Home » Kongkow » Travel » Mau Wisata Alam dan Edukasi? Ayo ke Taman Nasional...

Mau Wisata Alam dan Edukasi? Ayo ke Taman Nasional...

- Sabtu, 12 Oktober 2019 | 07:00 WIB
Mau Wisata Alam dan Edukasi? Ayo ke Taman Nasional...

Suara monyet ekor panjang terdengar bersahutan di awal jalur pendakian Cibodas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Terkadang sekelompok monyet melompat dari batang ke batang pohon lainnya.

Kekhasan suara monyet ekor panjang setidaknya bisa saya nikmati hingga Telaga Warna. Melewati Pos Panyangcangan, suara monyet seakan perlahan hilang berganti lenguhan nafas pendaki.

Jalur berbatu, licin, menanjak dengan kemiringan mencapai 45 derajat, hingga menyeberangi sungai memang menjadi teman perjalanan para pendaki ketika melewati jalur pendakian Cibodas. Petualangan ke Gunung Gede dan Pangrango terasa baru dimulai.

Bagian paling mendebarkan bila mendaki lewat jalur Cibodas yaitu melewati aliran air panas. Licin dan berjalan di tepi jurang. Ya, para pendaki harus berhati-hati untuk melewati jalur air panas sebelum tiba di Pos Kandang Batu.

Bertualang bersama sahabat adalah cara terbaik untuk bermain di area taman nasional. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu tempat bertualang favorit para pendaki di sekitar Jakarta.

Petualangan dan Konservasi

Penjelajahan dan edukasi tentang konservasi. Nilai itu adalah dua hal yang biasa ditemukan saat mengunjungi kawasan taman nasional.

Di taman nasional, keanekaragaman hayati bisa kita pelajari. Ada ragam flora dan fauna di taman nasional yang menarik untuk dilihat.

Seorang pegiat alam bebas, Nouf Zahrah Anastasia merupakan wisatawan yang gemar menikmati penjelajahan ke taman nasional di Indonesia. Anastasia bersama suami dan anaknya sejak limat tahun terakhir menjalankan program penjelajahan bertajuk Family Goes To National Park.

"Di taman nasional itu ada laut, gua, pantai, sabana, dan tentu gunungnya. Taman nasional itu memiliki banyak fungsi, seperti edukasi dan rekreasi. Kami eksplorasi taman nasional karena dua fungsi itu," kata Anastasia saat dihubungi Kompas.com.

Dalam penjelajahan taman nasional, Anas bersama keluarga bisa mendapatkan kegiatan rekreasi, edukasi, dan pengenalan budaya. Di taman nasional, menurutnya, terdapat keanekaragaman hayati mulai dari flora, fauna, bentang alam, dan budaya.

"Alam di taman nasional menyajikan banyak hal yang dijelahi dan dipelajari," lanjutnya. 

Taman Nasional Lore Lindu di Sulawesi Tengah misalnya. Fauna seperti burung maleo dan tarsius merupakan beberapa fauna primadona yang kita bisa lihat.

Pengalaman mencari tarsius yang bersembunyi di balik pohon salak hingga menelusuri sungai untuk menuju peenangkaran burung maleo cocok untuk para pehobi petualangan.

Wisatawan di Taman Nasional Lore Lindu bisa belajar tentang konservasi burung maleo mulai dari cara peneluran hingga pengeraman telur maleo.

Tak hanya alam, keragaman budaya di area taman nasional juga patut untuk dijelajahi. Ada banyak budaya menarik seperti budaya Kasodo di Taman Nasional Gunung Semeru, Jawa Timur.

Belum lagi, keindahan salju di Pegunungan Jayawijaya di Papua. Satu-satunya salju di Indonesia itu termasuk ke kawasan Taman Nasional Lorentz.

Keindahan alam dan budaya di taman nasional masih banyak bisa ditemukan. Antusiasme kunjungan wisatawan ke taman nasional pun terlihat positif.

Berdasarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), ada 54 taman nasional di Indonesia yang tersebar di berbagai pulau. Kunjungan wisatawan ke beberapa taman nasional pada tahun 2018 tercatat ada peningkatan kunjungan seperti di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Gunung Merbabu, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Baluran, dan Taman Nasional Way Kambas.

KLHK sejak tahun 2015 telah mencanangkan program kampanye bertajuk "Ayo ke Taman Nasional".

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan program Ayo ke Taman Nasional sejalan dengan Target Pariwisata Nasional 2015 – 2019 yang ditetapkan Presiden yaitu meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 20 juta dan wisatawan nusantara mencapai 275 juta orang dalam 5 tahun.

Cari Artikel Lainnya