999 +
0
46
0
Pena Laut, Biota Bawah Laut yang Unik
3 months 'ago'

Pena laut merupakan hewan unik yang hidup di dasar lautan. Hewan ini akan terlihat seperti bunga yang tumbuh di dasar laut jika dilihat sepintas. Dinamakan pena karena bentuknya mirip dengan pena bulu yang pernah digunakan oleh orang di zaman dulu. Hewan ini hidup dengan memakan plankton yang berada di lautan.

pena laut

foto: DitjenPRL

Pena laut terbentuk dari koloni hewan polip (seperti terumbu karang). Koloni ini bisa ditemukan di dasar perairan yang berpasir. Tak heran, penampilannya semakin mirip dengan bunga.

Pena laut termasuk dalam Phylu Cnidaria dan merupakan jenis karang lunak. Biota ini memiliki satu polip yang termodifikasi dan membentuk struktur penopang utama. Polip aksial ini memiliki kaki penopang di bagian dasar dan atas yang secara langsung dapat menopang polip lain.

Tinggi biota ini bisa mencapai 10—20 cm, tetapi ada beberapa spesies yang bisa tumbuh hingga setinggi 80 cm—2 meter seperti Funiculina quadrangularis.

Polip biota ini terdiri atas dua jenis, yaitu polip biasa dengan delapan tentakel dan siphonozooid. Polip biasa digunakan untuk mengambil makanan, sedangkan siphonozooid digunakan untuk memompa air ke polip pusat dan menjaga air pada skeleton koloni.

Hal unik dari biota ini ialah mampu berkontraksi berirama pada kaki atau bagian dasar mereka untuk menggali dan masuk ke pasir untuk menancapkan bagian dasarnya.

Anda bisa menjumpai biota ini di laut yang berarus dan kaya akan kandungan plankton. Pena laut tidak tahan terhadap gelombang sehingga lebih mudah dijumpai di daerah laut yang berarus tenang. Biota merasa lebih aman dan nyaman dari gelombang yang dapat membawanya ke mana-mana.

Ketika berada di dalam laut, biota laut ini akan menggunakan sejenis bola atau gelembung yang berisi air sebagai pemberatnya. Predator utama pena laut adalah nudibranchi dan bintang laut. Untuk melindungi dirinya, biota ini akan mengeluarkan cahaya yang bisa bersinar di tengah kegelapan.

Jika beruntung, Anda bisa menjumpai pena laut pada siang hari ketika mendung dan terdapat arus. Biota ini akan terlihat sedang membawa makanannya.

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
Lencana
Kongkow