Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Keuntungan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Satu Tempat

Keuntungan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Satu Tempat

- Sabtu, 05 September 2020 | 12:00 WIB
Keuntungan Budidaya Ikan dan Sayur dalam Satu Tempat

Tren budidaya ikan dan sayur kini sedang berkembang. Bahkan, pemerintah pun sedang menggencarkannya unuk menguatkan ketahanan pangan keluarga. Ada banyak keuntungan budidaya ikan dan sayur dalam satu tempat selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, simak ulasan berikut.

budidaya ikan dan sayur

foto: pertanianku

Mudah untuk dilakukan

Banyak masyarakat yang masih takut untuk mencobanya karena hal baru yang terlihat cukup asing meskipun sering mengonsumsi sayur dan ikan tersebut. Padahal, jika Anda menguasai tekniknya dengan baik, proses budidaya akan berlangsung dengan mudah. Saat ini sudah banyak informasi mengenai budidaya tersebut, salah satu teknik yang sering digunakan adalah budidaya ikan dan sayur dalam ember (budikdamber).

Teknik yang dibutuhkan cukup sederhana, hanya membutuhkan kedisiplinan pada saat merawat dan ilmu mengenai ikan dan sayuran yang dipelihara.

Bahan baku yang murah dan mudah didapat

Ada banyak instalasi budidaya yang bisa digunakan. Barang-barang yang murah pun bisa digunakan dengan teknik pemeliharaan yang tepat. Misalnya saja ember dan gelas plastik, bahan yang mudah didapat dengan harga murah.

Benih ikan dan benih sayur juga sangat mudah didapat. Anda bisa mencari benih sayur di toko pertanian terdekat di rumah atau di e-commerce. Sementara, benih ikan bisa didapatkan dari tempat pembenihan ikan.

Hemat tempat

Dengan menggabungkan dua komoditas dalam satu tempat membuat penggunaan tempat menjadi lebih efisien.

Hasil yang dihasilkan berupa organik

Karena Anda sendiri yang membudidayakannya, Anda bisa memilih untuk menghasilkan ikan dan sayur organik yang jauh lebih sehat dibandingkan ikan dan sayuran yang dirawat dengan bantuan bahan kimia. Anda tidak memerlukan pupuk kimia sebagai unsur hara tanaman karena air kolam yang mengandung kotoran ikan serta pakan ikan sudah bisa menjadi sumber nutrisi. Penggunaan pestisida kimia bisa digantikan dengan pestisida nabati dari bahan alami.

Menghasilkan bahan pangan bernutrisi tinggi

Karena bahan pangan yang dihasilkan organik tidak ditumbuhkan dengan bahan kimia, hasilnya pun jauh lebih sehat. Pada sayuran tidak terdapat residu dari pupuk atau pestisida kimia. Rasa sayuran juga akan jauh lebih renyah dan nikmat.

Cari Artikel Lainnya