999 +
0
100
0
Ide Kreasi DIY Barang Bekas yang Unik dan Simpel
2 months 'ago'

Barang bekas yang menumpuk di rumah jangan buru-buru dibuang, ya. Sebab ada beberapa kreasi DIY dari barang bekas yang bisa membuatnya memiliki fungsi baru. Membuat DIY barang bekas selain murah juga bisa menjadi langkah untuk menjaga lingkungan kita.

Seperti yang kita tahu, semakin sering mengganti barang usang dengan yang baru akan mengakibatkan penumpukan sampah di Bumi. DIY barang bekas sama merupakan bentuk penerapan metode recycle. berikut ini beberapa ide kreasi DIY barang bekas yang bisa kita coba di rumah.

Gantungan vintage dari sendok bekas

Sendok dan garpu yang sudah usang jangan buru-buru dibuang. Karena kedua benda ini dapat dimanfaatkan menjadi gantungan baju atau gantungan barang yang unik, lhoUntuk membuat DIY barang bekas yang satu ini mudah banget.

Pertama kamu perlu menyiapkan sebilah papan kayu dengan ukuran 50×10 cm atau ukuran lain. Lalu, pipihkan terlebih dahulu sendok dan garpu, khususnya di bagian cekungannya hingga berubah menjadi lempengan. Selanjutnya, bengkokkan ujung sendok dan garpu, nantinya tempat ini digunakan untuk menggantung barang.

Tempelkan bagian sendok dan garpu yang lebar pada bidang kayu dengan cara dibor. Terakhir tempelkan bilah kayu gantungan ini pada tembok dan siap digunakan.

DIY Barang bekas

Sumber: Freepik

Pot bunga cantik dari kaleng bekas

Kalau punya kaleng bekas susu atau bekas makanan kaleng lain jangan langsung dibuang. Karena kaleng bekas bisa disulap menjadi pot bunga cantik hanya dengan cara yang sangat sederhana, lho.

Cara pembuatannya, pertama cuci bersih terlebih dahulu kaleng bekas dan keringkan. Selanjutnya cat kaleng tersebut sesuai warna pilihanmu, atau bisa juga ditempeli stiker bergambar.

Kalau Mama ingin menjadikannya pot tanaman di luar ruangan, lubangi bagian bawah kaleng sebagai drainase. Sedangkan, untuk vas bunga kering atau pot bunga dengan media tanam air, tidak perlu melubanginya.

Lampu aesthetic dari botol bekas

DIY barang bekas yang satu ini dijual dengan harga mahal di berbagai marketplace, lhoPadahal cara pembuatan dan bahannya sangat simpel dan mudah. Mama hanya perlu botol bekas sirup, kopi, atau minuman lainnya. Lalu bersihkan dan keringkan. Selanjutnya masukkan lampu tumblr atau fairy lights ke dalam botol bekas ini.

Tempatkan botol bekas yang berisi lampu lampu tumblr di meja dekat tempat tidur atau di kamar, ya. Pantulan lampu yang menyala di dalam botol akan memberikan kesan tenang dan hangat di kamarmu. DIY barang bekas ini juga membuat kamar semakin aesthetic.

DIY Barang bekas

Sumber: Freepik

Sepatu boots untuk pot bunga unik

Sampah sepatu boots yang terbuat dari plastik dan sejenisnya baru akan terurai setelah ribuan tahun, lhoUntuk itu, memanfaatkan sepatu boots sebagai pengganti pot bunga merupakan langkah yang baik untuk menjaga lingkungan.

Sepatu boots bekas jangan langsung dibuang, ya. Cat ulang boots bekasmu dan beri drainase atau lubang di bagian bawah sepatu. Boots ini bisa menjadi pot bunga yang unik untuk tanaman-tanaman hias mungil. Selain itu, Mama juga bisa menanam bumbu dapur di dalam pot sepatu ini.

Rak buku rustic dari tangga lama

Tangga kayu yang sudah lapuk atau tidak terpakai bisa menjadi rak buku rustic. Cara pembuatannya bahkan sangat mudah. Mama hanya perlu menempel atau menggantung tangga kayu pada tembok rumah.

Agar lebih kuat dan tahan lama, pasanglah penyangga yang berasal dari besi terlebih dahulu. Jika Mama tidak menyukai tema rustic, tangga kayu tersebut bisa dicat terlebih dahulu sebelum dipasang.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow