999 +
0
144
0
Perbedaan Arti Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup
2 months 'ago'

Pancasila merupakan sumber utama yang dijadikan acuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga Pancasila sering juga disebut sebagai dasar Negara Indonesia. Oleh sebab itu, Pancasila adalah salah satu hal yang penting bagi Negara Indonesia.

Pancasila juga disebut sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia karena nilai-nilai yang terdapat pada sila-sila Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa yang harus diyakini dan diwujudkan bersama. Pandangan hidup menjadi elemen yang sangat penting bagi suatu bangsa dan negara demi terciptanya kehidupan bernegara yang teratur, aman, dan tentram.

Perbedaan Arti

Pancasila sebagai Dasar negara memiliki makna bahwa Pancasila sendiri merupakan landasan kehidupan bagi sebuah negara dan sumber hukum dari segala sumber hukum. Sebagai dasar berdirinya sebuah negara, Pancasila memiliki fungsi yang amat penting karena menjadi pondasi dari Negara Indonesia. Ibarat sebuah bangunan jika tidak memiliki penyangga atau pondasi maka bangunan tersebut akan roboh atau tidak bisa berdiri, sama halnya dengan negara.

Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa bisa diartikan bahwa nilai-nilai yang terdapat pada sila-sila Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa yang harus diyakini dan diwujudkan bersama. Secara garis besar, makna Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah sebagai pedoman dalam penerapan nilai dan norma di kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Pandangan hidup yang bersumber pada nilai-nilai religius dan budaya bangsa Indonesia ini menjadi sebuah pedoman yang harus dipegang teguh.

Perbedaan Fungsi

Perbedaan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup dari segi fungsi diantaranya

Fungsi Pancasila sebagai dasar negara yang perlu diketahui.

  • Pancasila Sebagai Pedoman Hidup
  • Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa
  • Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa
  • Pancasila Sebagai Sumber Hukum
  • Pancasila Sebagai Cita Cita Bangsa

Fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang wajib diketahui.

  • Pedoman dalam menyelesaikan masalah
  • Tata Cara Penyelenggaraan Politik, Ekonomi, dan Sosial
  • Berfungsi sebagai Alat Pemersatu Bangsa
  • Konsensus Untuk Mewujudkan Cita-Cita Bangsa

Baca Juga :

Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Sumber :
Follow Us On :
Ranking
1
Nana
10
2
Nana
10
3
Nana
10
4
Nana
10
5
Nana
10
Lencana
Kongkow