999 +
0
46
0
5 Cara Menghilangkan Malas di Pagi Hari
1 month 'ago'

Rasa Malas

Aktivitas kita sebagai makhluk sosial lebih banyak dilakukan di pagi hari. Apalagi Anda sebagai mahasiswa, tentunya akan ada kegiatan-kegiatan yang mesti dilakukan di pagi hari misalnya kuliah. Akan tetapi, Anda sering kali dihinggapi rasa malas. Sehingga, kegiatan-kegiatan ini tidak Anda lakukan. Karena berhubungan dengan kuliah Anda, maka ini adalah hal yang sangat penting untuk diatasi. Agar aktivitas Anda di pagi hari bisa berjalan dengan baik, berikut artikel tentang cara menghilangkan rasa malas di pagi hari.

1. Mulai Menghentikan Kebiasaan Makan Malam di Atas Jam 8 Malam

Bagi Anda yang masih memiliki kebiasaan makan di malam hari, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Ini tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Apalagi jika makan makanan yang berat, dan jam makan tidak teratur.

Jika Anda makan di malam hari, makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda akan semakin lama dicerna oleh tubuh. Ini karena proses pembakaran makanan menjadi energi akan semakin berkurang karena kegiatan fisik yang berkurang di malam hari.

Organ tubuh Anda akan terus melakukan aktivitasnya untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh walaupun kondisi anda sedang terlelap. Artinya organ tubuh Anda tetap bekerja dan tidak mengalami istirahat. Semestinya organ tubuh Anda pun dapat beristirahat. Ini akan menggangu aktivitas tidur Anda, contohnya seperti mengalami tidur yang gelisah.

Sehingga pada pagi hari Anda, akan merasa berat sekali melakukan aktivitas. Ini karena Anda merasa bahwa kualitas dan kuantitas tidur belum terasa cukup. Ini terjadi salah satunya akibat kebiasaan pola makan Anda yaitu makan pada malam hari. Sebaiknya hentikan kebiasaan makan di malam hari, utamanya diatas jam 8 malam. Ini adalah salah satu cara menghilangkan rasa malas di pagi hari.

2. Buat Perencanaan Untuk Aktivitas Anda di Esok Hari

Pernahkah Anda merasa bahwa rasa malas selalu terjadi tiap pagi hari. Anda sebagai mahasiswa misalnya, akan ada kuliah di pagi hari. Tentunya Anda harus datang tepat waktu, agar dianggap hadir oleh dosen mata kuliah.

Salah satu cara menghilangkan malas di pagi hari adalah membuat list atau perencanaan kegiatan Anda di esok hari. Pada prinsipnya, Anda membuat perencanaan sebelum tidur malam. Secara tidak sadar ini membuat pikiran anda tersugesti untuk melakukan pekerjaan sampai selesai.

Pikiran pada dasarnya lebih menyukai untuk memiliki target yang harus dicapai. Ketika Anda melakukan perencanaan kegiatan di pagi hari, pikiran Anda sudah memiliki target. Dengan ini, pikiran akan tersugesti untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan kegiatan yang telah direncanakan. Sehingga rasa malas tersebut bisa direduksi atau dikurangi.

3. Buat Estimasi Tidur Malam Anda

Estimasi tidur di malam hari

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh tim dari Universitas Chicago USA, bahwa kebutuhan waktu tidur seseorang berbeda-beda. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa termasuk mahasiswa sekitar 7 hingga 8 jam per hari.

Dengan waktu tidur yang cukup, rasa kantuk yang menyebabkan kemalasan Anda di pagi hari akan berkurang atau bahkan hilang. Jadi penting bagi Anda untuk menentukan waktu tidur. Anda terus melakukannya setiap hari dengan pola yang sama. Sehingga akan menjadi kebiasaan yang baik.

Tetapkan waktu tidur yang cukup, misalnya 7 jam per hari. Jika menginginkan bangun pada jam 4 dini hari (sebelum shalat Subuh bagi yang muslim),  maka Anda seharusnya tidur di bawah jam 9 malam. Buat pola tidur Anda menjadi tersistem. Tujuannya supaya waktu tidur Anda efektif dan mencukupi. Sehingga saat bangun, Anda merasa segar dan rasa malas pun hilang.

4. Paksa Diri Anda Untuk Menyiapkan Perlengkapan Aktivitas di Esok Hari

Seringkali Anda mengabaikan segala perlengkapan aktifitas yang akan dibawa pada esok hari. Sehingga saat pagi hari datang, Anda direpotkan dengan urusan mempersiapkan barang-barang ini. Anda sebagai mahasiswa, tentunya perlu mempersiapkan perlengkapan kuliah. Mulai dari buku, alat tulis, dan segala perlengkapan lain yang akan dibawa ke kampus.

Ini dapat menjadi salah satu penyebab rasa malas di pagi hari. Cara paling ampuh mengatasi masalah ini adalah Anda harus berusaha untuk merapikan barang-barang perlengkapan yang akan dibawa pada esok hari. Pada saat pagi, Anda hanya tinggal mempersiapkan diri Anda untuk beraktivitas misalnya kuliah. Ketika Anda telah menyiapkan semuanya di malam hari, ini akan menjadi salah satu cara menghilangkan rasa malas di pagi hari.

5. Non Aktifkan Ponsel Pintar Milik Anda

Anda saat ini berada di era milenial, bisa jadi saat ini memiliki gejala penyakit Fear of Missing Out atau FOMO. Ini di artikan adalah takut ketinggalan informasi. Apalagi Anda yang berstatus sebagai mahasiswa.

Anda seringkali merasakan bahwa ketika ponsel pintar tidak ada di genggaman, maka Anda merasakan ada sesuatu yang hilang. Jika Anda memiliki perilaku seperti ini, maka Anda telah mengalami gejala penyakit mental FOMO ini.

Saat ingin istirahat atau tidur di malam hari, Anda memiliki suasana hati yang tidak tenang ketika belum mengecek layar ponsel pintar Anda. Ini menimbulkan dampak berupa kecemasan. Hasilnya Anda akan mengecek terlebih dahulu status-status di media sosial. Bagaimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh teman-teman dalam lingkungan sosial Anda.

Ini akan menimbulkan waktu tidur Anda berkurang. Anda tidak sadar telah melewatkan banyak waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk beristirahat pada malam hari. Saat ini, ponsel pintar memiliki sinar cahaya yang sifatnya menimbulkan hormon-hormon agar tidak mengantuk. Ini layaknya kopi yang mengandung kafein.

Sehingga pada saat pagi hari, Anda akan merasakan rasa kantuk yang berat karena kurangnya waktu tidur pada malam hari. Ini akan berdampak pada perasaan Anda berupa rasa malas untuk melakukan dan menjalankan aktivitas di pagi hari.

Jadi jika Anda memiliki kebiasaan seperti ini, sebaiknya harus mulai dikurangi. Terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas padat di pagi hari. Untuk mahasiswa misalnya, ada beberapa mata kuliah yang jadwalnya bersamaan di pagi hari.

Penutup

Sebagai mahasiswa, tentunya akan muncul rasa malas saat akan mulai beraktivitas di pagi hari. Kenali penyebab rasa malas ini, dan bagaimana cara mengatasinya. Cara menghilangkan rasa malas di pagi hari yang ada dalam artikel ini sebaiknya dipraktekkan. Selanjutnya ini dapat dijadikan kebiasaan yang baik.

Silahkan bagikan artikel ini, agar teman-teman Anda juga mempraktekkannya. Bisa mengatasi rasa malas yang tiba-tiba muncul utamanya saat pagi hari, akan menjadi salah satu jalan agar Anda bisa sukses dan berhasil.

Follow Us On :
Ranking
1
Karina
10
2
Karina
10
3
Karina
10
4
Karina
10
5
Karina
10
Lencana
Kongkow