999 +
0
40
0
Cara Membuat Hiasan Gantung Lumut
1 month 'ago'

Lumut yang dikenal sebagai hama seringkali dianggap merugikan, namun percayakah Anda lumut juga bisa dijadikan bahan pembuat hiasan gantung yang indah? Ternyata tanaman kecil ini bisa dibuat menjadi sebuah hiasan gantung yang lucu dan unik, lho! Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya mudah dan bahannya juga murah!

Alat dan Bahan Hiasan Gantung Lumut

Seperti yang kita tahu, bahan utama yang tentunya dibutuhkan adalah lumut. Lalu, alat dan bahan apa saja yang harus disiapkan?

Berikut rinciannya:

  • Lembaran lumut (1 pak untuk 1 bola);
  • Styrofoam berbentuk bola;
  • Tali tambang;
  • Lem semprot;
  • Sarung tangan karet;
  • Gunting.

Sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan? Kini saatnya kita membuat bola-bola lumutnya!

Langkah Pembuatan Hiasan Gantung

Tak sabar membuat kreasi hiasan gantung unik yang satu ini? Perlu diingat, seni topiary ini hanya cocok disimpan di lingkungan lembap seperti di kamar mandi atau di atas bak cuci dapur.

Untuk merawatnya, cukup semprotkan air ketika hiasannya tampak mengering. Sudah siap membuatnya? Yuk, langsung saja kita buat bersama-sama! Cukup ikuti semua langkah mudah ini, Anda bisa langsung memiliki hiasan lumut yang imut dan tampak unik!

Langkah 1: Menyemprot Bola Hiasan Gantung

Siapkan styrofoam berbentuk bola sebagai dasar pembuatan hiasan gantung dan siapkan juga lem semprot. Jangan lupa lindungi area kerja dengan menggelar selembar kertas kraft hingga rata dengan permukaan. Semprotkan lem secara merata pada seluruh bagian dari bola styrofoam agar lumut bisa menempel.

Jangan menyemprot terlalu dekat atau terlalu jauh agar lem merata. Pastikan Anda sudah menggunakan sarung tangan karet agar lem tak menempel pada telapak tangan;

hiasan gantung

Langkah 2: Semprot Lumut dan Gabungkan

Siapkan lembaran lumut yang akan digunakan. Pastikan lumut sudah bersih dan kering. Setelah itu, semprot bagian bawah lumut dengan semprotan adhesif. Gabungkan seluruh bagian hiasan lumut hingga menutupi seluruh permukaan bola hias.

Buat beberapa bagian terlihat sedikit menonjol agar lebih menarik. Cara ini dilakukan untuk memastikan bahwa nantinya lumut menempel sempurna pada bola styrofoam

hiasan gantung

Langkah 3: Lubangi Bola Hias

Agar bola lumut ini bisa digantung, Anda perlu membuat lubang yang menembus kedua ujung permukaan bola. Kedua lubang tersebut dapat digunakan untuk memasukkan dan mengikat tali penggantungnya. Anda bisa melubanginya dengan apapun, namun pastikan bahwa ukurannya sebesar tali yang digunakan. Pastikan lubang yang dibuat bisa menembus hingga bagian bawah bola.

Cara terbaik untuk melakukannya yaitu dengan menggunakan tongkat kayu. Letakkan tongkat kayu di atas permukaan bola dan kemudian dorong hingga menembus ke bagian bawahnya. Jangan lupa perhatikan kondisi bola styrofoam agar tak ada yang terkelupas.

Langkah 4: Rekatkan Tali Pada Kayu

langkah 4 hiasan gantung

Untung menggantung bola hias ini, Anda memerlukan tali sisal. Ikatlah tali sisal menjadi beberapa jenis berbeda ukuran.

Jika ingin hasilnya bagus, semua tali yang dibuat harus berukuran kurang dari 25 cm agar hiasan gantung seimbang. Agar bisa menyambungkan talinya menembus bola hias, rekatkan ujung salah satu tali ke tongkat kayu dan kemudian tarik.

Langkah 5: Buat Simpul di Salah Satu Ujung dan Gantungkan

Setelah tali menembus kedua ujung bola hiasan gantung, selanjutnya apa? Selanjutnya Anda hanya perlu membuat simpul di ujung bawah hiasan gantung agar bisa digantungkan. Langkah berikutnya, pasangkan gantungan eye hook di tempat di mana hiasan ini akan digantungkan. Terakkhir, tinggal gantungkan hiasan gantung lumut ini dengan cara mengikatkannya pada eye hook.

Selesai!

Hiasan gantung bola lumut sudah siap digantung. Jangan lupa untuk menyemprotkan air sesekali agar lumut tak kering dan hiasan terlihat tetap segar ya! Sangat mudah bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat ya,

Follow Us On :
Ranking
1
Karina
10
2
Karina
10
3
Karina
10
4
Karina
10
5
Karina
10
Lencana
Kongkow