Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Macam-macam Yoga yang Cocok Bagi Pemula

Macam-macam Yoga yang Cocok Bagi Pemula

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 09:00 WIB
Macam-macam Yoga yang Cocok Bagi Pemula

jenis-jenis yoga style yang populer yang mungkin sering Anda dengar atau jumpai di studio yoga di sekitar Anda.

1. Hatha Yoga

Sebagian besar jenis yoga yang ada saat ini bisa dikategorikan sebagai Hatha Yoga, karena biasanya berfokus pada menyelaraskan (alignment) latihan fisik dengan pernapasan. Kalau Anda pernah dengar Ashtanga, Vinyasa, Iyengar, dan Power Yoga, jenis tersebut juga bisa dikategorikan sebagai Hatha Yoga, walau pun pada praktiknya, biasanya tempo atau pace dari Hatha Yoga lebih tenang atau lambat.

Cocok untuk: Anda yang baru saja mulai mencoba yoga, karena berlatih Hatha akan membuat Anda lebih bisa mengenali postur dasar dan mengenali nama-nama dari postur lebih mudah. Dan karena tempo yang tenang, Anda juga bisa mendalami setiap postur dengan lebih baik.

2. Vinyasa Yoga

Jenis yoga ini biasanya mengalir secara dinamis dan membutuhkan koordinasi antara fisik, postur, dan napas. Vinyasa Yoga biasanya temponya lebih cepat dan lebih freestyle alias tidak ada rangkaian baku, namun biasanya guru atau instruktur selalu memandu kelas dari awal hingga akhir dengan tujuan tertentu.

Misalnya, sesi hari ini untuk memperkuat otot lengan, sesi kelas berikutnya, fokus untuk backbend, atau dalam satu sesi Anda mendapatkan pose yang berguna bagi semua bagian tubuh Anda.

Cocok untuk: Anda yang menyukai spontanitas, dinamis, dan tidak suka rutinitas. Di setiap sesi Vinyasa Yoga, Anda akan merasa selalu mendapatkan kejutan karena rangkaian postur yang berbeda-beda.

Beberapa jenis yoga yang termasuk kategori Vinyasa yoga karena gerakannya dinamis dan menghubungkan gerakan postur dan napas antara lain adalah Ashtanga Yoga, Jivamukti, Baptiste, Power Yoga.

3. Ashtanga Yoga

Bila dibandingkan dengan Hatha, Ashtanga Yoga adalah jenis yoga yang sangat dinamis, sangat intens, dan sering kali terasa sangat atletik. Dalam Ashtanga Yoga ada rangkaian pose yang harus diikuti, yang biasa disebut sebagai Ashtanga series. 

Ada 2 metode dalam berlatih Ashtanga Yoga dengan panduan guru atau instruktur yang biasa disebut Led Class dan ada metode Mysore di mana Anda berlatih dengan mengikuti rangkaian postur, misalnya Primary series tanpa panduan guru, namun guru yoga Anda ada dalam ruangan untuk mengobservasi Anda, dan membantu untuk adjusting postur yoga Anda.

Berlatih Ashtanga Yoga membutuhkan dedikasi tinggi, sehingga sangat baik bila Anda ingin merasakan manfaat langsung dari berlatih yoga secara fisik dan mental.

Cocok untuk: Anda yang berkepribadian penuh komitmen dan berdedikasi, terutama bila Anda juga orang yang atletis.

4. Iyengar Yoga

Yoga jenis ini berfokus pada presisi postur dan sangat memperhatikan anatomi tubuh secara detail. Sering kali Anda akan berada di satu pose dalam waktu yang lama, dan biasanya juga akan ada modifikasi postur menggunakan alat bantu (blok dan strap/wallrope).

Metode yoga ini sangat sistematis dan biasanya bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tubuh, fleksibilitas, dan stabilitas tubuh. Iyengar Yoga juga bisa bermanfaat sebagai terapi untuk kondisi tubuh tertentu.

Cocok untuk: Anda yang suka melakukan sesuatu secara detail, atau Anda yang ingin melakukan terapi untuk kondisi kesehatan Anda.

5. Hot Yoga

Yaitu berlatih yoga di dalam ruangan yang sengaja dipanaskan (heated room). Yang paling populer salah satunya adalah Bikram Yoga yaitu yoga yang dilakukan di dalam ruangan panas sekitar 42 Celcius dengan rangkaian 26 postur tetap.

Bila Anda sering bepergian atau traveling dan ingin berlatih yoga di sela-sela perjalanan Anda, di mana pun di seluruh dunia, Anda bisa berlatih Bikram Yoga dengan situasi ruangan panas dan rangkaian postur yang sama.

Cocok untuk: Anda yang menikmati sensasi keringat yang bercucuran saat berolahraga karena suhu ruangan panas serasa memberikan efek detoks yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda dan juga membuat tubuh Anda lebih lentur saat melakukan rangkaian 26 postur Bikram Yoga. Ini sering kali membuat Anda ingin segera kembali berlatih yoga secara rutin untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh Anda.

Selain Bikram Yoga, ada beberapa jenis yoga lain yang juga bisa dilakukan dengan metode berlatih di ruangan panas seperti Hot Ashtanga, Forrest Yoga, Baptiste Yoga, Core Power yoga, HotBarre Yoga.

6. Kundalini Yoga

Jenis yoga ini mengombinasikan unsur fisik dan spiritual, menggabungkan postur tubuh dengan teknik pernapasan yang dinamis, meditasi, dan juga mempelajari mantra (chanting) yang ditujukan meningkatkan vitalitas tubuh dan kesadaran diri (self conciousness).

Cocok untuk: Anda yang menyukai meditasi, ingin mengeksplorasi lebih dalam tentang energi, intuisi, dan pikiran Anda, ataupun mengenali lebih dalam diri Anda secara spiritual.

7. Prenatal Yoga

Khusus didesain untuk masa kehamilan, jenis yoga ini bisa membantu calon Ibu secara fisik dan mental. Biasanya, Prenatal Yoga atau yoga hamil fokus melatih pernapasan, latihan untuk area pinggul, dan pose-pose restorasi yang bermanfaat untuk mengembalikan energi di kala merasa lelah akibat perubahan hormonal dalam tubuh.

Bagi Anda yang sedang hamil, rutin berlatih jenis yoga ini akan membuat Anda merasa lebih kuat, tetap aktif selama kehamilan, dan bermanfaat bagi jabang bayi. Selain berlatih sendiri saat hamil, ada juga studio yang menawarkan kelas Prenatal Yoga bagi pasangan untuk berlatih bersama dan membagi ilmu bagi Anda dan pasangan untuk lebih siap saling memberikan dukungan dalam proses kelahiran.

Cocok untuk: Anda yang sedang hamil, walaupun Anda belum pernah melakukan yoga atau bahkan tidak pernah berolahraga sama sekali sebelum kehamilan Anda, karena Prenatal yoga memang khusus dipersiapkan untuk kondisi Anda yang sedang berbadan dua.

8. Yin Yoga

Bila semua yoga di atas kebanyakan adalah latihan secara dinamis, Yin Yoga lebih berfokus kepada latihan yang pasif, di mana Anda berada di satu pose dalam durasi yang lama sekitar 3-5 menit, dan postur yang dilakukan adalah posisi duduk, gentle twist, atau berbaring.

Metode yoga ini bisa juga bermanfaat melatih sisi meditatif Anda, selain sangat baik untuk kesehatan karena bertujuan memberikan stretching pada tulang sendi dan juga lapisan jaringan tubuh Anda yang biasa disebut fascia.

Cocok untuk: Anda yang berkepribadian tenang, atau bahkan Anda yang aktif, dinamis, dan sering kali dilanda kesibukan pekerjaan tiada akhir. Yin Yoga sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi dan membuat tidur Anda lebih berkualitas, karena selama berlatih tubuh Anda dibawa untuk lebih relaks dan pernapasan Anda lebih berkualitas.

Masih banyak jenis-jenis yoga yang lain selain 8 jenis yoga di atas, namun rasanya dari beberapa jenis yoga terpopuler tersebut, Anda sudah punya cukup banyak pilihan.

Saran saya, berlatih berbagai jenis yoga dengan berbagai macam guru akan membuat Anda lebih paham jenis yoga mana yang paling Anda sukai dan cocok dengan kepribadian atau rutinitas Anda, dan melakukan beberapa jenis yoga yang berbeda secara rutin pun baik bagi Anda, karena latihan Anda bisa lebih berwarna. Happy exploring!

Cari Artikel Lainnya