999 +
0
58
0
7 Manfaat Posisi Tidur Miring Ke Kanan
3 months 'ago'

Masing-masing orang memiliki posisi tidur favoritnya. Ada yang suka tidur miring ke kanan, ke kiri, ataupun dengan posisi telentang. Ternyata posisi tidur dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita, loh. Tidak semua posisi tidur berdampak baik bagi kesehatan. Bahakan, beberapa posisi dapat mengakibatkan penyakit.

7 Manfaat Posisi Tidur Miring Ke Kanan Sesuai Anjuran Rasulullah

Lantas, seperti apakah posisi tidur yang benar dan baik untuk kesehatan? Yaitu dengan posisi miring ke kanan, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Bukan tanpa sebab, posisi tidur miring ke kanan ini, terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah riwayat Al-Bara’ bin Azib yang berbunyi:

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, telah jelaskan tidur miring ke kanan merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW sendiri. Berikut ini merupakan manfaat tidur miring ke kanan menurut Islam, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Meminimalisir Beban Jantung

Efek tidur miring ke kanan yang pertama akan meminimalisir beban pada jantung. Sedangkan tidur miring ke kiri hanya akan membuat jantung tertimpa dengan organ lain. Dengan posisi tidur ke kanan, akan membuat darah mengalir lebih merata dan terkonsentrasi pada bagian kanan tubuh. Selain itu, denyut jantung pun akan lebih lambat dan tekanan darah akan menurun. Ini karena aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih lambat. Dengan artian, tidak hanya kamu saja yang tidur, tapi jantung juga bisa beristirahat.

2. Menjaga Kesehatan Paru-paru dan Pernapasan

Paru-paru sebelah kiri ukurannya lebih kecil daripada paru-paru sebelah kanan. Maka, tidur dengan miring ke kanan akan lebih baik untuk meringankan beban pada jantung. Hal ini karena jantung akan condong ke kanan dan menekan paru-paru bagian kanan yang ukurannya lebih besar.

Ini tidak akan menimbulkan pernapasan. Namun, beda cerita jika jantung menekan paru-paru sebelah kiri yang lebih kecil. Dengan memposisikan tidur miring ke kanan, akan menjaga saluran pernapasan dari berbagai masalah, seperti mencegah jatuhnya pangkal lidah yang akan menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan, dan masalah lainnya.

3. Mengurangi Sakit Maag

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, tidur menghadap ke kanan sangat baik sekali untuk kamu terapkan. Sebab, ketika miring ke kiri, hanya akan membuat asam di lambung tertahan dan meluap ke atas. Maka dari itu, sebaiknya tidurlah dengan menghadap ke kanan agar asam lambung yang terbentuk bisa langsung turun ke usus 12 jari.

4. Mengistirahatkan Otak Kiri

Otak bagian kiri berperan penting dalam hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis, membaca, serta berhitung. Otak kiri juga berperan untuk menggerakkan semua bagian tubuh di bagian kanan. Seperti yang kita tahu, kebanyakan kegiatan yang kita lakukan menggunakan bagian kanan tubuh. Dengan posisi tidur miring ke kanan, artinya kamu memberikan waktu beristirahat untuk otak kiri dan memberikan otak kanan pekerjaan.

5. Membantu Menyerap Nutrisi Lebih Baik

Ketika kamu terlelap, pergerakan usus akan lebih meningkat. Tidur dengan posisi miring ke kanan akan membuat makanan yang telah dicerna berjalan lebih lambat. Hal ini karena posisi usus halus dan usus besar berada di bagian bawah. Saat makanan diproses lebih lambat, memungkinkan zat-zat penting yang ada di dalam makanan bisa terserap secara optimal.

6. Mengistirahatkan Kaki Kiri

Saat beraktivitas, kaki kanan lebih aktif daripada kaki kiri. Sehingga kaki kiri kerap menjadi penahan alias penyeimbang yang bebannya juga berat. Tak heran jika kaki kiri lebih cepat pegal daripaka kaki kanan. Selain itu, kaki juga merupakan bagian terbawah yang membuat peredaran darah akan memakan waktu lebih lama untuk kembali. Dengan memilih posisi tidur miring ke kanan, maka akan membantu pengosongan vena kaki kiri sehingga pegal akan cepat hilang.

7. Merangsang Buang Air Besar

Kalau kamu sering merasakan sembelit, tidur dengan miring ke kanan sepertinya akan menjadi solusi yang baik. Sebab, dengan menghadap ke kanan akan merangsang buang air besar. Sehingga buang air besar akan menjadi lebih lancar. Ini terjadi karena aktivitas usus yang berjalan dengan lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat tidur menghadap ke kanan, kamu bisa mulai merasakan manfaatnya mulai malam ini. Selamat mencoba.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow