakukan holometabola melalui fase larva, kemudian masukkan keadaan tidak aktif yang disebut pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa (imago). Holometabola juga dikenal sebagai metamorfosis sempurna.

Sementara di pupa, serangga akan mengeluarkan cairan pencernaan, untuk menghancurkan larva tubuh, meninggalkan beberapa sel saja. Sel-sel yang tersisa akan tumbuh menjadi dewasa yang menggunakan nutrisi dari tubuh yang rusak larva. Proses kematian sel disebut histolisis dan pertumbuhan sel histogenesis.

Serangga menghabiskan lebih banyak waktu dalam tahap dewasa atau dalam bentuk remaja tergantung pada spesies. Misalnya mayfly yang hanya hidup pada tahap dewasa hanya satu hari, dan jangkrik itu, yang remaja tahap hidup di bawah tanah selama 13 atau 17 tahun. Spesies ini memiliki metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis Sempurna Pada Amfibi

Pada awalnya, induk dewasa katak betina bertelur, dan telur akan menetas setelah 10 hari. Setelah menetas menjadi Berudu.berudu katak hidup di air setelah berumur 2 hari, Berudu memiliki insang eksternal berbulu untuk bernapas. Setelah 3 minggu usia insang berudu akan tertutup oleh kulit. Menjelang usia 8 minggu, kaki belakang kecebong akan terbentuk nanti diperbesar ketika kaki depan mulai muncul.

Berusia 12 minggu, kaki depan mulai terbentuk, ingsang tidak lagi bekerja ekor pendek dan bernapas dengan paru-paru bentuk paru.maka wajah akan lebih jelas setelah pertumbuhan anggota badan yang sempurna, katak pun akan berubah sempurna menjadi katak dewasa dan kembali berkembang biak.

metamorfosis katak

metamorfosis katak

 Ada beberapa hal yang berbeda dari siklus amfibi pada umumnya. Beberapa spesies salamander tidak perlu bermetamorfosis untuk menjadi seksual sepenuhnya matang, dan hanya akan bermetamorfosis dalam tekanan kondisi lingkungan tertentu.

Banyak spesies katak tropis bertelur di darat, di mana kecebong bermetamorfosis di dalam telur. Ketika mereka menetas, mereka menjadi dewasa yang belum benar-benar matang, terkadang masih memiliki ekor yang dalam beberapa hari dan kemudian diserap.

Simak video di bawah ini yah, untuk mengetahui fase-fase metamorfosis pada katak.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya