Home » Kongkow » Tips & Trik » Sering Makan tapi Cepat Lapar? Ini Dia 5 Tips buat Mengatasinya

Sering Makan tapi Cepat Lapar? Ini Dia 5 Tips buat Mengatasinya

- Kamis, 06 Agustus 2020 | 16:00 WIB
Sering Makan tapi Cepat Lapar? Ini Dia 5 Tips buat Mengatasinya

Rasa lapar yang berlebihan sering kali menghampiri dan mengganggu kita yang sedang mencoba hidup sehat atau diet. Penyebabnya mungkin karena kita sedang stres, lelah, atau bosan. Jika kita mengomsumsi makanan yang berlebihan setiap harinya, hal ini akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Berbagai macam penyakit seperti jantung tidak sehat, hipertensi, obesitas, gula darah, dan sebagainya akan menyerang kamu.

Nah, bagi kamu yang sering merasa kelaparan,ada beberapa tips buat kamu nih! Berikut 5 tips buat kamu agar kamu tidak mudah merasa lapar terus menerus.

1. Jangan Buat Tubuh Dehidrasi

Sumber: Matanaga.com

Dehidrasi dapat membuat kamu merasa lapar. Kalau tidak percaya, coba rasakan perbedaannya. Ketika kamu lapar, cobalah minum segelas air penuh. Setelah 5 atau 10 menit, kamu pasti tidak akan merasa lapar lagi. Jeda 5 atau 10 menit itu memberikan waktu bagi tubuh untuk mengirim sinyal rasa kenyang ke otak. Nah, sebaiknya setiap harinya kamu harus mencukupi kebutuhan air agar tidak merasa lapar ya!

2. Cukup Tidur

Sumber: Ask-jansen.com

Kurang tidur karena pola tidur yang kurang tepat juga dapat memicu rasa lapar. Itu karena, yang pertama adalah pola makan jadi ikut kacau. Alasan kedua adalah kurang tidur dapat menyebabkan kamu stres. Jadi tak heran, jika kamu sering begadang, maka kamu juga akan sering merasa lapar.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

Sumber: HelloSehat.com

Ketika diet atau mengatur pola makan, orang sering salah berpikir bahwa dengan melewatkan sarapan, kamu akan dapat mengurangi berat badan. Hal itu sangat salah besar! Sarapan sebenarnya memiliki banyak manfaat, salah satu yang terpenting adalah memberikan energi bagi tubuh kita untuk dapat beraktivitas seharian.

Jika kamu melewatkan sarapan, pasti di siang hari kamu akan merasa lapar, malahan nantinya kamu akan makan banyak sekali. Berbeda jika kamu sarapan, pasti kamu tidak akan mudah merasa lapar ketika beraktivitas sampai siang hari.

4. Terlalu Banyak Makan Karbohidrat

Sumber: id.Wikipedia.org

Karbohidrat adalah makanan yang dapat membuat kadar gula darah meningkat cepat, tetapi setelah itu dapat menurun dengan cepat juga. Jika gula darah menurun, rasa lapar akan kembali menghampiri kamu. Maka dari itu, jika kamu terlalu banyak makan karbohidrat seperti nasi, mie, kue, dan roti, kamu akan mudah sekali merasa kenyang, tetapi setelah itu dengan cepat kamu akan merasa lapar lagi.

Nah, maka ketika kamu merasa lapar, cobalah makan makanan yang berserat tinggi seperti kacang-kacangan dan buah apel. Selain dapat mengisi kebutuhan serat tubuh, kacang-kacangan dan apel dapat menahan rasa lapar lebih lama.

5. Makan Secara Perlahan

Sumber: HelloSehat.com

Makan terlalu cepat akan berujung makan yang berlebihan. Hal ini karena, tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengetahui bahwa perutmu sudah terisi penuh. Waktu yang dibutuhkan untuk menyadari bahwa perut sudah terisi penuh adalah sekitar 20 menit. Maka dari itu, santap makananmu secara perlahan, tidak perlu terburu-buru.

Itulah tips-tips buat kamu yang sering mudah lapar, semoga membantu

Cari Artikel Lainnya