Home » Kongkow » Materi » Pembahasan Rumus Perbandingan dalam Matematika

Pembahasan Rumus Perbandingan dalam Matematika

- Rabu, 16 September 2020 | 18:00 WIB
Pembahasan Rumus Perbandingan dalam Matematika

perbandingan, adalah materi yang biasa terdapat dalam pelajaran matematika. Materi perbandingan, adalah materi yang termasuk dalam golongan aritmatika. Oleh karena itulah perbandingan, bisa diartikan sebagai sebuah usaha untuk membandingan kedua objek atau lebih dengan menggunakan rumus matematika perbandingan.

cara menghitung rumus perbandingan

Perbandingan matematika sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Perbedaan dari perbandingan senilai dan berbalik nilai adalah, perbandingan senilai mempunyai nilai yang sama dan tetap, sedangkan perbandingan berbalik nilai mempunyai nilai yang tetap tetapi terbalik.

Rumus perbandingan senilai dan pebandingan berbalik nilai pun, mempunyai rumus yang berbeda. Sehingga pengerjaan soal yang ada pun juga berbeda. Bila Anda memperdalam materi ini, maka Anda akan menemukan bahwa materi ini, sebenarnya berguna pada kehidupan sehari-hari.

Contohnya seperti Anda sedang membandingkan jarak dari kota Jakarta ke Surabaya, membandingkan nilai objek A dan objek B, dan semacamnya. Nah, kali ini kita akan membahas apa saja rumus perbanding senilai dan perbanding berbalik nilai. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut adalah penjelasan rumus matematika perbandingan:

Rumus Perbanding Senilai dan Berbalik Nilai

Jika Anda belum tahu apa itu perbandingan, perbandingan adalah upaya untuk membandingkan kedua hal atau lebih, baik dalam berupa nilai ataupun ukuran. Perbandingan tersebut, adalah nilai sebuah pecahan yang disederhanakan. Jika disederhanakan, maka perbandingan bisa diartikan antara A dan B atau X dan Y.

Dalam rumus matematika perbandingan, mau itu senilai atau berbalik nilai, semua bisa diselesaikan dengan menggunakan cara aritmatika. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat penjelasan dibawah ini:

Rumus Perbandingan Senilai

Perbandingan senilai adalah usaha untuk membandingkan dua hal atau lebih dengan besar salah satu nilai dari variabel yang bertambah, dengan begitu akan membuat variabel lain akan menjadi bertambah juga. Oleh karena itum nilai perbandingan senilai memiliki jumlah nilai variabel yang sama. Contohnya seperti jumlah nilai tabungan dengan waktu menyimpan, jumlah harga barang, jumlah pekerja dengan gaji pekerja dan semacamnya.

Lalu, apa rumus yang digunakan untuk menghitung perbandingan senilai? Berikut adalah rumusnya:

Jika kita pahami dan lihat rumus diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa nilai a1 sama dengan nilai b1, dan nilai dari a2 sama dengan nilai b2.

Rumus Perbandingan Berbalik Nilai

Selain rumus perbandingan senilai, ada juga rumus perbandingan berbalik nilai. Berbeda dengan senilai, perbandingan berbalik nilai adalah usaha untuk membandingkan dua objek atau lebih dengan besar nilai dari salah satu variabel yang bertambah, maka nilai variabel lain akan berkurang. Misalnya seperti, jumlah pekerja dengan waktu menyelesaikan pekerjaan, jumlah hewan dengan waktu makanan habis dan semacamnya.

Lalu, apa rumus yang digunakan untuk menghitung perbandingan berbalik nilai? Berikut adalah rumusnya:

Jika kita pahami dan lihat rumus diatas, maka kita bisa simpulkan bahwa nilai dari a1 berbalik nilai dengan nilai b2, dan nilai dari a2 berbalik nilai dengan nilai b1.

Nah, bagaimana? Apa Anda paham dengan penjelasan diatas? jika Anda belum paham, Anda bisa mengulangin membaca penjelasan diatas, dengan lebih teliti dan seksama, siapa tau Anda akan lebih mengerti.

Cari Artikel Lainnya