Home » Kongkow » Materi » Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah

Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah

- Kamis, 06 Agustus 2020 | 16:59 WIB
Hewan Langka di Indonesia yang Terancam Punah

Dikenal sebagai “The Lost World of Asia, Indonesia adalah rumah dari banyak sekali varian fauna. Mulai dari hewan eksotis hingga hewan langka, Indonesia punya semuanya!  Namun, tahukah kamu jika beberapa spesies hewan yang ada di Indonesia ini terancam punah?

Salah satu faktor yang mengakibatkan kepunahan hewan ini disebabkan oleh pemburuan liar. Hilangnya habitat mereka akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab pun jadi salah satu faktor. Malah, sebuah prediksi menyebutkan jika hewan-hewan ini hanya memiliki beberapa tahun sebelum benar-benar punah.

Berikut adalah beberapa hewan langka yang terancam punah di Indonesia.

Hewan Langka yang Terancam Punah

1. Elang Flores

hewan langka

Kini, populasi dari burung asli Flores tidak sampai 250 ekor. Hewan yang hanya bisa ditemukan di beberapa pulau di NTT ini memiliki ukuran sedang dengan ukuran 55 cm untuk elang dewasa. Salah satu karakteristiknya adalah bagian kepalanya yang berbulu putih dan terkadang terdapat garis-garis cokelat pada mahkotanya.

 

2. Burung Bidadari Halmahera

hewan langka

Burung yang satu ini merupakan salah satu jenis cendrawasih dengan ukuran sedang, yakni sekitar 28 cm. Burung yang memiliki kombinasi bulu yang indah ini hanya dapat ditemukan di beberapa daerah tertentu seperti Pulau Halmahera, Pulau Bacan, dan Maluku Utara.

 

3. Cendrawasih Botak

hewan langka

Selain memiliki panorama yang indah, Raja Ampat juga dikenal menaungi hewan endemik yang sangat tampilannya memukau. Salah satu spesies langka yang hidup di daerah ini adalah Cendrawasih Botak. Burung ini hanya memiliki habitat di dua pulau kecil, yakni Waigeo dan Batanta. Karakteristik yang paling mencolok dari burung ini adalah “hiasan” unik pada ekornya yang menyerupai dua bulu melingkar.

 

4. Kura-Kura Leher Ular Rote

hewan langka

Sesuai dengan namanya, kura-kura ini memiliki leher panjang seperti ular. Meskipun terlihat unik, lehernya yang panjang membuatnya tidak bisa ditarik ke dalam tempurung. Binatang yang hanya bisa ditemukan di Pulau Rote ini sangatlah langka. Hal ini pun membuat Internation Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkannya sebagai hewan yang terancam punah.

 

5. Komodo

hewan langka

Siapa sih orang Indonesia yang tidak mengenal hewan yang satu ini. Hewan yang panjangnya bisa mencapai 3 meter ini ditetapkan sebagai hewan yang rentan punah oleh IUCN sehingga dilindungi di Taman Nasional Komodo.

 

6. Burung Jalak Bali

hewan langka

Ditemukan pertama kali pada tahun 1910, burung jalak Bali hanya bisa ditemukan di bagian barat Pulau Bali. Burung ini dinobatkan sebagai satu-satunya spesies endemik di Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Untuk mencegah ancaman kepunahan yang semakin serius, banyak kebun binatang di seluruh dunia yang menjalankan program penangkaran burung jalak Bali.

 

7. Badak Jawa

hewan langka

Badak Jawa atau dikenal juga dengan sebutan badak dengan cula satu yang pendek ini, sesuai namanya, hanya bisa ditemukan di Pulau Jawa. Dari tahun ke tahun, populasi dari badak ini terus menyusut. Hal ini disebabkan oleh kesulitan hewan ini untuk berkembang biak dan mereka pun hanya hidup selama 80 tahun.

 

8. Orangutan Sumatera

hewan langka

Orangutan Sumatera adalah salah satu spesies yang terancam punah. Hewan yang hanya bisa ditemukan di Pulau Sumatera ini merupakan pemakan buah. Selain itu, hewan ini hanya bertahan hidup di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam.

 

9. Kucing Merah

hewan langka

Kucing merah atau dikenal juga sebagai kucing batu Kalimantan ini merupakan salah satu hewan langka yang sulit ditemui. Sesuai dengan namanya, karakteristik dari hewan ini bisa dilihat dari bulunya yang berwarna merah dengan panjang sekitar 55 cm dan beratnya berkisar antara 2,4-4,5 kg. Itulah beberapa spesies hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Nahh otakers, agar lebih jelas kalian bisa tonton video berikut ya !

Cari Artikel Lainnya