Home » Kongkow » Beasiswa » Gates Cambridge Scholarship 2020 di University of Cambridge

Gates Cambridge Scholarship 2020 di University of Cambridge

- Rabu, 06 November 2019 | 03:15 WIB
Gates Cambridge Scholarship 2020 di University of Cambridge

Jika di ulasan sebelumnya INDBeasiswa telah membahas beasiswa penuh S1 Inggris, maka ulasan kali ini berupa tawaran beasiswa untuk program pascasarjana di Inggris. Gates Cambridge Scholarship, dari namanya sudah dapat ditebak siapa pemberi beasiswa ini. Beasiswa Gates Cambridge didirikan pada tahun 2000 melalui donasi dari Bill and Melinda Gates Foundation. Beasiswa ini rutin ditawarkan setiap tahunnya dalam bentuk full scholarship bagi mahasiswa internasional (termasuk dari Indonesia) yang berminat melanjutkan studi pascasarjana di University of Cambridge.

Beasiswa FULL Pascasarjana di UK oleh Gates Cambridge Scholarship

University of Cambridge merupakan salah satu universitas terbaik sekaligus tertua di dunia yang didirikan pada tahun 1209. Setiap tahunnya akan dipilih 80 penerima beasiswa Gates Cambridge. 

Berbagai macam pilihan program studi tersedia, seperti Arkeologi, Arsitektur, Biologi, Bisnis dan Manajemen, Kimia, Ilmu Komputer, Pendidikan, Teknik, Bahasa, Musik, Kesehatan, Psikologi, dan masih banyak lagi.

 

CAKUPAN BEASISWA:

Seperti yang telah dijelaskan di atas, beasiswa ini bersifat beasiswa penuh, yang telah meliputi cakupan pembiayaan berikut:
1. Biaya kuliah di University of Cambridge
2. Tunjangan pemeliharaan/tunjangan bulanan senilai £17,500 (±Rp 315juta) untuk satu tahun. Bagi mahasiswa PhD, tunjangan akan diberikan maksimum hingga 4 tahun
3. Tiket pesawat kelas ekonomi PP saat awal dan akhir masa studi
4. Biaya visa dan asuransi kesehatan (IHS)
5. Dana tambahan yang akan diberikan berdasarkan kebijaksanaan, seperti:
– Biaya pengembangan akademik sekitar £500 s/d £2,000 tergantung durasi masa studi, untuk menghadiri konferensi
– Tunjangan keluarga hingga £10,120 untuk anak pertama dan hingga £4,320 untuk anak kedua
– Biaya kerja lapangan (fieldwork) bagi mahasiswa PhD
– Biaya kesulitan yang tak terduga
– Biaya persalinan, dll. 

Yang menarik dari Beasiswa Gates Cambridge ini, pelamar tidak dibatasi umur. Selama memenuhi persyaratan, siapapun bisa ikut mendaftar.

 

PERSYARATAN MINIMUM PROGRAM PASCASARJANA DI UNIVERSITY OF CAMBRIDGE:

  1. Telah menyelesaikan studi S1 (Bachelor’s Degree) dengan nilai keseluruhan “Good”, “B+” atau IPK 3,5 (skala 4).
  2. Memiliki bukti kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL. Beberapa studi juga ada yang menerima CAE dan CPE) yang diambil dalam 2 tahun terakhir. Skor minimum tes bahasa Inggris bervariasi tergantung program studi yang dituju.

 

PERSYARATAN GATES CAMBRIDGE SCHOLARSHIP:

  1. Terbuka bagi warganegara selain Inggris (artinya pelamar dari Indonesia bisa mendaftar).
  2. Mendaftar untuk perkuliahan penuh waktu (full-time) di University of Cambridge pada program berikut:
    a. PhD
    b. MSc atau MLitt 
    c. Kuliah pascasarjana satu tahun

Catatan: Pelamar yang sedang menjalani perkuliahan di University of Cambridge pada jenjang yang sama tidak memenuhi syarat untuk beasiswa ini, kecuali mendaftar pada jenjang perkuliahan yang berbeda, misalnya dari Master mendaftar ke PhD. 

 

BERKAS DOKUMEN BEASISWA YANG DIBUTUHKAN:

  1. Gates Cambridge Statement (terdapat pada formulir pendaftaran) yang menjawab pertaanyan berikut:
    “In no more than 3000 characters (approximately 500 words) please explain why you are applying for a Gates Cambridge Scholarship and how you meet the four main criteria”
  2. Proposal riset (khusus bagi pelamar PhD)
  3. Dua (2) surat referensi akademik

Pihak universitas mungkin meminta dokumen aplikasi tambahan yang juga perlu dipersiapkan, seperti hasil tes bahasa Inggris, contoh karya tulis, dll. Rincian dokumen yang perlu dilampirkan tersebut bisa dilihat pada website masing-masing departemen.

 

CARA MENDAFTAR:

Pendaftaran Gates Cambridge Scholarship tidak memerlukan formulir pendaftaran terpisah. Pelamar dapat mengajukan pendaftaran beasiswa sekaligus dengan pendaftaran ke program pascasarjana di University of Cambridge. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman www.graduate.study.cam.ac.uk. Pelajari terlebih dahulu step-by-step guidelines yang tersedia pada laman tersebut.

Pendafaran Gates Cambridge Scholarship terbagi menjadi 2 putaran. Untuk warganegara di luar AS, dapat mendaftar pada Round 2 yang telah dibuka pada tanggal 2 September 2019. Batas waktu pendaftaran tergantung dari masing-masing program studi, antara tanggal 3 Desember 2019 atau 7 Januari 2020.

Peserta yang memenuhi kriteria seleksi Gates Cambridge akan diundang untuk mengikuti wawancara selama 20-25 menit (bisa via Skype) pada tanggal 23 dan 24 Maret 2020. Pengumuman penerima beasiswa akan dilaksanakan pada akhir Maret 2020.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Gates Cambridge 2020, silakan dapat mengunjungi laman resminya di www.gatescambridge.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya