Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 7 Alasan Masuk Akal Kenapa Pintu Toilet Umum Terbuka di Bagian Bawahnya. Bukan Buat Ngintip, Ya!

7 Alasan Masuk Akal Kenapa Pintu Toilet Umum Terbuka di Bagian Bawahnya. Bukan Buat Ngintip, Ya!

- Senin, 24 Februari 2020 | 16:21 WIB
7 Alasan Masuk Akal Kenapa Pintu Toilet Umum Terbuka di Bagian Bawahnya. Bukan Buat Ngintip, Ya!

Berkat desainnya yang bagus dan juga bersih, biasanya orang-orang suka menengok toilet dalam mal atau bioskop walau cuma buat membenahi riasan. Meski niat awal cuma bercermin, tapi ada orang yang akhirnya buang air sekalian. Katanya sih, biar nanti kalau waktu lagi jalan-jalan atau nonton nggak kebelet pipis.

Sadarkah kamu kalau kebanyakan toilet di mal atau bioskop pintu bagian bawahnya nggak penuh alias terbuka? Supaya tercerahkan dan nggak lagi penasaran, Hipwee Tips beberkan alasan dibalik keunikan ini.

1. Pintu toilet umum yang terbuka di bagian bawahnya akan memudahkan untuk mengetahui keberadaan pengguna toilet di dalamnya

Adanya celah di pintu akan memberi tahu orang di luar kalau toiletnya lagi dipakai. Jadi, nggak perlu ketuk-ketuk pintunya lagi deh. Kalau susah melihatnya, kamu bisa sedikit membungkuk dan melongok, tapi jangan ngintip!

2. Pintu toilet yang terbuka di bagian bawah juga memudahkan petugas untuk membersihkannya

Meski kebanyakan pakai WC duduk, tapi genangan air di dalam toilet pasti ada. Biar nggak becek, makanya cleaning service akan mengepel lantinya setiap beberapa saat. Nah, pintu toilet yang terbuka ini akan memudahkan petugas untuk membersihkannya.

3. Tisu toilet ternyata habis? Tenang, bisa minta tolong orang di luar kalau bawah pintunya bercelah

Pasti nggak enak kan kalau lagi buang air terus baru sadar jika tisu toiletnya habis? Nah, pada keadaan darurat seperti ini, kamu bisa minta tolong orang di luar untuk mengambilkan tisunya lo! Nggak perlu jinjit, kan tisunya bisa dikasih lewat celah bawah pintu.

4. Sirkulasi udara jadi lebih bagus, bau kurang sedap dari dalam toilet bisa cepat hilang

Supaya bau dari toilet umum yang dipakai banyak orang ini cepat hilang, pintu toilet sengaja diberi celah di bawahnya. Lagipula, celah ini bisa bikin sirkulasi udara lebih bagus dan kamu jadi nggak engap ketika buang air.

5. Bisa digunakan sebagai jalur darurat kalau pintunya macet dan terkunci

Biasanya saking buru-burunya, kita nggak mengecek kondisi pintu toilet. Niatnya mau buru-buru keluar setelah buang air, eh malah pintunya macet. Tapi jangan panik dulu, buat seseorang yang punya ukuran badan cukup, celah di bawah pintu toilet bisa digunakan untuk keluar, caranya bisa dengan merangkak.

 

6. Celah bawah pintu juga bisa mendeteksi jika ada hal buruk terjadi

Kamar mandi merupakan tempat rawan terjadinya kecelakan tubuh. Entah hanya karena terpeleset atau bahkan penyakit berbahaya lainnya. Nah, kalau sewaktu-waktu kamu menemukan orang pingsan di toilet, segera keluarkan melalui celah di bawah pintunya, ya!

7. Pintu yang terbuka bisa mencegah aktivitas menyimpang dalam toilet

Guna meminimalisir tindakan-tindakan nggak sopan di dalam toilet, pihak mal atau bioskop membuat bukaan di bagian bawah pintu toilet. Ya, semoga saja nggak sampai kejadian, ya!

Selain beberapa alasan di atas, pihak pengembang juga mengatakan bahwa pintu yang memiliki celah di bawah harganya jauh lebih murah. Namun, itu hanya satu dari sekian alasan yang turut jadi pertimbangan. Nah, jadi jangan lagi berpikir bahwa celah pintu toilet di bagian bawah itu digunakan untuk mengintip, ya!

Cari Artikel Lainnya