Home » Kongkow » Materi » Macam-Macam Getaran

Macam-Macam Getaran

- Jumat, 28 Februari 2020 | 10:32 WIB
Macam-Macam Getaran

Jika anda sering main gitar, pada saat anda memtik gitar tampak sinar gitar akan bergetar dan akan menghasilkan bunyi dan pada saat anda menghentikan getaran bunyi dari gitar pun akan berhenti. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian getaran, rumus, dan jenis getaran serta contohnya. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

√ Getaran : Pengertian, Jenis, Rumus & Contoh Soalnya [ LENGKAP ]

Pengertian Getaran

Getaran merupakan suatu peristiwa gerak bolak balik secara teratur suatu benda melalui satu titik seimbang. Karena terjadi dengan teratur, getaran seringdisebut juga dengan gerak periodik. Kuat atau lemahnya pergerakan benda tersebut dipengaruhi oleh jumlah energi yang diberikan. Semakin besar energi yang diberikan maka semakin kuat juga getaran yang terjadi. Satu Getaran sama dengan satu kali gerakan bolak balik penuh dari benda tersebut.

Getaran Pada Bandul Sederhana

Pada Gambar diatas merupakan contoh dari getaran pada bandul sederhana, berdasarkan contoh pada bandul diatas, Satu Kali Getaran merupakan satu kali pergerakan bandul dari titik A – B – C – B – A. Satu Kali getaran juga bisa dihitung titik mulainya dengan titik B atau Titik C.

getaran pada bandul sederhana

Getaran Pada Bekas

Kemudian Pada Gambar kedua adalah contoh Getaran pada pegas yang diberikan beban. Satu Kali Getaran pada Pegas Tersebut misalnya B – A – C – A – B. Satu Kali Getaran juga bisa dihitung dari titik mulainya dengan titik A atau Titik C.

getaran pegas

Amplitudo

Amplitudo ialah simpangan terjauh dari titik keseimbangan. Amplitudo bisa diartikan yaitu jarak paling jauh dari titik keseimbangan saat terjadi getaran. Perhatikan kembali pada Gambar pada bandul diatas

Pada Gambar Bandul, titik keseimbangannya adalah titik B, dan Amplitudonya adalah BA dan BC. Karena semakin lama pada gerakan bandul akan semakin kecil, sehingga titik getaran pertamalah yang merupakan amplitudo dari bandul tersebut.

Frekuensi

Frekuensi Getaran ialah banyaknya jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Satuan Frekuensi di dalam Sistem Internasional adalah Hertz (Hz). Dalam Fisika, Frekuensi disimbolkan dengan huruf f dan Rumusnya :

F = n / t

Keterangan :

f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz)
n = Jumlah Getaran
t = Waktu (Satuannya Sekon disingkat s)

Periode

Periode ialah waktu yang diperlukan untuk melakukan satu kali getaran. Satuan Periode dalam Sistem Internasional yaitu Sekon (s). Dalam Fisika, Periode disimbolkan dengan huruf T dan Rumusnya :

T = t / n

Keterangan :

T = Periode (Satuannya Sekon disingkat s)
t = Waktu (Satuannya Sekon disingkat s)
n = Jumlah Getaran

Kesimpulannya Periode dan Frekuensi saling berhubungan dan bisa dihubungkan satu dengan lainnya. Periode adalah kebalikan dari frekuensi demikian pula sebaliknya. Oleh sebab itu didapatkan persamaan :

T = 1 / f dan F = 1 / T

Keterangan :

T = Periode (Satuannya Sekon disingkat s)
f = Frekuensi (Satuannya Hertz disingkat Hz)

Macam-Macam Getaran

Secara umum dikenal dua macam jenis getaran berdasarkan proses terjadinya getaran, yakni :

1. Getaran Bebas

Getaran Bebas adalah getaran yang terjadi ketika sistem mekanis dimulai dengan adanya gaya awal yang bekerja pada sistem itu sendiri, lalu dibiarkan bergetar secara bebas. Getaran bebas akan menghasilkan frekuensi yang natural karena sifat dinamika dari distribusi massa dan kekuatan yang membuat getaran.

Contohnya : Bandul yang ditarik kemudian dilepaskan dan dibiarkan menghasilkan getaran sampai pergerakan bandul tersebut berhenti.

2. Getaran Paksa

Getaran Paksa, ialah suatu getaran yang terjadi ketika gerakan bolak-balik karena adanya gaya luar yang secara paksa menciptakan getaran pada sistem.

Contohnya : yaitu getaran rumah yang roboh ketika gempa.

Contoh Soal Getaran

Contoh Soal 1

Sebuah bandul digetarkan selama 1 menit sehingga menghasilkan 40 getaran. Periode bandul tersebut adalah berapa …. sekon.

Pembahasan:

Diketahui:

t = 1 menit = 60 sekon

n = 40 getaran

Ditanyakan: T = …?

Jawaban:

T = t/n

T = 60 sekon/40 = 1,5 sekon

Jadi, periode dari bandul tersebut yaitu 1,5 sekon

Contoh Soal 2

Jika ayunan sederhana bergetar sebanyak 60 kali dalam waktu 15 sekon, tentukan:

a. frekuensi ayunan, dan
b. periode ayunan

Pembahasan:

Diketahui:

n = 60

t = 15 s

Ditanyakan: f dan T = …?

Jawaban:

f = n/t = 60/15 = 4 Hz

T = t/n =15/60 = 0,25 Hz

jadi, frekuensi dari ayunan 4 Hz, Dan periode dari ayunan yaitu 0,25 Hz

Itulah ulasan tentang √ Getaran : Pengertian, Jenis, Rumus & Contoh Soalnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Fisika IPA S1 SMA SMP contoh getaran contoh soal getaran jenis getaran pengertian getaran rumus getaran 10 contoh getaran analisis getaran mesin apakah yang dimaksud getaran beraturan contoh gelombang dalam kehidupan sehari hari contoh getaran bebas contoh getaran dalam kehidupan sehari hari contoh getaran dan gelombang contoh getaran harmonis contoh soal getaran dan gelombang definisi satu getaran frekuensi getaran adalah frekuensi vibrasi fungsi getaran gaya dan getaran gelombang adalah getaran adalah brainly getaran benda oleh pegas getaran dalam kehidupan sehari hari getaran dan gelombang getaran dan gelombang pdf getaran pdf getaran pegas pdf getaran teredam adalah hubungan getaran dan gelombang jelaskan pengertian getaran harmonis jelaskan pengertian resonansi pada bandul jenis sensor getaran konstanta elastisitas bahan adalah macam macam getaran makalah getaran makalah getaran dan gelombang manfaat getaran dalam dunia kedokteran memahami gambar getaran menentukan besarnya frekuensi getaran pengertian frekuensi getaran pengertian gelombang pengertian getaran dan gelombang pengertian getaran teredam penyebab terjadinya getaran perbedaan getaran dan gelombang persamaan getaran rumus amplitudo rumus gelombang rumus gelombang longitudinal rumus getaran bandul rumus panjang gelombang rumus periode bandul satu getaran adalah satuan dari frekuensi getaran adalah satuan periode satuan vibrasi turbin sebutkan 20 contoh peristiwa getaran dalam kehidupan sehari hari sebutkan 5 contoh getaran sebutkan beberapa contoh getaran yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari hari sebutkan contoh getaran harmonic sederhana uji getaran
Cari Artikel Lainnya