0
40
0
Tips Menghadapi UTBK 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19
4 weeks 'ago'

Meskipun sempat terjadi perubahan jadwal karena dampak pandemi Covid-19, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akhirnya menetapkan pelaksanaan UTBK 2020 pada tanggal 5-12 Juli 2020. Nggak terasa pelaksanaan UTBK sudah semakin dekat. Nah, persiapan apa aja nih yang udah kamu lakukan untuk menghadapi UTBK saat pademi seperti ini? Mungkin banyak dari kamu yang bingung gimana cara menghadapi hal tersebut. Jangan panik ya, kamu bisa lakukan 5 tips berikut agar tetap tenang dalam menghadapi ujian meskipun berada di tengah pandemi Covid-19.

1. Persiapkan mental

Teruntuk kamu pejuang UTBK, mempersiapkan mental ketika akan ujian merupakan hal terpenting terlebih di situasi pandemi Covid-19. Terkadang karena terlalu fokus menghadapi UTBK, kamu justru akan dilanda stres dan gugup yang berlebihan. Selain akan menurunkan tingkat produktivitas belajar, hal buruk tersebut juga bisa mempengaruhi daya tahan tubuh kamu, lho. 

Ada baiknya kamu mencoba menenangkan pikiran sesekali waktu. Sempatkan diri untuk refreshing sebentar agar kamu mudah memahami materi dan tidak panik saat waktu ujian semakin dekat. Tapi ingat ya, refreshing di sini bukan berarti kamu boleh keluar rumah dan nongkrong dengan teman. Kita tetap harus menaati peraturan pemerintah yang menganjurkan kita untuk di rumah aja.

tips menghadapi UTBK 2020 di tengah pandemi Covid-19

Melakukan relaksasi dan kendalikan emosimu (Sumber: freepik.com) 

2. Buat jadwal belajar yang efektif

Pembuatan jadwal belajar penting buat kamu yang akan menghadapi UTBK 2020. Tujuannya agar kamu bisa membagi waktu antara mempelajari materi dengan kegiatan lainnya. Buatlah jadwal belajar yang tetap memperhatikan banyaknya materi dan kemampuan kamu ya. Jangan lupa juga sisipkan jadwal istirahat di sela-sela belajar kamu.

Jadwal belajar

Membuat jadwal belajar berdasarkan topik materi (Sumber: youtube.com)

3. Ciptakan tempat belajar yang nyaman

Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah meminta kita untuk belajar di rumah. Aktivitas belajar di rumah pasti akan membuat kamu para pejuang UTBK 2020 menjadi bosan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu merasa bosan belajar di dalam kamar, kamu bisa kok belajar di sekitar rumah asal tempat tersebut tidak mengganggu konsentrasi kamu. Eitss jangan lupa, kamu juga tetap harus memperhatikan kebersihan lingkungan belajarmu ya.

menciptakan tempat belajar

Menciptakan tempat belajar senyaman mungkin. (Sumber: governmentciomedia.com)

4. Rutin mengerjakan latihan soal

Sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 maka materi tes yang akan diujikan pada UTBK 2020 hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) saja, lho. Pernah nggak kepikiran takut soal yang diujikan susah? 

Bukan hanya kamu aja sih, siapapun yang akan menghadapi ujian pasti merasakan hal tersebut. Namun, ketakutan itu bisa hilang kok, jika kamu rutin mengerjakan latihan soal. Psst, kamu bisa mengerjakan ribuan latihan soal TPS UTBK.

Selain akan menjadi kesempatan kamu dalam menguasai materi, kamu juga bisa mengetahui pola soal yang akan diujikan nantinya. Gimana? Efektif bukan?

Rutin latihan soal

Rutin mengerjakan latihan soal (Sumber: Indiantoday.com)

5. Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Menjelang pelaksanaan UTBK 2020 yang sudah semakin dekat, penurunan daya tahan tubuh pasti akan dirasakan sebagian besar dari peserta ujian. Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting terlebih di situasi pandemi Covid-19. Kalau daya tahan tubuh kamu menurun, maka akan berpengaruh pada produktivitas belajar kamu, lho. 

Nah, ada beberapa kebiasaan yang dapat kamu terapkan agar daya tahan tubuhmu stabil. Simak penjelasan berikut ya!

Menjaga kesehatan tubuh

Itulah 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi UTBK 2020 di tengah pandemi Covid-19. Kumpulkan niat belajar kamu dan perbanyak berlatih soal TPS UTBKagar dapat mencapai target yang maksimal ya. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan walaupun di rumah aja!

 

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow