Home » Kongkow » Kesehatan » Zat Gizi Lengkap yang Diperlukan Manusia

Zat Gizi Lengkap yang Diperlukan Manusia

- Sabtu, 07 Mei 2022 | 08:00 WIB
Zat Gizi Lengkap yang Diperlukan Manusia

Saat mendengar nasihat dari orang tua tentang memenuhi asupan nutrisi setiap hari, Anda mungkin langsung bingung. Di antara begitu banyak nutrisi penting seperti vitamin, lemak esensial, zink, dan lainnya, nutrisi apa saja yang wajib dipenuhi setiap hari?

Anda sebenarnya tidak perlu pusing. Melalui tulisan ini akan dijabarkan enam nutrisi esensial yang wajib dikonsumsi setiap hari untuk memastikan tubuh bekerja dengan baik dan bebas penyakit. Apa saja enam nutrisi penting tersebut?

1. Protein

Protein merupakan komponen penting untuk membangun struktur tubuh. Tidak hanya otot, setiap sel mulai dari tulang, kulit, hingga rambut mengandung protein. Selain sebagai pembentuk struktur tubuh, protein juga berfungsi untuk membentuk antibodi sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap kuman penyakit. Protein bisa didapatkan dari daging, telur, susu, dan kacang-kacangan.

2. Karbohidrat

Karbohidrat berperan penting sebagai sumber tenaga tubuh manusia, terutama otak. Karbohidrat setidaknya mencapai 45-65 persen dari total kalori harian Anda. Karbohidrat banyak didapatkan dari gandum, nasi, serta beberapa jenis sayur dan buah.

3. Lemak

Lemak juga sangat diperlukan tubuh anda untuk melarutkan vitamin dan mineral. Selain itu, lemak berperan dalam pembentukan dinding sel dan berfungsi untuk otak.  Namun perlu diperhatikan bahwa asupan lemak yang baik atau lemak tidak jenuh (seperti omega 3 dan omega 6) harus lebih banyak dibandingkan dengan lemak jenuh.

4. Vitamin

Setelah makronutrien, tubuh juga memerlukan mikronutrien yaitu vitamin-vitamin. Terdapat 13 vitamin esensial yang diperlukan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Setiap vitamin memiliki peran masing-masing, seperti vitamin D untuk pembentukan dan kepadatan tulang. Sumber vitamin terbanyak ada pada sayur dan buah-buahan.

5. Mineral

Sama halnya dengan vitamin, mineral merupakan mikronutrien yang sangat penting. Contoh dari kalsium adalah kalsium, besi, dan zinc. Selain berfungsi untuk kepadatan tulang, kalsium juga berfungsi untuk mengontrol tekanan arah dan kontraksi otot.

6. Air

Banyak orang sering mengabaikan kebutuhan cairan harian. Anda mungkin juga termasuk. Padahal, 60 persen dari tubuh terdiri atas air. Keberadaan air sangat penting untuk semua organ tubuh, terutama otak. Air dapat membantu pembagian nutrisi ke sel-sel di seluruh tubuh.

Cara termudah untuk menentukan apakah Anda sudah cukup minum adalah dengan melihat warna urine. Jika warna urine pekat, maka Anda masih membutuhkan cairan. Melalui penjabaran di atas, Anda diharapkan dapat memenuhi asupan enam nutrisi esensial setiap hari. Hal ini penting guna menjaga kinerja tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

7. Nutrisi Khusus

Mengonsumsi nutrisi khusus terkadang penting untuk melengkapi kebutuhan tubuh Anda. Pastikan nutrisi khusus yang dikonsumsi sesuai. Tersedia beragam nutrisi khusus yang KALBE Store sediakan. Dari nutrisi khusus anak; Morinaga, Milna, Zee, nutrisi untuk tulang; Entrasol Active dan Gold, nutrisi diabetesi; Diabetasol, nutrisi kecantikan; Diva,  nutrisi diet; Slim&Fit, hingga nutrisi untuk menjaga kolesterol; Nutrive Benecol.

Cari Artikel Lainnya