999 +
0
10
0
Turunkan Suhu Udara Dalam Rumah, Simple dan Murah !
4 weeks 'ago'

Sebagai negara yang beriklim tropis, saat musim kemarau cuaca akan cenderung terik dan mengalami kenaikan suhu. Hal ini lantas membuat banyak orang merasa kegerahan sekalipun berada di dalam rumah. Sebenarnya, langkah mudahnya ya tinggal pasang AC saja. Tapi biayanya yang mahal dan tagihan listrik yang pasti melonjak, membuat beberapa orang jadi mikir dua kali.

Padahal nggak melulu AC, banyak alternatif lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan suhu dalam rumah. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba biar rumah lebih terasa dingin walau tanpa AC.

1. Bukalah jendela tapi pasangi roller blind supaya nggak kena panas matahari

pakai roller blind via www.bukalapak.com

Cara ini akan jauh efektif, jika roller blind dipasang sesuai ukuran jendela untuk ruang ukuran sedang, kamar tidur misalnya. Dengan memakai roller blind kamu bisa menghemat tujuh persen tagihan listrik, daripada harus pasang AC. Suhu ruang pun akan turun hingga lima derajat celcius lo!

2. Atau, kamu bisa pakai tirai tebal berwarna gelap

pakai tirai gelap via insinyurbangunan.com

Fungsi tirai sebenarnya hampir sama dengan roller blind, yakni menghalau sinar matahari langsung masuk ke rumah. Tapi, biar lebih efektif gunakan tirai tebal berwarna gelap supaya sinar matahari lebih terserap. Jika berhasil terserap, kan dalam rumah jadi lebih sejuk dan dingin.

Advertisement

3. Pastikan lampu dalam ruangan juga sudah dimatikan

matikan lampu via blog.cosol.com.br

Ternyata, cahaya lampu juga bisa bikin suhu ruang naik lo! Apalagi jika yang dipakai watt-nya cukup besar. Makanya, jika matahari sudah mulai terbit, matikan segera lampu dalam rumah. Selain lampu, usahakan untuk nggak sering-sering menyalakan benda yang bikin panas ruangan, seperti kompor misalnya.

4. Menjelang siang, semprotkan air di halaman atau depan rumah

semprot depan rumah pakai air via www.worldsbestbrassnozzle.com

Membasahi area depan bisa menurukan suhu yang akan masuk ke dalam rumah. Selain itu cara ini juga efektif untuk menghalau debu yang mengotori lantai rumah. Biar efektif, siram halaman depan beberapa kali hingga dalam rumah terasa lebih sejuk.

5. Basahi lantai atau taruh bak air jendela supaya panas matahari terserap

taruh seember air depan pintu via thedailybravas.home.blog

Air di lantai bisa menyerap panas yang masuk ke dalam rumah. Sayangnya, lantai juga akan cepat kering jika suhunya terlalu tinggi. Nah, alternatif lain yang bisa dipakai ialah menaruh ember di dekat bukaan yang kena sinar matahari, seperti bawah jendela atau depan pintu. Jika air sudah mulai panas, kamu bisa menggantinya lagi dengan yang dingin agar kembali efektif.

6. Kalau ada kipas angin, kamu bisa menaruh es batu di depannya

taruh es batu depan kipas via www.thesun.co.uk

Tempatkan kipas angin dan es batu di tengah ruangan agar seluruh area terasa lebih sejuk dan dingin. Biar nggak cepat cari, pakailah balok es batu besar yang biasa dikemas pakai plastik. Jangan satu, letakkan beberapa es batu supaya penurunan suhunya benar-benar terasa.

Udara panas memang menyebalkan. Tapi ternyata ini bisa diturunkan dengan beberapa cara sederhana yang nggak butuh banyak biaya. Beberapa cara di atas cukup efektif dipraktikkan pada kamar kos atau rumah yang nggak begitu luas. Cus deh segera terapkan, biar nggak gerah walau seharian #DiRumahAja.

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow