Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Langkah Mudah Menghindari Belanja Secara Berlebihan

5 Langkah Mudah Menghindari Belanja Secara Berlebihan

- Jumat, 21 Februari 2020 | 12:00 WIB
5 Langkah Mudah Menghindari Belanja Secara Berlebihan

Membeli sesuatu sama seperti saat Anda makan, dimana kebiasaan yang berlebihan bisa merugikan diri sendiri. Untuk itulah diperlukan pengendalian diri dan kemampuan Anda untuk mempelajari keseimbangan dalam melakukan pembelian. Jika selama ini Anda kesulitan untuk menahan hasrat belanja. Lakukan 5 langkah mudah berikut demi menghindari belanja secara berlebihan.

5 Langkah Mudah Menghindari Belanja Secara Berlebihan

1. Buat Uang Menjadi Sulit Diakses

kartu kredit-utang-bank-pinjaman-cicilan

Tidak hanya kartu kredit saja yang perlu dibatasi penggunaannya, Anda juga perlu mengendalikan pengeluaran yang menggunakan uang tunai. Misalnya saja Anda menyimpan uang di dalam rekening tabungan yang tidak perlu menggunakan kartu ATM. Dengan begitu, proses pengambilan uang jauh lebih sulit dilakukan dan membuat Anda tidak bebas membelanjakannya.

2. Berapa Jam yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Uang Tersebut

penghasian-kartu-kredit-kartu kredi-dana tambahan-boros-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup - bijak menggunakan kartu kredit - manajemen keuangan-9 Kondisi yang Membuat Kamu Jadi Boros Keuangan

Jika Anda masih sulit untuk mengendalikan pengeluaran, maka cobalah mengetahui berapa jumlah jam untuk bekerja yang diperlukan saat Anda mengeluarkan uang. Anda harus membuat total penghasilan selama sebulan menjadi penghasilan per jam agar memudahkan proses ini. Cara di atas terbukti lebih efektif dan membuat Anda akan berpikir ulang saat akan membelanjakan uang secara berlebihan.

3. Tunggu Sejenak

Cara Cerdas Menghemat Anggaran Belanja Pakaian

Saat Anda melihat sesuatu yang menarik untuk dibeli, apakah itu sepatu, pakaian, jam tangan, atau apapun. Sebaiknya memanfaatkan waktu untuk menunggu sejenak dan tidak langsung membeli barang tersebut. Berikan kesempatan untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli sesuatu.

4.Ajak Teman Atau Pasangan yang Mendukung Anda

seorang pengusaha belajar berkata tidak - 4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan - 5 Cara Menolak Ajakan Teman Menghabiskan Uang Pada Hal yang Tidak Penting - kemampuan kerja

Buat perjanjian dengan pasangan tentang pembelian di mana setiap keputusan tersebut harus dilakukan bersama-sama dan tidak boleh dilakukan oleh salah satu pihak saja. Jika Anda belum memiliki pasangan, maka ajaklah teman saat akan berbelanja dan pastikan mereka memiliki kebiasaan berhemat untuk bisa mengingatkan Anda saat melakukan pembelian secara berlebihan.

5. Ajukan Berbagai Pertanyaan Sebelum Membeli

Bertanyalah kepada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan pembelian tersebut, apa manfaat yang akan didapatkan saat memiliki barang tersebut, apa saja kerugian yang bisa terjadi saat tidak memiliki barang, dan apakah saat ini Anda sudah memiliki sesuatu yang cukup.

Pertanyaan di atas akan membuat Anda berpikir ulang saat akan melakukan pembelian yang besar. Serta tidak melakukan pembelian berdasarkan emosi saja dan lebih menggunakan akal rasional. Daripada uang yang dimiliki habis untuk melakukan pembelian yang sebenarnya tidak dibutuhkan lebih baik Anda menggunakan uang tersebut untuk disimpan atau diinvestasikan saja. Sebagai kesimpulan, berinvestasi dan menabung jauh lebih baik dan memberikan manfaat daripada Anda menghabiskan uang untuk belanja berbagai barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Semoga pembahasan di atas bisa membantu mengubah kebiasaan belanja yang impulsif menjadi lebih terkendali.

Cari Artikel Lainnya