Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

- Jumat, 11 September 2020 | 16:17 WIB
8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Tanaman air atau yang disebut juga dengan hidrofit merupakan tumbuhan yang telah menyesuaikan diri untuk hidup di lingkungan perairan, baik tumbuhan tersebut terendam sebagian atau seluruh bagian.

Dan seiring perkembangan zaman, tanaman air ini sering kali difungsikan untuk mempercantik taman yang memiliki kolam pancuran, kolam air tenang, kolam rendam menyerupai rawa-rawa, maupun air terjun dinding.

Berbicara mengenai tanaman air, sebenarnya banyak pembahasan yang bisa kita bahas. Salah satunya seperti pembahasan mengenai apa saja tanaman yang hidup di air dan manfaatnya.

Nah, oleh karena itu yang akan menjadi poin utama pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu beberapa jenis tumbuhan yang hidup di air.

Lalu apa saja tumbuhan yang hidup di air? Daripada penasaran, langsung saja silahkan anda simak berikut ini sedikit informasi tentang beberapa macam tumbuhan yang hidup di air.

Berikut Ini Beberapa Tumbuhan yang Hidup di Air

1. Enceng gondok (Eichornia crassipes)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: kompasiana.com

Enceng gondok termasuk tanaman air mengapung. Bayang daunnya menggembung, hijau berbentuk bulat dengan diamter 5 - 15 sentimeter. Untuk tumbuhnya tegak ke atas dengan bentuk bunga menyerupai dengan anggrek. Tumbuhan ini tumbuh secara berkelompok pada tangkai bunga setinggi 20-35 sentimeter.

Enceng gondok tumbuhnya sangat cepat dan sering memenuhi permukaan air. Tanaman ini juga tergolong gulma karena mengganggu ketersediaan oksigen air.

2. Water lily (Nymphaea lotus)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: lotuswei.com

Jenis ini termasuk deep water aquatic plants. Akarnya tertanam pada lumpur kolam. Daun serta bunganya muncul dengan indah di permukaan air dengan warnanya yang putih, kuning, ungu, atau merah jambu. Bentuk daunnya bulat berlapis lilin pada permukaannya.

3. Apu-apu (Pistia stratiotes, Pistia crispata)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: alamendah.org

Tumbuhan ini hidup mengapung di permukaan air dengan daunnya berwarna hijau tersusun secara melingkar dan bertumpuk-tumpuk. Dan juga permukaan daunnya ditumbuhi bulu-bulu halus yang memberi tekstur seperti beludru.

Akar serabutnya berwarna putih, dapat menggantung sampai 30 sentimeter di bawah permukaan air. Tanaman ini sama sekali tak butuh perawatan, cukup diletakkan di permukaan air, maka tanaman ini akan memproduksi anakan.

4. Star Grass (Dichromena colorata)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: theaquaticplantsociety.org

Sekilas penampilannya seperti rumput biasa. Daun dan batang bunganya sempit dan memanjang. Bunganya berbentuk unik dengan warna putih kecoklatan, sementara kelopak bunganya panjang berwarna putih dengan ujung berwarna hijau. Penampilan keseluruhannya antara bunga dan kelopaknya berbentuk seperti bintang yang dapat memberi cahaya tambahan pada kolam atau taman air.

5. Calla lily (Zantedeschia aethiopica)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: shutterstock.com

Tanaman ini seolah terbuat dari lilin, berbentuk corong berwarna putih dengan putik kuning cerah. Bunga ini juga memiliki keharuman nan lembut. Tanaman ini cendernung tumbuh lebih tinggi bila kurang mendapat cahaya matahari.

6. Pisang air (Typhonodorum lindyeyanum)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: pecila.com

Seperti namanya, penampilan tanaman ini mirip pohon pisang namun berpadu dengan daun talas. Pisang air memiliki sosok yang kokoh dengan mencapai ketinggian 4 meter. Daunnya berbentuk oval dengan panjang bisa mencapai 1,5 meter. Tepiannya berdaun gelombang, tersusun melingkar membentuk tajuk simeteris.

7. Seledri air (Oenanthe javanica)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Source: komunita.id

Bentuk daunnya yang oval dengan tepian bergerigi, mirip dengan daun seledri. Panjang daunnya 2-5 sentimeter, menebarkan aroma mirip aroma wortel. Warna yang mendominasi daunnya yaitu berwarna hijau muda dengan sentuhan merah jambu dan putih.

8. Papyrus payung (Cyperus alternifolius, Cperus involucratus)

8 Tumbuhan yang Hidup di Air Beserta Gambarnya

Image Illustration

Tumbuh dengan berkelompok, batang tanaman ini berbentuk segitiga dengan ketinggian 0,9-1,8 meter. Ujung batangnya bisa tumbuh kurang lebih 24 helai kelopak bunga menyerupai daun dan tersusun seperti jari-jari roda. Setiap helai kelopaknya memiliki panjang 15-30 sentimeter dan lebar 1-1,5 sentimeter.

Demikian penjelasan diatas tentang beberapa tumbuhan yang hidup di air beserta gambarnya. Semoga bermanfaat!

Cari Artikel Lainnya