999 +
0
90
0
Kemanakah Arah Gaya Pemulih Pegas ?
1 month 'ago'

Apa yang dimaksud dengan gaya pemulih pada pegas?

Gaya pemulih adalah gaya yang timbul pada pegas untuk mengembalikan posisinya pada keadaan semula. Arah gaya pemulih pegas selalu berlawanan arah dengan perpindahan sehingga benda cenderung akan kembali ke posisi setimbangnya. Kalian pengen tahu apa dan gimana aja? 

Arah percepatan atau gaya yang bekerja pada suatu benda selalu mengarah ke posisi Periode dan frekuensi sebuah sistem beban pegas hanya bergantung pada massa dan konstanta gaya pegas.

Secara matematis ditulis :

Persamaan ini sering dikenal sebagai persamaan pegas dan merupakan hukum hooke.

dengan :

F = gaya pegas pemulih

k = konstanta pegas

Δx = ΔL = pertambahan panjang pegas

Tanda negatif untuk menunjukkan bahwa arah gaya pemulih selalu berlawanan dengan arah gerak pegas. Jika sebuah pegas diberi gangguan sehingga pegas meregang (berarti pegas ditarik). Gaya pegas lebih sering dikenal dengan gaya elastis ataupun karet karena bentuknya yang bisa berubah menjadi lebih panjang dibandingkan bentuk semula.

Gaya (F) pegas mempunyai arah ke atas. Gaya pemulih adalah gaya yang arahnya selalu berlawanan arah dengan perpindahan sehingga benda cenderung akan kembali ke posisi setimbangnya. Gaya pemulih adalah fungsi hanya dari posisi massa atau partikel, dan selalu diarahkan kembali ke posisi kesetimbangan sistem. Penjelasan: Jika gaya pegas ke bawah, maka gaya pemulih arahnya ke atas.

Sumber :
Follow Us On :
Ranking
1
debora
20
2
debora
20
3
debora
20
4
debora
20
5
debora
20
Lencana
Kongkow