999 +
0
58
0
Kesalahan Mencuci Wajah yang Bikin Kulit Jadi Keriput
1 month 'ago'

Mencuci muka sudah menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh kita tinggalkan. Meski terbilang sepele dan mudah. Namun, beberapa orang masih saja melakukan kesalahan mencuci wajah. Alhasil, masalah pada wajah tidak dapat terhindari.

7 Kesalahan Mencuci Wajah yang Bikin Kulit Jadi Keriput

timesindonesia.co.id

Selain munculnya jerawat kesalahan mencuci wajah ternyata juga bisa menimbulkan keriput, loh. Tentunya kamu tidak ingin kan wajahmu sudah tampak keriput meski usia masih muda? Untuk menghindari hal ini, kalian perlu tahu nih apa saja kesalahan mencuci wajah yang tak disadari. Maka dari itu, yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Tidak Menghapus Riasan Wajah

Menghapus makeup memang menjadi salah satu hal yang cukup merepotkan, makanya tak heran sebagian dari kita memilih untuk langsung mencucinya dengan air mengalir tanpa menghapusnya terlebih dahulu. Memang sih riasakan akan hilang ketika dibasuh dengan air. Namun, cara ini justru bisa menimbulkan keriput, loh. Pasalnya, lapisan minyak serta zat kimia dari produk makeup masih tertinggal pada wajah dan baru akan terhapus jika kamu melakukan double cleansing dengan cleansing oil atau cleansing balm.

2. Salah Menggunakan Pembersih Wajah

Ada yang beranggapan bahwa semua pembersih wajah sama saja. Sehingga banyak dari kita yang masih menggunakan pembersih wajah yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Sebelum kamu membeli pembersih wajah, kami sarankan kamu harus lebih teliti lagi. Kamu juga mesti tahu jika pembersih wajah foam-based cocok digunakan untuk mereka yang memiliki wajah berminyak karena dapat menghancurkan minyak di dalam kulit. Sedangkan pembersih wajah cream-based memiliki kandungan lebih ringan sehingga cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering.

3. Suhu Air yang Salah

Kesalahan mencuci wajah beriktunya yakni menggunakan suhu air yang salah. Perlu kalian ketahui nih, ternyata mencuci wajah dengan air yang telalu dingin berisiko menyebabkan iritasi kulit, loh. Sedangkan, jika menggunakan air yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit terbakar dan kering. Lantas, bagaimana sebaiknya? kami sarankan, ketika mencuci muka, gunakanlah air dengan suhu normal saja, hal ini agar wajah tidak kehilangan minyak alaminya.

4. Membilas dengan Sembarangan

Membilas secara asal-asalan alias sembarangan merupakan kesalahan mencuci wajah yang kerap kita lakukan. Sebaiknya setelah mencuci wajah, bilasnya dengan benar agar tidak menimbulkan keriput nantinya. Yakni dengan membasuh bagian hidung, belakang telinga, dan garis rambut.

5. Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Kesalahan mencuci wajah yang paling berpengaruh pada munculnya keriput adalah menggosokan handuk ke wajah. Seperti yang kita tahu, handuk memiliki tekstur yang kasar, sehingga ketika menggosokkannya pada wajah, hal ini akan membuat wajah menjadi rusak. Bagaimana cara yang lebih tepatnya? Yakni dengan menepuk-nepukkan handuk ke wajah secara perlahan. Tapi ingat, cara ini pun tak boleh dilakukan sering-sering, ya.

6. Mencuci Terlalu Sering

Banyak yang menyarankan untuk mencuci wajah dua kali dalam sehari. Namun sayangnya, anjuran tersebut belum tentu sesuai dengan jenis kulit dan aktivitas yang kita lakukan. Bagi kamu yang berolahraga atau memakai riasan yang tebal, sebaiknya rutin mencuci muka sebelum dan sesudahnya, ya. Hal ini agar kulit wajah tetap terjaga dan terhindar dari munculnya keriput pada wajah.

7. Tidak Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Hayo siapa yang sering melakukan kebiasaan ini? Sebaiknya segeralah merubah kebiasaan ini, ya. Karena dengan tidak mencuci tangan sebelum membersihkan wajah, sama saja kamu sedang mentransfer bakteri dan kotoran yang ada di tangan. Bayangkan saja, ketika kamu menuangkan sabun wajah pada tangan, kemudian kamu menggosokkan sabun tersebut hingga berbusa, berapa banyak kotoran yang tercampur di sana? Bukan hanya akan menimbulkan jerawat, kesalahan mencuci wajah ini juga bisa menimbulkan keriput, loh. Maka dari itu, cucilah tanganmu terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah, ya.

Jadi, itulah sejumlah kesalahan mencuci wajah yang perlu kamu tahu. Seberapa sering sih kamu melakukan kesalahan-kesalahan tersebut? Agar tidak menimbulkan masalah pada wajah, segera hentikan kebiasaan buruk di atas, ya. Semoga bermanfaat.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow