Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa OTS 2020 – 2021 ke Belanda

Beasiswa OTS 2020 – 2021 ke Belanda

- Kamis, 27 Februari 2020 | 14:11 WIB
Beasiswa OTS 2020 – 2021 ke Belanda

Peluang baik ini kembali dibuka bagi Anda yang bercita-cita melanjutkan studi ke Belanda. Orange Tulip Scholarship (OTS) 2020 – 2021. Beasiswa OTS dikhususkan bagi warganegara Indonesia yang berminat melanjutkan kuliah, baik jenjang bachelor atau master di universitas-universitas Belanda. Beasiswa OTS didukung oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, perusahaan Belanda, dan Pemerintah Indonesia yang tergabung sebagai sponsor. 

Cukup banyak perguruan tinggi maupun universitas Belanda yang berpartisipasi dalam skema beasiswa ini. Misalnya Radboud University, Tilburg University, Rotterdam School of Management, Erasmus University, Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS), Erasmus University Rotterdam, Maastricht School of Management, Tio University of Applied Sciences, University of Amsterdam, University of Groningen, dll.

Khusus Beasiswa OTS 2020 – 2021, universitas yang ikut serta akan terus bertambah. Peluang itu tentunya sangat menguntungkan pelamar karena membuka kesempatan lebih besar untuk memperoleh beasiswa ke Belanda. 

Beasiswa OTS disediakan dalam bentuk pengurangan dari biaya studi (parsial) hingga potongan biaya kuliah keseluruhan (full). Selain biaya studi, ada juga yang menyediakan hingga biaya visa dan biaya asuransi. Nominal beasiswa ini berbeda-beda tergantung universitas / sponsor yang menawarkan.

Misalnya pada program master di Radboud University, beasiswa berupa potongan biaya studi antara  € 7.681 - € 14.722. Selain itu, mereka juga menyediakan biaya visa dan biaya asuransi. 

Atau misalnya beasiswa program master di Maastricht School of Management untuk program Master of Business Administration (MBA). Beasiswa berupa potongan 60% biaya studi dan 80% biaya studi yang nilainya € 19.500 dan € 26.000.

Lain lagi misalnya di Tilburg Univeristy. Beasiswa berupa potongan biaya kuliah dan subsidi biaya hidup. Potongan biaya kuliah sebesar € 4.450 dan subsidi biaya hidup sebesar  € 5.000 per tahun. Begitu pun dengan beasiswa kampus lain yang bisa dicek sendiri di masing-masing universitas yang berpartisipasi. 

 

Persyaratan umum: 

1. Warga Negara Indonesia

2. Tidak sedang menempuh studi pendidikan di Belanda atau bekerja di Belanda

3. Saat ini sedang menjalani proses pendaftaran atau sudah diterima di salah satu universitas di Belanda peserta OTS

4. Memenuhi syarat-syarat khusus yang dibutuhkan oleh skema Orange Tulip Scholarship yang didaftarkan. 
 

Dokumen aplikasi: 

Masing-masing universitas memiliki persyaratan khusus dan juga dokumen aplikasi yang berbeda untuk beasiswa. Pelamar bisa memeriksanya melalui laman Neso Indonesia. Dua di antara dokumen aplikasi yang diminta adalah:

1. Formulir OTS (Unduh)

2. Bukti pendaftaran / telah diterima di institusi atau universitas tujuan Belanda sesuai skema


Selain itu ada yang meminta CV (dalam bahasa Inggris) dan Surat Rekomendasi. Silakan dilengkapi sesuai permintaan masing-masing universitas tujuan. 

 

Pendaftaran: 

Pendaftaran dan pengajuan Beasiswa OTS 2020 - 2021 dibuka mulai November 2019 sampai 1 Mei 2020.

Namun, beberapa skema menerapkan deadline berbeda. Pelamar bisa mengeceknya melalui laman Neso Indonesia.

 

Pendaftar hanya perlu mengirimkan dokumen aplikasi tersebut dalam bentuk softcopy dengan ketentuan:

a). Berkas softcopy dalam bentuk Word atau PDF

b). Setiap file diberi nama jelas dalam Bahasa Inggris:
    [document name] - [applicant's name].
    Contoh: Admission Proof - Maulana Taufik

c). Total seluruh lampiran (attachment) maksimal 20MB.
     Mohon untuk TIDAK menyatukan dokumen menggunakan format Zip / Rar

d). Kirimkan dokumen melalui e-mail ke [email protected]
    subyek e-mail: OTS 2020-2021 Application-[nama universitas]-[nama Anda]
    Contoh: OTS 2020-2021 Application - University of Amsterdam - Maulana Taufik

 

Perlu diingat, pendaftaran beasiswa dan pendaftaran kuliah di universitas terpisah. Sebelum mengajukan beasiswa OTS, pelamar terlebih dahulu harus mendaftar ke universitas yang dituju berdasarkan skema yang ditawarkan. Setelah adanya bukti telah memulai pendaftaran (konfirmasi email/online) atau telah memiliki LoA, baru pelamar diperkenankan mendaftar beasiswa.

Kontak:
Nuffic Neso Indonesia
Jalan H. R. Rasuna Said Kav. S-3
Jakarta 12950 Indonesia
Wa: +62 811 9408 146
Tel: +62 (21) 5085 8787
e. [email protected]
w. www.nesoindonesia.or.id

Cari Artikel Lainnya