Home » Kongkow » Kuliner » Cara Membuat Donat Panggang yang Gampang dan Endeus

Cara Membuat Donat Panggang yang Gampang dan Endeus

- Sabtu, 07 November 2020 | 12:00 WIB
Cara Membuat Donat Panggang yang Gampang dan Endeus

Donat adalah jajanan atau makanan yang disuka banyak orang. Tak hanya ditaburi gula halus, donat dengan toping meises, keju, cokelat atau lainnya pun selalu diburu orang. Selain itu, makanan ini pun gampang dibuat sendiri di rumah. 

Sebagian besar orang membuat donat dengan cara digoreng. Namun, cara ini kadang membuat orang tidak suka karena hasilnya jadi berminyak. Untuk menghindarinya, Anda bisa membuat donat dengan cara dioven. Hasilnya pun tak kalah lezat dari donat yang digoreng. Ingin tahu caranya? Berikut resep donat oven dari Delish.com!

Bahan: 
2 cup tepung terigu
2 sdt baking powder
1 sdt garam
¼ sdt baking soda
2 butir telur
1/3 cup gula jawa
1/3 cup gula pasir
¾ cup susu, bagi 2
½ cup krim asam

2 sdm mentega cair
2 sdm minyak sayur
2 sdt ekstrak vanilla murni
1 cup chocolate chips 
Meises secukupnya

Cara membuat: 
1. Panaskan oven hingga 200 derajat Celsius dan minyaki 2 loyang donat. Campurkan tepung, baking powder, garam dan baking soda. Sisihkan. 

2. Di tempat terpisah, kocok telur, gula, ½ cup cangkir, krim asam, mentega, minyak sayur dan vanilla sampai lembut. Tuangkan campuran ini ke adonan tepung dan aduk sampai rata. 

3. Masukkan adonan ini ke dalam plastik yang ujungnya telah digunting. Tuangkan adonan ini ke loyang donat hingga ¾ penuh tiap lubang. 

4. Oven adonan ini selama 8—10 menit atau sampai bagian atasnya terlihat kering dan bawahnya berwarna keemasan. Dinginkan selama 5 menit sebelum dikeluarkan dari loyang. 

5. Sementara, campurkan chocolate chips dan ¼ cup susu. Panaskan adonan ini ke dalam microwave selama 30 detik, aduk sampai cokelat mencair. 

6. Celupkan donat ke adonan cokelat, lalu taburi meises. Biarkan selama 10 menit sebelum disajikan.

Cari Artikel Lainnya