999 +
0
26
0
11 Bahan Campuran yang Bikin Racikan Kopi Hitam Lebih Nikmat
1 month 'ago'

Hampir semua penyuka kopi, suka atau setidaknya doyan minum racikan kopi hitam. Pasalnya, racikan kopi hitam yang hanya ditambah dengan gula ini menghasilkan rasa asli dari biji kopi yang digunakan. Bahkan ada juga yang lebih suka menyeruput kopi hitam tanpa gula, yang juga dipercaya sebagai kopi hitam untuk diet, lantaran kandungan kafeinnya bakal lebih kuat dan bisa meredam rasa lapar. Nggak heran ada yang bilang kopi hitam bikin kurus.

Meski begitu, ada juga kaum yang nggak begitu kuat minum kopi pahit, meski sudah ditambahkan dengan gula sekalipun. Nah, untuk mengatasinya,Kami mengusulkan beberapa bahan yang bisa ditambahkan ke dalam racikan kopi hitam supaya rasanya lebih nikmat, dan tentunya nggak terlalu pahit-pahit amat. Simak, ya!

1. Nggak melulu dicampur susu sapi atau krimer saja, kopi hitam yang dipadu dengan susu kental manis juga nggak kalah enaknya

kopi vietnam drip | credit: herukru via id.depositphotos.com

Penggemar kopi tentu familier dengan minuman kopi vietnam drip. Ya, minuman ini adalah perpaduan kopi hitam tanpa ampas dengan susu kental manis. Sementara kamu perlu menambahkan gula ketika mencampurkan kopi hitam dengan susu sapi atau krimer, dengan susu kental manis, kamu nggak perlu lagi tambahan gula untuk pemanisnya. Susu kental manis sudah punya rasa manis khasnya sendiri, kan?

2. Alih-alih menggunakan gula pasir biasa, kopi hitam yang dicampur dengan gula aren juga lagi hits banget nih!

es kopi gula aren | credit: venge.mail.ua via id.depositphotos.com

Selain jadi pemanisnya minuman-minuman ala milk tea, gula kelapa dan nira juga lagi jadi tren racikan kopi hitam lo. Bedanya dengan gula pasir biasa, gula aren ini memberi aroma harum dan rasa manis yang nggak terlalu kuat. Belum lagi ada sensasi rasa sedikit asam yang unik. Biasanya gula aren dicairkan dulu sebelum dicampurkan ke dalam kopi hitam yang berpadu dengan susu. Dengan racikan ini, manfaat kopi hitam manis bakal lebih terasa.

3. Tahu nggak sih kalau campuran garam di dalam racikan kopi hitam justru bisa menyeimbangkan rasa kopinya?

sea salt coffee | credit: jennystockphoto via id.depositphotos.com

Pernah dengar atau bahkan coba racikan sea salt coffee? Ya, itu adalah racikan kopi hitam dengan campuran garam laut. Ada juga yang lebih suka menggunakan garam hiamalaya. Garam yang rasanya asin dan gurih itu bisa memperkaya semua rasa baik yang ada di dalam kopi yang pahit dan sedikit asam. Rasa gurih garam justru menetralkan pahitnya kopi dan meningkatkan rasa manis alaminya lo!

4. Kalau nggak suka kopi hitam yang rasanya pahit atau asam, menambahkan bubuk cokelat ke dalamnya bisa jadi solusi yang tepat

kopi moka | yelenayemchuk via id.depositphotos.com

Racikan kopi hitam yang ditambah dengan bubuk cokelat biasa disebut dengan istilah kopi moka. Cokelat yang dicampurkan ke dalam kopi akan membuat rasanya jadi lebih enak di lidah, terutama buatmu yang nggak biasa minum kopi hitam. Karena berasal dari biji buah, cokelat juga memberi rasa dan aroma yang ‘fruity’ dengan aksen pekat.

5. Tren mencampur kopi dengan mentega juga banyak diminati karena rasanya yang khas

bulletproof coffee | credit: Sewcream via id.depositphotos.com

Kopi dengan tambahan mentega atau ‘bullet proof coffee’ sudah jadi racikan kopi yang populer. Mentega yang rasanya gurih meleleh di dalam kopi dan memberi rasa creamy dan lembut yang enak, juga nggak terlalu asam. Baiknya pilih yang 100% mentega (butter) dari sapi, jangan pakai margarin atau mentega yang sudah dicampur margarin. Rasanya bakal lebih nikmat kalau ditambahkan minyak kelapa yang sama-sama gurihnya. Manfaat kopi hitam bagi wanita yang ingin mengecilkan perut akan terbantu dengan meminum racikan kopi ini.

6. Selain susu sapi, kamu juga bisa menambahkan susu almon atau susu kedelai ke dalam racikan kopi hitam

kopi susu almon | credit: belchonock via id.depositphotos.com

Dibanding susu sapi, rasa gurih dan sedikit manis dari susu almon atau susu kedelai lebih cocok jika dipadukan dengan kopi hitam. Rasa khas susu ini nggak akan mengalahkan aroma kopi seperti halnya susu sapi. Kamu juga nggak perlu khawatir dengan kadar kalori dan lemak jenuhnya yang jauh lebih rendah ketimbang susu sapi.

7. Kamu bisa mencampurkan jahe dalam berbagai jenis minuman. Mulai dari teh, susu, hingga kopi

kopi jahe | credit: Pak Win via cookpad.com

Jahe memberikan aroma yang kuat juga rasa yang hangat pada racikan kopi. Selain itu juga baik untuk mencegah masalah pencernaan akibat kafein. Cukup parut jahe atau potong kecil-kecil jahe secukupnya dan campurkan ke dalam kopi.

8. Kayu manis bisa membantu menyamarkan rasa pahit kopi sekaligus membuatnya jadi lebih manis dan harum

kopi kayu manis | credit: boule1301 via id.depositphotos.com

Selain aroma manis harum dari kayu manis yang bikin racikan kopi hitam makin nikmat, rempah ini juga minim kalori dan punya banyak khasiat sehat. Cukup tambahkan sedikit saja kayu manis batang atau bubuk ke dalam kopi, aduk rata, dan nikmati sensasinya.

9. Aroma wangi juga bisa kamu dapatkan dari ekstrak vanili yang ditambahkan ke dalam racikan kopi

kopi vanili | credit: spotty via id.depositphotos.com

Vanili biasa ditambahkan dalam pembuatan kue dan minuman manis. Ekstrak vanili yang punya wangi manis akan membuat kopi hitammu lebih harum. Aroma ini tak hanya bikin rasa kopi lebih enak, tapi juga menjadikannya lebih nikmat dihirup.

10. Coba deh sesekali bubuhkan perasan jeruk atau lemon dalam racikan kopi hitam malam hari racikanmu

kopi lemon | credit: AntonMatyukha via id.depositphotos.com

Kamu bisa gunakan perasan jeruk mandarin, lemon, atau jeruk nipis sebagai penambah rasa kopi alami. Kalau hanya ingin mendapatkan aromanya, parut kulit jeruk secukupnya dan campurkan dalam kopi. Niscaya kopimu akan jadi lebih segar dan manis.

11. Secangkir kopi hangat dengan tambahan daun mint bisa membantumu tetap segar dan terjaga selama bekerja

kopi daun mint | credit: Elet_1 via id.depositphotos.com

Daun mint bisa memberikan rasa sejuk yang nyaman ke tenggorokan ketika meneguk kopi hangat. Kamu bisa langsung mencelupkan beberapa lembar daun mint ke dalam kopi atau menumbuk daunnya dulu sebelum mencampurkan ke dalam kopi hitam.

Selain manfaat kopi hitam untuk kulit yang kerap diaplikasikan sebagai masker atau scrub, kopi hitam juga bakal lebih enak diseduh jika dicampur dengan bahan-bahan di atas tadi. Campuran tersebut juga bisa meningkatkan khasiat kopi hitam yang bisa dirasakan langsung oleh tubuhmu. Nah, buatmu yang nggak begitu nyaman dengan rasa kopi hitam yang pahitnya kentara, coba deh tambahkan bahan-bahan di atas ke dalam racikannya. Dijamin bakal lebih nikmat!

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow