999 +
0
31
0
Kawasan Wisata Songgoriti Kota Malang, Sensasi Berendam di Onsen Asli Indonesia dengan Keindahan Panorama
2 months 'ago'

Alamat: Jl. Songgoriti Batu – Malang, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Jawa Timur 65312
Google Map: KlikDisini
Harga Tiket Masuk (HTM): Rp 10.000 (Weekday), Rp 15.000 (Weekend)
Jam Buka: Setiap Hari, Mulai Pukul 7 Pagi Sampai 5 Sore
No. Telp: 0341-59-3553


foto by panduanwisata.web.id

Hingga tahun 2020 ini, Kota Batu dan Malang masih menjadi primadona wisata, bahkan semakin tinggi jumlah wisata yang mengunjungi kota ini. Tidak dapat dipungkiri, Kota Batu dan Malang semakin tahun semakin mengembangkan pariwisatanya, baik alam maupun buatan.

Objek yang makin banyak dikunjungi salah satunya adalah Wisata Songgoriti. Merupakan kolam pemandian air panas terbaru yang terletak di Kota Batu, Jatim.

Tempat ini seolah sangat cocok dengan cuaca di Kota Batu yang seringkali mendung dengan suhu cukup dingin. Di sini, Anda seolah berada di pemandian air panas atau onsen ala Jepang. Bedanya, di kolam renang Songgoriti tidak perlu membuka baju.

Melihat Lebih Jauh Keindahan Wisata Songgoriti

foto by dolandolen.com

Wisata Songgoriti merupakan sebuah kawasan dimana terdapat beberapa obyek wisata. Dan yang menjadi highlight dari wisata ini adalah kolam renang air panasnya.

Sejarah Wisata Songgoriti ini tidak bisa dilepaskan dari kerajaan di Jawa Tengah. Hal ini terlihat dari arsitektur yang menggambarkan bangunan khas Jawa Tengah, seperti bangunan candi.

Di kawasan wisata ini, tidak hanya terdapat kolam air panas, melainkan juga terdapat beberapa tempat wisata. Jadi, Anda yang berlibur di sini dapat menikmati wahana sesuai pilihan Anda dan mengakhiri liburan dengan berendam santai di kolam air panas.

foto by dictio.id

Wisata Songgoriti dikelilingi dengan pemandangan alam nan indah. Udara sejuk pun akan menemani liburan Anda di sini. Di setiap titik tempat, Anda tetap dapat melihat keindahan alamnya, jadi sangat cocok untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan mengambil gambar foto bersama.

Memasuki area wisata, Anda akan disambut dengan patung anak – anak memainkan alat musik. Sepanjang jalan memasuki taman, jajaran pohon akan terus menemani Anda sehingga perjalanan tidak terasa panas.

foto by klikhotel.com

Di taman ini terdapat ayunan dan beberapa fasilitas tempat duduk, dimana tempat ini biasa digunakan oleh pengunjung untuk istirahat, duduk bersama, atau menikmati makan siang.

Danau dengan Berbagai Patung di Wisata Songgoriti

Di sini juga terdapat danau dengan berbagai replika raksasa buah – buahan, seperti apel, strawberry, nanas, jambu monyet, hingga salak. Ada juga patung robot dan berbagai pendekar. Yang menarik adalah replika Sun Go Kong beserta guru dan temannya, naik kura – kura raksasa.

foto by novavilla.wordpress.com

Di sekitar danau pun ditanami bunga mawar dengan berbagai macam warna nan indah. Anda bisa berfoto dengan background bunga mawar atau di jembatan berwarna merah nan indah di dekat danau.

Aktivitas di Wisata Songgoriti

Tidak hanya pantai, Kota Batu juga memiliki candi. Di Songgoriti, tepatnya di Desa Songgokerto, terdapat candi yang merupakan peninggalan kerajaan Singasari pada abad ke-10.

foto by jejakpiknik.com

Memang tidak sebesar Candi Borobudur atau Prambanan, namun candi ini tetap menarik perhatian karena sejarahnya. Candi ini biasa disebut dengan Candi Supo, dengan dimensi 14,36 meter x 10,10 meter dengan tinggi 2,44 meter.

Untuk masuk ke kawasan candi yang ditemukan pada tahun 1799 oleh Van I Isseldijk ini, Anda tidak perlu merogoh kocek sedikit pun alias gratis.

Keunikan candi ini yaitu di bawah candi terdapat sumber air panas, uniknya di tengah – tengah sumber air panas tersebut menyembur mata air dingin. Kono dulu mata air ini digunakan untuk mencuci keris Mpu Sendok.

foto by renidwiastuti.com

Jika ingin merasakan serunya terbang dari ketinggian Gunung Banyak, Anda bisa mencoba paralayang Songgoriti. Aktivitas ini memang tidak lagi baru, karena sudah sejak tahun 2000 diresmikan menjadi kawasan paralayang.

Anda yang sudah mahir maupun belum mahir paralayang bisa mencobanya. Akan ada partner tandem atau guide ketika terbang nanti, dan tentu saja guide ini sudah terlatih dan bersertifikat.

Selain paralayang, kegiatan memacu adrenalin lainnya yaitu downhill. Di Bukit Klemuk Songgoriti, terdapat area yang dikhususkan untuk olahraga downhill.

foto by youtube.com

Ada dua track downhill, track pertama yaitu track yang biasa digunakan untuk kejuaraan nasional. Sementara track kedua merupakan track yang lebih ekstrim dan menantang.

Puas bermain dan memacu adrenalin di wahana Songgoriti, Anda bisa memanjakan diri dengan berendam di pemandian air panas Tirta Nirwana Songgoriti. Banyak yang menyebut tempat ini sebagai surganya air panas di Kota Batu.

Di sini, terdapat kolam renang yang dibedakan menjadi dua, yaitu kolam renang anak – anak dan kolam renang dewasa. Di kolam renang anak – anak, terdapat permainan seperti seluncuran, serta ember air.

foto by jejakpiknik.com

Air di pemandian air panas alami ini mengandung belerang yang menyehatkan kulit. Dan air ini berasal dari Candi Supo.

Sebelum pulang, pastikan Anda membeli oleh – oleh khas Songgoriti. Pusat oleh – oleh ada di Pasar Songgoriti, yang jaraknya sekitar 5 km dari Alun-alun Kota Batu.

Pasar tradisional ini menjual berbagai macam barang, makanan, serta minuman untuk keperluan oleh – oleh. Yang paling khas di sini adalah sayur dan buahnya, dan tentu saja kesegarannya terjamin.

Rute Menuju Wisata Songgoriti

Untuk menuju Wisata Songgoriti, dapat ditempuh dengan transportasi umum maupun pribadi, baik motor ataupun mobil. Jalan yang dilalui pun sudah lebar dan rata.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir tersesat karena sepanjang jalan terdapat papan penunjuk lokasi. Anda tinggal mengarahkan kendaraan ke arah barat Alun-alun Kota Batu.

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkutan jurusan Batu – Songgoriti jalur BS/A dan BS/B. Lalu turun di gapura jalan Songgoriti, kemudian untuk menuju wisata dilanjutkan dengan naik ojek.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow