Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 6 Alasan Serius Kenapa Makan Sambil Main HP itu Nggak Banget. Sekalipun Kerjaan Lagi Hectic

6 Alasan Serius Kenapa Makan Sambil Main HP itu Nggak Banget. Sekalipun Kerjaan Lagi Hectic

- Kamis, 12 November 2020 | 07:00 WIB
6 Alasan Serius Kenapa Makan Sambil Main HP itu Nggak Banget. Sekalipun Kerjaan Lagi Hectic

Sadar ataupun nggak, masih banyak orang yang melakukan hal apapun sambil memainkan hp-nya. Termasuk ketika sedang makan. Padahal, kebiasaan seperti ini banyak nggak baiknya. Kegiatan makan seharusnya nggak terdistraksi sama sekali, sekalipun lagi hectic kerjaan atau ada hal penting lain yang harus diselesaikan. Berikut beberapa alasan yang mendasari kenapa sebaiknya nggak makan sembari main HP. Duh, prihatin rasanya 

1. Kebiasaan makan sambil main HP bisa memicu kenaikan berat badan dan risiko obesitas. Kok bisa?

Ketika makan sambil melakukan hal lain seperti main HP, konsentrasi akan terpecah. Akibatnya, sinyal perut ke otak jadi terganggu, termasuk jadi slow respon saat menerima pesan bahwa perut sudah kenyang. Jangan heran kalau kamu jadi punya kecenderungan makan dengan porsi lebih banyak dan makan makanan yang nggak sehat, seperti diungkap dalam studi yang dipublikasikan dalam Trends in Food Science & Technology. 

2. Karena nggak fokus, mengunyah pun jadi terganggu, efeknya sampai ke pencernaan

Makanan harus dikunyah dengan baik sehingga mudah ditelan, dicerna, dan memberi efek cepat kenyang. Kegiatan makan yang terdistraksi akan mengganggu proses pengunyahan makanan sehingga memicu tersedak, sakit perut, hingga sembelit.

3. Selera makan jadi biasa-biasa saja, pun nggak bisa menikmati rasa makanan dengan maksimal

Apapun makanan yang tersaji di piringmu seharusnya kamu nikmati dengan penuh syukur. Nggak hanya saat makanan menyentuh lidah aja, tapi juga proses hingga makanan ditelan. Kalau makan sambil main HP, makan seenak apapun udah nggak terasa nikmat lagi.

4. Momen kebersamaan dan interaksi dengan orang lain rusak karena kamu hanya sibuk ke layar HP saja

Coba bayangkan ketika kamu keluar makan bersama teman atau keluarga. Sedari sampai di tujuan hingga kegiatan makan, momen ini jadi sia-sia hanya karena masing-masing orang sibuk dengan gawainya. Nggak ada percakapan atau tegur sapa. Lalu di mana esensi makan bersamanya? Bahkan menurut para peneliti di Virginia Tech, orang-orang yang terlalu asyik dengan gawainya cenderung melewatkan isyarat halus, ekspresi wajah, dan perubahan nada suara lawan bicaranya.

5. Mereka yang makan sembari main HP dianggap nggak punya etika dan mengganggu orang lain yang melihatnya

Etika mengenai penggunaan gawai saat makan memang nggak tertulis. Namun jelas dirasa kurang nyaman bagi orang lain yang ada di sekitar atau yang melihatnya. Apalagi kegiatan makan dianggap sebagai waktu istimewa yang perlu perhatian khusus dan menjadi nggak etis jika disambi aktivitas lainnya.

6. Kegiatan makan sambil main HP lama kelamaan akan jadi kebiasaan buruk yang menular, terutama pada anak

Jika kebiasaan makan sambil main HP yang dilakukan terus menerus ini dilihat oleh anak kecil, otomatis mereka akan menganggap ini sebagai aktivitas wajar. Parahnya, mereka akan meniru kegiatan ini secara nggak langsung. Padahal efeknya nggak ada baik-baiknya sama sekali. Alasan-alasan yang serius dan logis ini tentu nggak hanya berlaku pada penggunaan HP saja, tapi juga makan sambil menonton TV, mendengarkan musik, atau bermain komputer. Mulailah kurangi kebiasaan buruk ini dari diri sendiri. Buatlah aturan untuk nggak melakukan kegiatan lain saat makan, terutama main gawai. Duduk dan fokuslah menikmati makanan agar dirimu merasakan kepuasan dan rasa syukur yang mendalam. Karena kebahagiaan saat makan nggak bisa tergantikan oleh gawai di tangan. Semoga bermanfaat!

Cari Artikel Lainnya