Home » Kongkow » Kesehatan » Anoreksia, Ini Penyakit dan Gejalanya

Anoreksia, Ini Penyakit dan Gejalanya

- Jumat, 27 November 2020 | 14:00 WIB
 Anoreksia, Ini Penyakit dan Gejalanya

Dilansir mayoclinic, anoreksia nervosa, sering hanya disebut anoreksia adalah kelainan makan yang ditandai dengan berat badan rendah yang tidak normal dan rasa takut yang intens akan kenaikan berat badan. Orang yang mengidap anoreksia sangat mengontrol berat badan dan bentuk tubuh mereka. Bahkan mereka menggunakan upaya ekstrem yang cenderung mengganggu kehidupan mereka secara signifikan.

Untuk mencegah penambahan berat badan atau untuk terus menurunkan berat badan, pengidap anoreksia biasanya sangat membatasi jumlah makanan yang mereka makan. Mereka dapat mengontrol asupan kalori dengan melakukan muntah setelah makan atau dengan menyalahgunakan obat pencahar atau alat bantu diet. Mereka mungkin juga mencoba menurunkan berat badan dengan berolahraga secara berlebihan. Tidak peduli berapa banyak berat badan yang hilang, orang tersebut tetap takut akan kenaikan berat badan.

Anoreksia, seperti gangguan makan lainnya, dapat mengambil alih hidup Anda dan sangat sulit untuk diatasi. Tetapi dengan pengobatan, Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang siapa Anda, kembali ke kebiasaan makan yang lebih sehat dan membalikkan beberapa komplikasi serius anoreksia.


Gejala Fisik

Tanda dan gejala fisik dari anoreksia nervosa berhubungan dengan kelaparan. Anoreksia juga mencakup masalah emosional dan perilaku yang melibatkan persepsi berat badan yang tidak realistis dan ketakutan yang sangat kuat untuk menambah berat badan atau menjadi gemuk.

Tanda dan gejala fisik anoreksia:

-Penurunan berat badan yang ekstrem
-Penampilannya kurus
-Jumlah darah tidak normal
-Kelelahan
-Insomnia
-Pusing atau pingsan
-Perubahan warna kebiruan pada jari
-Rambut yang menipis, patah, atau rontok
-Tidak mengalami menstruasi
-Sembelit dan sakit perut
-Kulit kering atau kekuningan
-Intoleransi dingin
-Irama jantung tidak teratur
-Tekanan darah rendah
-Dehidrasi
-Pembengkakan lengan atau tungkai
-Gigi terkikis

Beberapa orang yang mengalami anoreksia, mirip dengan orang yang mengalami bulimia. Tetapi penderita anoreksia umumnya berjuang dengan berat badan rendah yang tidak normal, sementara penderita bulimia biasanya memiliki berat badan di atas normal.

Gejala Emosional dan Perilaku Anoreksia:

-Sangat membatasi asupan makanan melalui diet atau puasa
-Berolahraga secara berlebihan
-Makan berlebihan dan muntah sendiri untuk menyingkirkan makanan, yang mungkin termasuk penggunaan obat pencahar, alat bantu diet, atau produk herbal
-Sering melewatkan makan atau menolak makan
-Menyangkal lapar atau membuat alasan untuk tidak makan
-Makan hanya beberapa makanan 'aman' tertentu, biasanya yang rendah lemak dan kalori
-Tidak mau makan di depan umum
-Berbohong tentang berapa banyak makanan yang telah dimakan
-Takut bertambah berat yang mungkin termasuk menimbang atau mengukur tubuh berulang kali
-Mengeluh gemuk atau memiliki bagian tubuh yang gemuk
-Sifat lekas marah
-Insomnia
-Mengurangi minat pada seks

Penyebab Anoreksia

Penyebab pasti dari anoreksia tidak diketahui. Seperti banyak penyakit, mungkin kombinasi faktor biologis, psikologis, dan lingkungan.

Untuk penyebab biologis, meski belum jelas gen mana yang terlibat, mungkin ada perubahan genetik yang membuat beberapa orang berisiko lebih tinggi terkena anoreksia. Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik ke arah perfeksionisme, kepekaan dan ketekunan.

Penyebab psikologi, beberapa penderita anoreksia mungkin memiliki ciri kepribadian obsesif-kompulsif yang membuatnya lebih mudah untuk tetap berpegang pada diet ketat dan melupakan makanan meski sedang lapar. Mereka mungkin memiliki dorongan ekstrem untuk perfeksionisme, yang menyebabkan mereka berpikir bahwa mereka tidak pernah cukup kurus. Dan mereka mungkin memiliki tingkat kecemasan yang tinggi dan melakukan makan terbatas untuk menguranginya.

Penyebab lingkungan, budaya Barat modern menilai sukses dan berharga sering disamakan dengan kurus. Tekanan teman sebaya dapat membantu memicu keinginan untuk menjadi kurus, terutama di antara gadis-gadis muda.

Kapan harus ke dokter?

Pengidap anoreksia tidak menginginkan pengobatan, setidaknya pada awalnya. Keinginan mereka untuk tetap kurus mengalahkan kekhawatiran tentang kesehatan mereka. Jika Anda memiliki orang tercinta yang Anda khawatirkan, dorong dia untuk berbicara dengan dokter.

Cari Artikel Lainnya