Home » Kongkow » Olahraga » Peserta Piala Menpora Esports 2020 Axis tembus 14.410 orang

Peserta Piala Menpora Esports 2020 Axis tembus 14.410 orang

- Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:00 WIB
Peserta Piala Menpora Esports 2020 Axis tembus 14.410 orang

Turnamen Piala Menpora Esports 2020 Axis dimulai. Peresmian bergulirnya kompetisi yang dikhususkan bagi kelompok pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa tersebut bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RepubIik Indonesia, Senin (17/8).

Tangkapan layar saat virtual konferensi pers

(Tangkapan layar saat virtual konferensi pers)

 

Hal yang mengejutkan dari penyelenggaraan kejuaraan ini adalah jumlah peserta yang mendaftar. Lebih dari 10 ribu atlet muda (14.410 peserta hingga berita ini diturunkan) yang terbagi dalam 2.048 tim Esports mulai bertanding untuk membela institusi pendidikannya masing-masing dan meraih gelar juara.

Tingginya partisipasi peserta muda dalam turnamen tersebut, tak lepas dari dukungan kuat dari pemerintah. Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggagas turnamen ini melalui seremoni kick off oleh Menpora Zainudin Amali serta Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 Axis, Giring Ganesha.

“Kemenpora berkomitmen mendukung Esports agar berkembang dan membawa prestasi bagi Indonesia. Ketika kemudian terjadi pandemi saya melihat bahwa Esports ini justru makin populer. Maka dari itu saya menggagas agar ada sebuah kompetisi Esports yang tujuannya menjaring bibit-bibit muda berbakat,” ujar Zainudin dalam konferensi pers virtual, Senin (17/8).

Lebih lanjut, Kemenpora melihat Esports memiliki potensi cemerlang di masa yang akan datang. Usai menorehkan sejumlah prestasi juara pada ajang Esports terdahulu, pemerintah perlu melakukan pengembangan Esports dengan menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang.

“Pegiat Esports harus terus bekerja untuk regenerasi sehingga prestasi yang pernah meraih juara dunia, sehingga prestasi Indonesia ke depannya tidak pernah putus. Pemerintah akan fully support menyediakan apa saja yang dibutuhkan untuk olahraga ini,” tukasnya.

Protokol kesehatan tentu tak luput diterapkan selama pertandingan berlangsung. Peserta dan panitia tetap melaksanakan seluruh rangkaian turnamen secara daring tanpa kontak fisik, baik atlet maupun penonton.

Senada dengan Kemenpora, Giring Ganesha juga melihat perkembangan olahraga Esports di Indonesia. Menurutnya, tingginya animo peserta menguatkan indikasi bahwa Esports masih tetap populer dan bisa menjadi ekosistem yang melibatkan banyak pihak.

“Piala Menpora Esports 2020 Axis dirancang untuk menjadi wadah kompetisi bagi talenta-talenta muda Esports agar mereka berkembang dan bisa menjadi atlet pro yang berprestasi di masa depan. Ada 14.410 potensi atlet Esports yang mendaftar dan industrinya pun tumbuh positif. Melalui kejuaraan ini kita ingin Esports bisa menjadi ekosistem baru,” pungkas Giring.

Turnamen Piala Menpora Esports 2020 Axis akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game besutan Moonton yang mengusung genre MOBA. Pada babak kualifikasi, 2.048 tim Esports akan bertanding yang dibagi dalam empat kloter dengan 512 tim per kloter.

Para pemain akan bertanding 5 lawan 5 untuk terus melaju ke babak berikutnya. Sementara itu, babak grand final yang diselenggarakan pada 3 dan 4 Oktober 2020, akan mempertemukan delapan tim terbaik dari empat kloter bersaing meraih gelar juara Piala Menpora Esports 2020 Axis dan mendapatkan total hadiah sebesar Rp150 juta.

Cari Artikel Lainnya