Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Kelas 4-6 SD Belajar Dari Rumah TVRI selasa 24 November 2020 Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan

Kunci Jawaban Kelas 4-6 SD Belajar Dari Rumah TVRI selasa 24 November 2020 Mengenal Bagian-bagian Tumbuhan

- Selasa, 24 November 2020 | 09:00 WIB

Belajar dari Rumah (BDR) untuk siswa-siswa sekolah selama masa pandemi Covid-19 kini memasuki pekan ke-33 atau pekan ke 20 tahun ajaran 2020/2021, Selasa 24 November 2020

Materi yang dibahas untuk siswa SD kelas 4 5 dan 6 dalam tayangan TVRI pukul 09.00 - 09.30 WIB adalah Mengenal Bagian Tumbuhan.

Setelah menyimak pembahasan, siswa-siswa akan diminta menjawab soal-soal berikut sebagai tugas.

Soal

1. Apa fungsi bunga dan buah bagi tumbuhan?

2. Jelaskan mengapa pohon kelapa dapat menjulang tinggi?

3. Apakah semua tumbuhan berkembang biak menggunakan bunga? jelaskan!

Jawaban

1. Fungsi bunga dan buah bagi tumbuhan adalah:

a. Bunga merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling menarik. Bunga sebagai hasil bentukan dari bakal daun dan batang sehingga bentuk bunga berupa lembaran-lembaran. Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan.

b. Buah berfungsi melindungi biji tumbuhan. buah terdiri atas daging buah dan biji. Buah bermanfaat sebagai cadangan makanan. Buah juga digunakan untuk menarik makhluk hidup lain sehingga membantu menyebarkan biji yang berada di dalamnya. Buah juga bermanfaat bagi manusia, antara lain sebagai sumber vitamin, mineral dan hiasan.

2. Pohon kelapa dapat menjulang tinggi karena memiliki akar yang panjang dan kuat sehingga dapat mengambil air dan mineral yang jauh di dalam tanah. Adanya tekanan dari akar, adanya sel-sel yang hidup, kapilaritas pembuluh serta adanya daya isap akar dan daun.

3. Tentu saja tidak.

Karena ada tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif, yaitu perkembangbiakan tanpa melalui pembuahan. Pembuahan terjadi pada bunga. Jadi tidak semua tumbuhan memiliki bunga karena berkembangbiak secara vegetatif, tanpa pembuahan pada buga.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya