999 +
0
69
0
Arti Dan Cara Yang Benar Ketika Menggambar Orang Saat Tes Psikotes
2 months 'ago'

Saat menjalani proses penerimaan karyawan baru di suatu perusahaan, Anda pastinya akan menjalani sejumlah tes yang diwajibkan oleh perusahaan tersebut. Salah satu tes yang sudah Anda kenal adalah psikotes.

Pada tahap ini, otak Anda akan dipaksa untuk berpikir mulai pada tahap perhitungan hingga tahap menggambar suatu benda dan menggambar manusia. Tes menggambar Orang atau juga dikenal dengan Tes Draw A Person (DAP) ini yang merupakan salah satu jenis tes psikologi yang dikembangkan oleh Florence Goodenough pada tahun 1926. Pada saat itu, tes ini dikenal dengan istilah “Goodenough Draw a Man Test”.

Draw a Person Test ( tes psikotes menggambar orang) kemudian disempurnakan dan dikembangkan oleh Dr.Dale B.Harris pada tahun 1963 yang kemudian diberi nama “Goodenough-Harris Drawing Test”. Sampai saat ini, tes ini dikenal dengan istilah DAP (Draw A Person Test). Tes ini adalah tes yang sederhana.

Menggambar orang disini tidak dibatasi, baik menggambar orang beraktivitas atau sedang tidak. Tapi yang perlu diingat disini tes ini tidak mengukur baik buruknya dalam segi menggambar orang, tapi lebih ditekan kan terhadap penilaian untuk mengukur rasa tanggungjawab, kepercayaan diri dan emosi di masing-masing individu.

Sistem penilaian dalam tes ini cenderung bersifat QSS (Quantitative Scoring System) atau sistem penilaian kuantitatif. Yaitu bukan berdasarkan bagus tidaknya gambar, namun berdasarkan ukuran kuantitatif tertentu. 3 Ukuran kuantitatif yang menjadi dasar utama penilaian adalah sebagai berikut :

  1. Proporsi anggota tubuh. Semakin proporsional (seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain) maka semakin tinggi skor yang anda peroleh
  2. Kelengkapan anggota tubuh. Semakin lengkap semakin tinggi nilainya. Diantaranya kepala, leher, badan, tangan, kaki, dan seterusnya.
  3. Detail gambar. Semakin detail gambar yang anda buat semakin tinggi pula nilai yang anda peroleh.

Berikut ini panduan penilaian dan arti dari menggambar orang pada tes DAP :

  1. Kepala.

Gambar kepala diartikan sebagai super-ego. Pusat kendali diri terhadap aturan (sosial, agama, dll). Kepala merupakan menunjukkan kebutuhan subjek terhadap eksistensi diri. Dapat dikatakan apabila orang yang menarik diri dari sosial cenderung mengabaikan bagian dari kepala.

  1. Penekanan Garis Gambar Wajah

Jika kamu menebalkan garis wajah secara berlebihan menandakan bahwa kamu seseorang yang kurang percaya diri dengan wajah yang dimiliki. Mata. Penguatan di mata diartikan sebagai orang yang mencoba mendapatkan perhatian lebih dari lingkungan sekitar. Bibir. Gambar bibir yang tebal atau penekanan pada bibir merupakan simbolisasi kebutuhan berkomunikasi atau keinginan untuk menonjol di lingkungan sekitarnya.

  1.  Penekanan Garis Gambar Leher

Penekanan pada gambar yang berada dileher menginterprestasikan seseorang yang memiliki kemauan yang tinggi.

  1. Gambar Bahu Orang

Gambar bahu orang yang proposional menjelaskan bahwa kamu sangat percaya diri dengan kemampuan kamu, sedangkan gambar bahu orang yang tidak proposional menjelaskan seseorang yang kurang percaya diri.

  1. Badan.

Gambar badan yang sederhana (hanya kotak atau oval) menunjukkan sikap kekanakan yang belum dewasa. Gambar orang dewasa akan lebih kompleks. Lengkap dengan aksesori. Misalkan dasi merupakan simbolisasi subjek ingin sukses dalam bekerja atau menampilkan status sosial lebih tinggi dibandingkan keberadaan saat ini. Contoh lain misal cincin, jam atau kalung/gelang merupakan asosiasi kebutuhan akan harta. Sekali lagi perhatikan kemenonjolan dari objek-objek tersebut.

  1. Gambar Tangan

Gambar tangan yang terbuka dan terlihat secara detail menandakan bahwa hubungan sosial kamu sangat baik dan cenderung orang yang ekstrovet, serta suka bekerjasama dalam menyelesaikan masalah, sedangkan jika kamu menggambar tangan yang tidak detai seperti menyembunyikan tangan di belakang tubuh atau saku menandakan bahwa kamu seseorang yang introvet dan tidak mudah percaya kepada orang lain.

  1. Kaki Dan Tungkai.

Kaki adalah simbol gerakan, kestabilan dan kekuatan subyek dalam lingkungan sekitar. Jika subyek tidak menggambar kaki, dapat diartikan dia kurang nyaman dengan situasi saat ini. Kaki yang sedang beraktifitas (meloncat atau berlari) menunjukkan subyek adalah orang yang memiliki mobilitas tinggi.

  1. Gambar Orang Berukuran Besar Atau Kecil

Jika kamu gambar orang yang berukuran besar menandakan bahwa kamu seseorang yang mendominasi atau yang paling populer dan mudah bergaul serta sangat percaya diri, sedangkan Jika kamu menggambar seseorang dengan ukuran kecil menandakan bahwa kamu seseorang yang mempunyai kepribadian yang tertutup serta kurang percaya diri.

  1. Memberi Bayangan Pada Gambar

Jika kamu memberikan bayangan pada gambar yang kamu buat menandakan kamu orang yang bahagia dan mudah bergaul kepada siapapun.

Saat mengikuti Tes DAP disarankan menggambar orang dengan jenis kelamin yang sama dengan kamu. Pahami dan ikuti instruksi yang ada pada saat proses tes DAP. Umumnya waktu yang digunakan dalam menggambar di tes DAP adalah 10-15 menit. Penggunaan penghapus pada tes DAP disesuaikan dengan kebutuhan tes yang akan dilakukan.

Tips dan Trik Menghadapi Tes DAP

  1. Buatlah gambar yang menunjukan kepribadian kamu, sesuai dengan jenis kelamin kamu serta gambarlah orang dengan ekspresi bahagia serta sedang melakukan aktifitas seperti gambar orang yang sedang membaca buku dengan tersenyum atau lain-lain.
  2. Jika kamu menggambar seorang dokter usahakan dokter tersebut mengenakan pakaian lab, menggunakan stetoskop dilehernya, dan sedang memeriksa pasien diruang rawat. yang terpenting gambar tersebut harus dilengkapi aktivitas yang dilakukan serta jangan terlalu memakai aksesoris yang berlebihan.
  3. Hindari gambar wanita yang sedang berbelanja karena itu memerlukan banyak aksesoris dan jika itu kamu lakukan , menandakan bahwa kamu orang yang materialistis
  4. Gambarlah wajah seseorang secara detail seperti menggambar telinga,mata, hidung, rambut, mulut dan lain-lain serta usahakan wajah tersebut menunjukan ekspresi yang bahagia.
  5. Terakhir jangan menggambar orang pada kertas dengan posisi terlalu condong kekiri atau kekanan. Usahakan menggambar orang pada bagian tegah kertas

Nah Otakers seperti itu Arti Dan Cara Yang Benar Ketika Menggambar Orang (Tes Draw A Person {DAP} ) Saat Tes Psikotes beserta Tipsnya. Semoga bermanfaat

Sumber :
Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow