Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Inilah 5 Makhluk Mitologi Indonesia Paling Menyeramkan!!

Inilah 5 Makhluk Mitologi Indonesia Paling Menyeramkan!!

- Selasa, 11 Agustus 2020 | 13:00 WIB
Inilah 5 Makhluk Mitologi Indonesia Paling Menyeramkan!!

Setiap negara memiliki hewan atau makhluk mitologi ternama masing-masing. Sebut saja Yunani. Negeri yang terletak di Semenanjung Balkan itu terkenal dengan banyak makhluk menyeramkan, mulai dari Medusa sampai Centaurus.

Namun, siapa sangka kalau Indonesia juga dipenuhi mahkluk-makhluk mitos yang tidak kalah kuat dan menyeramkan? Bahkan, menurut banyak orang, mereka masih berkeliaran di sekitar kita. Beberapa bahkan mengaku pernah melihatnya secara langsung, lo! Makhluk mitologi apa saja yang dimaksud? Yuk, kita lihat satu-satu!

1. Ahool

Ahool

Hewan mitologi asal Gunung Salak ini dinamakan Ahool karena suaranya yang terdengar seperti teriakan “ahooool“. Konon, makhluk mitologi ini pertama kali muncul di tahun 1925 di dalam jurnal seorang ahli burung asal Eropa, Dr. Ernest Bertels. Ahool digambarkan terlihat seperti kelelawar raksasa dengan cakar tajam dan ukuran sayap yang membentang sepanjang 15 kaki.

2. Orang Bati

Orang Bati

Sama seperti Ahool, Orang Bati merupakan makhluk mitologi bersayap yang hanya muncul di malam hari. Menurut para saksi, Orang Bati memiliki kepala dan tubuh kera, tetapi bersayap kelelawar. Orang Bati tinggal di Pulau Seram, Maluku dan menyukai anak kecil sebagai mangsa utamanya.

3. Cindaku

Cindaku

Cindaku merupakan mahluk mitos asal Jambi. Menurut sebagian rakyat Jambi, Cindaku berwujud manusia setengah harimau. Cindaku adalah sosok sakti yang mewarisi ilmu batin leluhur masyarakat Jambi yang tinggal di Gunung Kerinci. Ia diberikan tugas untuk menjaga keseimbangan perjanjian antara manusia dengan harimau agar dapat hidup dengan harmonis.

4. Banaspati

Banaspati

Banaspati, atau hantu roh bola api adalah sosok makhluk jahat yang ditakuti banyak masyarakat Jawa. Bentuknya terlihat seperti bola yang terbakar dan melayang-layang di udara. Banaspati dapat menyakiti dan membunuh manusia. Menurut legenda rakyat, bola api ini tercipta karena dendam kesumat yang belum terbayarkan.

5. Leak

Leak Bali

Siapa sih yang tidak tahu makhluk mitologi satu ini? Leak sering muncul di beragam kisah dan mitos Bali, serta digambarkan sebagai penguasa para roh-roh jahat. Dilihat dari sejarahnya, Leak kabarnya merupakan jelmaan dari seorang manusia yang mempelajari praktek ilmu hitam. Ia berwujud seperti orang biasa di siang hari. Namun, ketika matahari tenggelam, kepalanya memisahkan diri dari badan dan terbang mencari bayi untuk dimakan.

Menyeramkan, bukan? Percaya atau tidak, semuanya tergantung pada dirimu!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya