Home » Kongkow » Fisika » 3 Pengertian Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi & Radiasi)

3 Pengertian Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi & Radiasi)

- Senin, 13 September 2021 | 14:00 WIB
3 Pengertian Perpindahan Kalor (Konduksi, Konveksi & Radiasi)

Pada pembahasan materi kali ini kita akan membahas mengenai perpindahan kalor. Pernahkah kalian berfikir bagaimana tentang proses pematangan pada nasi? Lalu peristiwa apakah yang terjadi sehingga membuat nasi yang tadinya memiliki tekstur  yang keras (beras) bisa menjadi lunak? Hal tersebut tentu terjadi karena adanya panas (kalor). Panas yang dihasilkan untuk menanak nasi bisa dari apa dari kompor atau dari listrik, perpindahan dari api ketika memasak nasi menggunakan kompor, dan perpindahan kolor terjadi dari listrik ketika kita memasak menggunakan magicom.

Perpindahan kalor merupakan suatu kalor atau panas yang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Lalu bagaimakah cara kalor tersebut dapat berpindah?

Kalor atau panas akan dapat berpindah dengan tiga cara yaitu konveksi atau aliran, konduksi atau hantaran dan radiasi atau pancaran.

Nah untuk penjelasan tentang ketiga cara perpindahan kalor atau panas tersebut akan kita bahas secara detail dibawah ini :

1. Konduksi atau hantaran

Perpindahan kalor atau panas dengan cara konduksi merupakan perpindahan kalor atau panas melalui suatu zat tanpa disertai dengan perpindahan partikel-pertikel zat tersebut.

Berdasarkan daya hantar kalor tersebut, kemudian dapat dibedakan menjadi 2 yaitu

A. Konduktor

Konduktor merupakan zat yang mempunyai daya hantar kalor yang cukup baik

Contohnya : baja, besi, tembaga serta alumunium dan lain-lain

B. Isolator

Isolator merupakan zat yang memiliki daya hantar kalor atau panas yang kurang baik.

Contohnya : kertas, kaca, air, kayu dan plastik

2. Konveksi atau aliran

Perpindaha kalor atau panas secara konvensi atau aliran merupakan perpindahan kalor pada suatu zat yang disertai dengan perpindahan partikel-partikel zat tersebut.

Perpindahan kalor konveksi akan dapat terjadi karena perbedaan massa jenis zat. Peristiwa perpindahan konvensi dapat kalian pahami diantaranya adalah sebagai berikut

A. Pada zat gas karena perbedaan tekanan udara, misalnya hal tersebut terjadi pada angin darat dan angin laut, sistem ventilasi udara, dan untuk mendapatkan udara yang lebih dingin dalam ruangan maka membutuhkan pemasangan kipas angin atau AC.

B. Pada zat cair karena perbedaan massa jenis zat, misalnya ada pemanasan air dan pada sistem aliran air panas.

3. Radiasi atau pancaran

Perpindahan kalor atau panas secara radiasi merupakan perpindahan kalor tanpa melalui suatu zat perantara.

Ketika ada suatu kegiatan perkemahan disuatu sekolah, pasti akan mengadakan kegiatan pramuka. Lalu apa  yang akan kalian rasakan ketika kalian berada disekitar api unggun? Tentunya kalian akan merasakan hangatnya api unggun dari jarah yang lumayan jauh.

Video Terkait

Cari Artikel Lainnya