999 +
0
69
0
Resep Es Kopi Susu Gula Aren yang Menyegarkan Tenggorokan
2 weeks 'ago'

Mengonsumsi kopi seakan sudah menjadi sebuah gaya hidup baru. Tak hanya dikonsumsi dalam keadaan hangat, kopi juga enak dicicipi dalam keadaan dingin dengan tambahan campuran susu dan gula aren. Minuman ini biasa disebut dengan es kopi susu gula aren.

Saat ini, es kopi susu gula aren menjadi minuman yang digemari banyak orang. Es kopi susu gula aren bisa menjadi teman bekerja hingga santai bersama teman dan keluarga tercinta. Hal ini membuat banyak kafe dan restaurant hingga kedai kopi yang menawarkan beragam varian es kopi susu gula aren.

Tertarik ingin mencoba minuman mengegarkan ini di rumah? Berikut resep membuat es kopi susu gula aren seperti dikutip dari akun Instagram @masaktv.

Bahan:
2 gram espresso bubuk (1 bungkus kecil)
250 ml susu UHT rasa kelapa
Es batu
Garam
Air

Bahan sirup gula aren:
100 ml air
100 g gula aren
1 sdt essence pandan

Cara membuat:
1. Untuk sirup gula aren, didihkan air, masukkan gula aren yang sudah diiris. Masak hingga seluruh gula larut. Dinginkan. Tambah esens pandan. Aduk rata, tambahkan es batu.

2. Larutkan espresso instan bubuk dalam 50 ml air panas. Dinginkan. Taruh, 1 sdm gula aren atau sesuai selera ke dalam gelas. Tambahkan espresso yang sudah dicairkan.

3. Tuang susu UHT rasa kelapa, tambahkan es batu. Beri taburan garam secukupnya jika suka. Aduk rata. Es kopi susu gula aren siap disajikan.

Follow Us On :
Ranking
1
debora
20
2
debora
20
3
debora
20
4
debora
20
5
debora
20
Lencana
Kongkow