Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

- Selasa, 14 Desember 2021 | 10:00 WIB
Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

Merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan, hamster juga butuh banyak nutrisi bagi tumbuh kembangnya. Nutrisi ini dapat tercukupi dengan berbagai asupan seimbang dan penuh gizi. Inilah beberapa jenis sayuran untuk hamster guna menunjang pertumbuhannya.

Jagung

Anda dapat memberikan sayuran untuk hamster berupa jagung yang masih mentah. Porsi pemberian jagung ini sebaiknya dilakukan dalam jumlah sedikit. Jagung baik bagi hamster karena jenis karbohidrat pada jagung sesuai dengan kebutuhannya.

Jagung mentah ataupun jagung yang sudah dikeringkan akan menjadi santapan yang baik bagi hamster. Jagung mentah memiliki kandungan air yang bermanfaat bagi hamster yang masih menyusui. Jagung mentah dan jagung kering dapat dibeli di pasar ataupun toko pakan unggas. Khusus jagung mentah, Anda bahkan dapat menemukannya di warung sayuran.

Wortel

Salah satu jenis sayuran untuk hamster adalah wortel. Hewan menggemaskan ini memiliki gigi depan yang kuat. Wortel baik untuk mengasah pertumbuhan giginya karena sayuran umbi ini dapat dikonsumsi dengan cara digerogoti.

Berikan wortel dalam porsi kecil terlebih dahulu. Jika dalam beberapa hari hamster tidak menunjukkan tanda-tanda alergi, barulah wortel dapat diberikan dengan jumlah yang banyak.

Mentimun

Mentimun merupakan sayuran buah dengan kandungan air yang sangat tinggi, yakni hingga 95 persen. Jika hamster yang Anda pelihara sudah cukup berat badan, pemberian mentimun sebagai pakan akan direkomendasikan. Selain mengandung banyak air, mentimun juga rendah kalori.

Tak hanya itu, bayi hamster pun dapat memenuhi asupan cairannya dengan mengonsumsi mentimun. Selain itu, mentimun juga mengandung serat yang cukup.

Brokoli

Jenis sayuran berikutnya adalah brokoli. Sayuran ini merupakan salah satu kesukaan hamster. Brokoli dikenal sebagi sayuran dengan banyak nutrisi yang baik bagi tubuh, termasuk bagi pertumbuhan hewan subfamili Cricetinae ini.

Brokoli dapat diberikan kepada hamster dalam keadaan mentah. Sebelumnya, uji cobakan terlebih dahulu dengan memberikan brokoli dalam jumlah sedikit. Jika hamster menyukainya, Anda dapat melanjutkan pemberian brokoli sebagai pakan hamster. Brokoli juga dapat menunjang pertambahan berat badan hamster.

Cari Artikel Lainnya