Home » Kongkow » Tematik » Produk Awetan Dari Bahan Pangan Nabati Buah dan Sayur

Produk Awetan Dari Bahan Pangan Nabati Buah dan Sayur

- Kamis, 10 Desember 2020 | 14:39 WIB
Produk Awetan Dari Bahan Pangan Nabati Buah dan Sayur

Bahan pangan nabati dapat diolah dari bahan dasar sayuran dan buah buahan. Bahan pangan nabati sumber. Asinan dari bahan nabati dapat berupa asinan sayur seperti kubis taoge tahu atau buahbuahan seperti mangga mentah apel pepaya pala dan nanas.

1. Asinan

Makanan asinan merupakan makanan yang diawetkan dengan cara direndam dalam larutan garam. Produk asinan dari bahan nabati dabat berisi satu jenis bahan maupun kombinasi dari beberapa bahan.

Beberapa contohnya antara lain asinan dari taoge, kubis, tahu, apel, mangga mentah, pala, papaya, nanas dan bahan nabati lainnya. Asinan yang dikemas dengan baik dapat bertahan lama daripada sebelum diolah.

2. Acar

Produk makanan awetan dari bahan nabati berupa acar juga merupakan olahan awetan namun menggunakan asam cuka sebagai bahan untuk merendamnya. Bahan yang digunakan biasanya kubis, bawang merah, wortel, mentimun, kacang panjang, dan cabai.

Larutan asam cuka akan menciptakan cita rasa dari acar yang berasa asam. Rasa acar juga dapat ditambah rasa pedas dengan menambahkan cabai.

3. Manisan

Makanan manisan juga hamper sama dengan asinan, yaitu dapat berupa buah-buahan dan sayuran. Namun larutan yang digunakan adalah larutan gula dengan kadar tinggi.

4. Kimchi

Olahan berikut ini merupakan olahan dari negara Korea berupa lauk tradisional yg dibuat dari asinan dan sayuran yang sudah terfermentasi. Biasanya Kimchi dibuat dari bahan kubis dan lobak korea. Kimchi memiliki berbagai variasi tergantung bahan yang digunakan.

Olahan kimchi biasanya berbahan Kubis dan lobak, tetapi bisa pula memakai bahan tambahan. Bahan tambahan misalnya ketumbar, seledri, terong, timun, jahe, bawang putih, sawi, peterseli, kentang, bawang merah, daun bawang, tomat, serta kecambah.

5. Coleslaw

Coleslaw adalah salad yang terdiri dari kolak mentah yang diparut halus, diasinkan dan disajikan dengan saus salad. Coleslaw dapat tahan sampai empat minggu jika disimpan dalam wadah kedap udara. Ada banyak variasi resep coleslaw, dengan bahan lain seperti lada, wortel, bawang merah, nanas, atau apel, dicampur dengan saus salad seperti mayones atau krim.

6. Sauerkraut

Sauerkraut adalah makanan olahan dari Jerman berupa kubis yang dipotong halus kemudian difermentasi oleh berbagai bakteri yang menghasilkan asam laktat. Sauerkraut memiliki lama simpan yang panjang dan rasa asam yang khas, yang keduanya dihasilkan dari asam laktat yang terbentuk saat bakteri memfermentasi zat gula di kubis.

 

Makanan Awetan Dari Bahan Nabati berupa Makanan Ringan

1. Aneka Keripik

Bahan makanan nabati dapat diolah menjadi keripik yang dapat bertahan lama. Berbagai bahan nabati dapat diolah menjadi keripik seperti contohnya singkong, kentang, pisang, ubi dan lain-lain.

Ada juga olahan keripik dengan bahan buah mangga, semangka, apel dan buah lainnya serta bahan sayuran. Berbagai inovasi dilakukan untuk mengolah berbagai bahan menjadi olahan keripik.

2. Aneka Kue Kering

Pada masa ini banyak sekali jenis kue yang dijual di pasaran, baik secara online ataupun offline. Kue-kue yang dapat bertahan lama adalah aneka kue kering. Pada saat ini banyak inivasi kue kering dengan berbagai bahan seperti kue kering dengan campuran sayur-sayuran.

Sebagai contoh beberapa kue kering seperti Kue Nastar, Putri salju, Kue sagu keju, kuliner kue dahlia dan masih banyak lagi.

3. Aneka Rempeyek

Rempeyek pada umumnya bahan campuran utamanya tepung terigu maupun tepung kanji dengan kacang. Namun pada saat ini inovasi rempeyek jadi beraneka ragam. Sebagai contohnya rempeyek daun bayam, rempeyek kedelai, rempeyek kajang hijau, dan bahan nabati lainnya.

Pengolahan rempeyek juga bisa menggunakan semua bahannya menggunakan bahan nabati. Olahan ini juga dapat bertahan lebih lama.

4. Aneka Selai

Selai merupakan salah satu jenis makanan awetan dari sari buah atau buah-buahan yang sudah dihaluskan. Sari buah atau buah-buahan yang dihaluskan ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Biasanya selai dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis.

Bahan yang biasanya dijadikan selai biasanya buah yang tidak terlalu matang dan mempunyai rasa sedikit masam. Contoh buah yang dijadikan selai seperti stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain buah-buahan selai juga bisa dibuat dari sayur-sayuran seperti wortel dan seledri.k

Sumber :
Cari Artikel Lainnya