0
36
0
Dampak Makeup Saat Pakai Masker Ternyata Nggak Main-Main. 4 Fakta Ini Perlu Dipahami!
1 month 'ago'

Banyak hal yang berubah di tengah pandemi corona, termasuk style kita sehari-hari. Setiap kali keluar rumah, sekarang kita harus memakai masker buat menghindari penyebaran virus. Masker yang tersedia pun bermacam-macam, mulai dari masker bedah sekali pakai sampai masker kain. Ada berbagai corak dan warna yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Walaupun wajah sudah tertutup masker, namanya juga cewek, kadang kita tetap pengen pakai make-up supaya penampilan lebih cantik. Apalagi kalau harus datang ke acara penting yang nggak bisa dihindari. Tapi ternyata tindakan itu bisa berbahaya lo! Yuk, simak penjelasannya~

Make-up yang kita pakai bisa mengotori masker. Dampaknya, kemampuan masker buat menyaring udara bakal berkurang

Make-up bisa mengotori masker dan menghalangi kemampuannya buat menyaring droplet (cairan yang keluar saat kita bersin atau batuk). Ini disampaikan oleh seorang dokter penyakit menular di Boston Medical Center, Cassandra M Pierre. Dia menjelaskan kalau make-up yang dimaksud adalah lipstik, blush on, dan bedak. Bahkan lotion berbahan dasar krim juga bisa mengotori masker. Nggak hanya cewek yang harus waspada, sebab ternyata produk krim cukur yang dipakai cowok juga menimbulkan dampak yang sama.

Masker yang terkena make-up dianggap sudah terkontaminasi. Akibatnya, masker itu nggak bisa dipakai ulang oleh tenaga medis

Seorang dokter ahli penyakit menular di Stanford Health Care, Anne Liu, menjelaskan kondisi yang dialami para petugas medis. Stok masker yang mereka miliki terbatas. Jadi masker N95 yang sudah digunakan bakal dikumpulkan dan disterilisasi supaya bisa dipakai ulang. Namun kalau masker itu terkena make-up, bakal dianggap sudah terkontaminasi dan nggak bisa disterilkan lagi. Karena itulah biasanya para petugas medis nggak pakai make-up. Lagian wajah mereka juga sangat tertutupi karena pakai beberapa lapis alat pelindung diri.

Kalau tetap ingin memakai make-up, sebaiknya hindari area mulut supaya nggak mengotori masker

Bukan berarti kita nggak bisa merias wajah sama sekali kalau memakai masker. Hindari aja merias area di sekitar mulut supaya nggak mengotori maskernya. Jadi kita masih boleh memakai maskara dan pensil alis plus mata kita bakal tetap kelihatan kece! Namun, kita tetap harus berhati-hati kalau mau merias area mata. Sebab kalau kita keringatan, bisa-bisa riasannya luntur dan mengalir ke masker. Jadi bawalah tisu ke mana-mana untuk mengelap keringat. Kita juga perlu mengecek kondisi wajah secara berkala supaya tahu kalau ada riasan yang bermasalah dan berpotensi mengotori masker.

Sedangkan kalau ingin memakai skincare, gunakan tipis-tipis aja. Lalu tunggu sampai menyerap dulu ke kulit

Mau pakai sunscreen atau produk skincare lainnya? Lebih baik oleskan tipis-tipis ke wajah kita. Kemudian, tunggulah sampai produknya menyerap dengan sempurna ke dalam kulit. Barulah setelah itu kita bisa memasang masker untuk menutupi area mulut. Karena dioleskan dengan tipis, ada skincare yang fungsinya berkurang sehingga nggak maksimal buat melindungi dan merawat wajah. Tapi nggak apa-apa deh, daripada fungsi maskernya yang berkurang. Setelah pulang ke rumah, kan kita masih bisa memakai skincare sesuai keinginan. Jadi nggak perlu takut kulit kita bakal rusak banget. Kita memang butuh berbagai penyesuaian buat memakai skincare dan make-up di tengah pandemi. Walaupun agak repot, sabar aja ya. Lebih baik kita berhati-hati demi menjaga kesehatan. Jangan lupa pakai masker kalau bepergian keluar rumah!

Follow Us On :
Ranking
1
2
3
4
5
Lencana
Kongkow