Home » Kongkow » IPA » Siapakah Ilmuwan yang mengemukakan bahwa virus tembakau (tobacco Mosaic Virus) dapat dikristalkan?

Siapakah Ilmuwan yang mengemukakan bahwa virus tembakau (tobacco Mosaic Virus) dapat dikristalkan?

- Senin, 02 November 2020 | 11:00 WIB
Siapakah Ilmuwan yang mengemukakan bahwa virus tembakau (tobacco Mosaic Virus) dapat dikristalkan?

Seorang ahli botani Belanda bernama Martinus Beijerinck melakukan eksperimen pada tahun 1897 untuk membuktikan bahwa gen penginfeksi yang terdapat di dalam getah tembakau dapat berkembang biak. Beijeinck menyemprotkan getah yang telah disaring ke tanaman lainnya. Setelah tanaman tersebut sakit, maka getahnya digunakan untuk menginfeksi tanaman berikutnya, dan seterusnya hingga beberapa kali pemindahan.

Ternyata, kemampuan patogen tersebut tidak berkurang setelah beberapa kali pemindahan. Berbeda dengan bakteri, agen penginfeksi tersebut tidak dapat dikembangbiakan dalam medium nutrisi di dalam cawan petri dan tidak dapat dinonaktifkan dengan alkohol. Beijerinck memperkirakan agen penginfeksi tersebut adalah partikel yang jauh lebih kecil dan lebih sederhana daripada bakteri. Ia menyebutnya virus lolos saring (filterable virus).

Pada tahun 1935, seorang ilmuwan Amerika, Wendell Stanley, berhasil mengkristalkan partikel penginfeksi tanaman tembakau tersebut, yang kemudian dikenal dengan nama tobacco mosaic virus (TMV). Penemuan Wendell Stanley bahwa virus dapat dikristalkan menjadi berita yang sangat menarik, tetapi sekaligus membingungkan. Sel makhluk hidup yang paling sederhana pun tidak dapat dikristalkan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya