Home » Kongkow » Travel » Daftar Kota Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia

Daftar Kota Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia

- Sabtu, 05 Desember 2020 | 13:00 WIB
Daftar Kota Paling Ramah Pejalan Kaki di Dunia

Tidak semua orang menyukai naik mobil atau motor untuk pergi ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh. Masih ada orang yang lebih suka berjalan kaki menyusuri jalan menuju tempat tujuannya. Itu sebabnya, di kota biasanya terdapat trotoar, zebra cross, JPO, dan sebagainya.

Meskipun begitu, di negara seperti Indonesia yang tidak ramah pejalan kaki. Masih ada banyak kendala yang harus diperbaiki. Mulai dari kualitas fasilitas yang disediakan hingga kesadaran dari masyarakat.

Khususnya para pengendara kendaraan bermesin terhadap kenyamanan para pejalan kaki. Sudah saatnya Indonesia dan masyarakatnya meniru beberapa negara yang dikenal ramah pejalan kaki.

1. Paris, Perancis

unsplash.com

Sebagaimana dikutip dari Insider, tempat yang dijuluki sebagai Kota Cahaya ini selalu meraih predikan kota paling ramah pejalan kaki di seluruh dunia. Bagaimana tidak, baik turis maupun warganya sendiri bisa bebas berjalan kaki sepanjang jalan-jalan Paris.

Kita memang tetap harus berhari-hari untuk bisa menjelajah Paris dengan jalan kaki. Tetapi kota yang sangat romantis ini memang layak banget ditelusuri dengan lebih perlahan.

2. New York, Amerika Serikat

unsplash.com

The Big Apple, itulah julukan untuk kota megapolitan ini. Meski ramai kendaraan yang lalu lalang, New York adalah salah satu kota paling ramah pejalan kaki di dunia.

Mau mampir ke landmark terkenal, museum, restoran, maupun tourist attraction lainnya? Tentu bisa! Cara terbaik menjelajah kota yang satu ini adalah dengan naik kereta bawah tanah dan berjalan kaki.

3. San Francisco, Amerika Serikat

unsplash.com

Masih dari Amerika, ada San Fransisco sebagai kota ramah pejalan kaki selanjutnya. Kontur wilayah San Francisco yang agak berbukit mungkin membuat sebagian cepat lelah membayangkan berjalan kaki di San Francisco.

Nyatanya, kota San Francisco ini adalah salah satu kota terbaik untuk para pejalan kaki. Bahkan menurut Walk Score, San Francisco ini adalah kota kedua di Amerika Serikat yang paling ramah dengan pejalan kaki.

4. Boston, Amerika Serikat

unsplash.com

Tidak hanya San Francisco, Boston yang berada di negara bagian Massachussets ini juga menjadi kota yang ramah bagi pejalan kaki. Salah satu kota paling bersejarah di Amerika Serikat ini juga punya sistem transportasi paling bagus di sana. Kalau lelah jalan kaki, kamu bisa leluasa naik angkutan umum di sana.

5. Florence, Italia

unsplash.com

Pusat sejarah seni dan budaya Italia yang berada di provinsi Tuscany ini cocok untuk para pecinta seni dan budaya yang hobi mejelajah dengan berjalan kaki. Kerap dijuluki sebagai museum terbuka, Florence memang merupakan kotak bagi banyak tempat bersejarah.

Untuk melestarikan bangunan bersejarah tersebut, Florence menjadi tempat yang sangat ramah bagi wisatawan. Kamu diminta untuk berjalan kaki dan tidak naik kendaraan saat berkeliling Florence.

Pejalan kaki mungkin saat ini sudah menjadi kelompo minoritas di jalanan. Tapi sebagai kelompok yang tidak merugikan siapapun, tentu saja mereka harus sangat dihargai dan diperhitungkan kenyamanannya. Mana kota yang ramah pejalan kaki menurutmu?

Cari Artikel Lainnya