Home » Kongkow » Beasiswa » Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) Singapura di NUS, NTU, SMU, SUTD

Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) Singapura di NUS, NTU, SMU, SUTD

- Kamis, 27 Februari 2020 | 09:00 WIB
Beasiswa Goh Keng Swee (GKS) Singapura di NUS, NTU, SMU, SUTD

Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship. Namanya mungkin tidak sefamiliar beasiswa di Singapura lainnya. Beasiswa ini memang sedikit berbeda. Pemberian nama beasiswa diambil dari salah seorang tokoh Singapura, Dr Goh Keng Swee. Seorang ekonom yang juga mantan Wakil Perdana Menteri Singapura di era 1968 – 1984. Menariknya beasiswa GKS memberi kesempatan bagi pelajar di Asia Pasific, salah satunya Indonesia untuk memperoleh beasiswa penuh jenjang S1. 

Ada sejumlah universitas terkemuka Singapura yang menjadi pilihan, di antaranya National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD). 

Beasiswa GKS dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Tiap tahunnya 3 – 4 beasiswa penuh diberikan. Beasiswa meliputi biaya kuliah penuh serta biaya wajib lainnya, tiket PP Indonesia – Singapura, tunjangan pemeliharaan sebesar SGD 6.500 per tahun, tunjangan asrama, serta tunjangan penyisihan saat pertamakali tiba di Singapura sebesar SGD 200. 

Pemberian beasiswa tersebut akan dievaluasi setiap tahun berdasarkan capaian akademik dan maksimum diberikan hingga empat tahun. Setelah menyelesaikan studi S1, kandidat diminta untuk bekerja selama 3 tahun di sebuah perusahaan Singapura atau perusahaan yang berbasis di Singapura di negara tempat tinggal. 
 

Persyaratan: 

1. Beasiswa Dr GKS terbuka bagi pelamar yang berkewarganegaraan/memiliki paspor Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Philipina, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar. 

2. Bersamaan mendaftar masuk ke NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Sebagian besar program akan dipertimbangkan, kecuali program khusus seperti kedokteran. Pelamar harus mematuhi deadline pendaftaran universitas.

3. Memperlihatkan kualitas kepemimpinan serta memiliki prestasi akademik dan kegiatan co-kurikuler yang baik 

4. Pernah ikut SAT, atau berjanji mengikuti tes SAT

Pendaftaran: 

Pengajuan beasiswa cukup mudah. Pelamar hanya perlu mendaftar secara online di laman GKS Scholarship. Buat akun terlebih dahulu. Setelah itu, login dan lengkapi formulir aplikasi yang tersedia.

Selain itu, pelamar juga perlu mendaftar ke salah satu universitas di Singapura yang ditetapkan di atas. Pendaftaran ini bisa dicek langsung di masing-masing website universitasnya. 

Pendaftaran beasiswa GKS 2020 – 2021 dibuka 1 November 2019 hingga 15 Maret 2020 pukul 23:59 waktu Singapura. Sebaiknya pelamar mengirimkan aplikasi tersebut sebelum deadline berakhir. Pelamar yang masuk pemeringkatan akan diminta untuk mengikuti tes profil kepriadian secara online pada Maret atau April 2020.

Selanjutnya pelamar terpilih akan diminta untuk menghadiri wawancara yang digelar akhir Mei 2020 di Singapura. Biaya ditanggung sendiri oleh pelamar atau jika pelamar tidak bisa ke Singapura dapat dipertimbangkan melalui alternatif lain.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa disampaikan melalui email: [email protected] atau melalui laman ABS (abs.org.sg). Semoga berhasil!

Cari Artikel Lainnya