Home » Kongkow » Religi Islam » Tips Rebus Spaghetti Agar Tak Kering atau Berminyak

Tips Rebus Spaghetti Agar Tak Kering atau Berminyak

- Sabtu, 16 Mei 2020 | 13:14 WIB
Tips Rebus Spaghetti Agar Tak Kering atau Berminyak

Selama karantina di rumah karena pandemi COVID-19, banyak orang bereksperimen di dapur. Mereka membuat berbagai hidangan praktis dan enak, salah satunya pasta. Apalagi kini banyak pasta instan kemasan yang mudah dibuat. Biasanya pasta instan berisi pasta kering dan bumbu siap pakai. Cara membuatnya mudah, tinggal merebus pasta kering lalu mencampurkannya dengan bumbu. Persis membuat mie instan. Namun sering kali orang-orang tidak memperhatikan betul cara merebus pasta. Akibatnya hasil akhir pasta seperti spaghetti terlalu kering atau bahkan terlalu berminyak. Hal ini bisa dihindari dengan tips rebus spaghetti ala pengguna twitter @glennmars.

Caranya, pertama rebus air buat masak spaghetti sampai mendidih. Setelah itu masukkan segenggam garam. Lanjutkan dengan memasukkan spaghetti. Idealnya, di saat yang sama Anda juga menumis bumbu sesuai selera di kompor lain.

Tips merebus spaghetti

Tambahkan topping sesuai selera. Bisa sekadar sosis hingga cakalang fufu. Kemudian perhatikan spaghetti. Rebus sampai 3/4 matang saja. Ikuti petunjuk waktu di kemasan lalu kurang 2 menit untuk mencapai kondisi 3/4 matang. Masukkan spaghetti tersebut ke wajan berisi bumbu. Kemudian ambil air rebusan pasta secukupnya, masukkan ke dalam wajan. Besarkan api, aduk-aduk spaghetti sampai matang dengan tekstur al dente. Pastikan juga bumbunya merata.

Setelah itu, cicip dan tambahkan bumbu atau rempah sesuai selera. Spaghetti pun siap disantap. Kalau ada satu kompor, kamu tak perlu khawatir karena ada tips untuk mengakalinya. "Tumis bumbu sampai 3/4 matang > angkat dan sisihkan > rebus spageti sampai 3/4 matang > angkat dan letakkan di samping kompor > gantian tumisan di atas kompor > angkat spageti tuang ke tumisan." Banyak netizen tertarik mencoba tips rebus spaghetti ala Glenn. Hanya saja ia kembali mengingatkan kalau lamanya waktu merebus pasta harus memperhatikan petunjuk di kemasan agar ideal.

Tips merebus spaghetti

Dari tips di atas, bisa dilihat kalau penambahan garam berperan dalam proses perebusan. Selain karena membuat rasa pasta lebih enak, garam berfungsi menaikkan suhu didih air. Lebih baik menambahkan garam daripada minyak. Kalau minyak ditambahkan saat merebus pasta, saus nantinya akan sulit menempel pada pasta yang sudah matang. Kunci penting lainnya adalah memastikan air sudah mendidih agar pasta nantinya tidak menggumpal dan saling menempel. Tips penting lain saat merebus pasta adalah tidak mematahkan spaghetti. Ini supaya tampilan spaghetti tetap menarik selera saat disajikan atau di-plating.

Cari Artikel Lainnya