Home » Kongkow » Tips & Trik » 8 Tips Menghindari Petir saat Musim Hujan

8 Tips Menghindari Petir saat Musim Hujan

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:00 WIB
8 Tips Menghindari Petir saat Musim Hujan

Petir adalah salah satu fenomena alam yang biasanya muncul bersamaan dengan hujan. Petir muncul akibat adanya awan yang mengandung muatan positif dan negatif, awan tersebut mempunyai beda potensial yang amat besar sehingga mengakibatkan terjadinya pembuangan muatan negatif dari awan ke Bumi.

Muatan positif terbesar berada di bagian atas awan, muatan negatif besar pada bagian tengah, dan muatan positif kecil terdapat di bagian bawah. Muatan-muatan tersebut ditemukan pada tetesan air, partikel es atau bahkan keduanya. Tidak hanya itu saja, kondisi udara yang memiliki kandungan air tinggi membuat daya isolasi menurun atau berubah menjadi konduktor, sehingga arus menjadi mudah mengalir.

Bahayanya Petir

Petir menjadi bentuk bahaya cuaca dan terjadi dengan tingkat rata-rata 50 sampai dengan 100 debit per detik di seluruh dunia. Oleh karena itu, diciptakanlah penangkal petir dan konduktor logam yang dipasang pada bangunan atau gedung tinggi guna melindungi struktur dengan cara mengalirkan arus petir masuk ke dalam tanah semaksimal mungkin.

Meskipun begitu, petir tetap dapat memberikan resiko kematian jika tersambar. Banyak korban tidak sadar dan mengabaikan bahaya petir. Kebanyakan dari mereka justru sedang melakukan aktivitas atau gerakan yang memicu tersambar petir ke arahnya.

Tips Menghindari Petir

Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk dapat menghindari sambaran petir? Mari disimak beberapa tips berikut ini!

Jangan Pernah Berteduh Di Bawah Pohon

Saat hujan turun secara tiba-tiba, sebagian besar orang akan berusaha mencari tempat berteduh untuk melindungi diri dari terpaan air hujan. Salah satu tempat yang paling banyak menjadi pilihan adalah di bawah pohon terutama pohon besar.

Nyatanya ada bahaya berteduh di bawah pohon saat hujan terutama ketika disertai dengan petir. Pohon menjadi media terbaik sebagai penyalur petir ditambah kondisi yang tinggi membuat pohon menjadi target utama bagi petir. Apabila sedang berada di tengah hutan sebaiknya berteduh di bawah pohon yang lebih pendek daripada sekitarnya.

Segera Berlindung Di Dalam Ruangan

Apabila mendengar suara guntur, jangan pernah mencoba untuk pergi keluar dari ruangan. Awal mula terjadinya petir biasanya muncul kilatan cahaya kemudian disusul dengan suara bergelegar di langit. Jika sudah begitu segera hentikan segala bentuk aktivitas di luar ruangan dan cepat mencari tempat perlindungan. Apabila terpaksa harus berpindah tempat sebaiknya gunakan kendaran atau transportasi tertutup seperti mobil dan bis untuk menghindari dari sambaran petir yang dapat datang secara tiba-tiba.

Matikan Peralatan Elektronik

Semua peralatan elektronik baik yang berada di dalam rumah atau ruangan apapun, dapat memicu sambaran petir karena mempunyai aliran listrik di dalamnya. Untuk itu sangat disarankan untuk segera memutus aliran listrik dan tidak menggunakan alat elektronik apapun apabila sedang terjadi hujan dan petir.

Tidak Ada Salahnya Mencabut Kabel Telepon

Mungkin sebagian dari kita masih memiliki telepon yang tersambung dengan kabel di rumah. Ada baiknya untuk tidak menggunakan dan cabut terlebih dahulu kabel yang menghubungan telepon saat hujan dan petir. Perlu diketahui jika saluran atau kabel telepon mengandung bahan yang mudah menghantarkan aliran listrik dan kemungkinan besar dapat memicu terjadinya sambaran oleh petir.

Hindari Tempat Yang Banyak Terdapat Air

Bagi penggemar olahraga air seperti berenang sangat disarankan untuk berhenti ketika sedang terjadi hujan dan petir. Segera keluar dari kolam renang dan menjauh dari tempat tersebut. Seperti yang kita ketahui air menjadi media terbaik untuk mengalirkan arus listrik.

Selain berenang, beberapa aktivitas lain yang berhubungan dengan air seperti memancing, mencuci, mandi dan lain sebagainya untuk segera berhenti sebentar atau sampai petir tidak bermunculan lagi.

Gunakan Selalu Alas Kaki

Jangan sesekali mencoba untuk melepas alas kaki saat petir sedang bergemuruh. Tanah yang basah karena air hujan menjadi media terbaik bagi petir untuk menghantarkan arus listrik apabila petir jatuh di sekitar wilayah kita berdiri. Jangan menggunakan alas kaki yang terdapat besi di dalamnya. Sebaiknya gunakan alas kaki berbahan plastik atau karet guna meredam arus listrik apabila sedang terjadi hujan yang disertai petir.

Jangan Pernah Berada Di Tempat Terbuka

Ada banyak tempat yang dapat membuat seseorang terkena sambaran petir terutama tempat terbuka. Petir mempunyai sifat mencari objek tertinggi untuk menghantarkan listriknya. Dan saat berada di ruang terbuka, tubuh manusia adalah objek tertinggi sehingga mudah sekali untuk tersambar petir.

Segera pergi mencari tempat perlindungan terdekat jika sudah mendengar suara gemuruh dari kejauhan. Dan apabila sedang berada di padang rumput, cari dataran yang lebih rendah dan posisikan badang untuk berjongkok dengan kedua tangan menempel lutut dan kepala diapit atau berada di antara kedua tangan.

Lepas Aksesoris Yang Mengandung Logam

Aksesoris yang menempel pada tubuh terutama berbahan logam ternyata dapat menjadi bahan penyalur arus listrik apabila sedang terjadi petir. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebaiknya segara lepas semua aksesoris tersebut terutama apabila sedang berada di luar ruangan dengan kondisi hujan dan petir, kemudian masuk ke dalam bangunan atau tempat berlindung yang aman.

Cari Artikel Lainnya