Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 14:28 WIB
Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Mungkin kita memahami apa yang mendorong atlet Olimpiade untuk menjadi begitubekerja keras dan bahagia jika mendapatkan medali dalam olimpiade. Usaha keras mereka akan dihargai dengan salah satu medali yaitu emas, perak dan perunggu.

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Dari kiri ke kanan perak, emas, dan tembaga. Tapi mengapa mereka medali terbuat dari logam tersebut, mengapa urutannya perunggu  baik, perak lebih baik, dan emas yang terbaik?(Medali emas benar-benar berlapis emas, medali perak perak  hanya 1,34% emas. Medali emas Olimpiade terakhir yang seluruhnya terbuat dari emas diberikan di 1912 olimpiade Stockholm Swedia).

Mengapa ketiga logam yang digunakan? Dimulai dengan perunggu, perunggu dapat dibuat dengan mencampur tembaga dengan jumlah kecil dari logam lainnya seperti timah. Manusia mengetahui dan membuat temabaga sekitar 5000 tahun yang lalu dan itu mengubah segalanya. Sehingga ketika membicarakan perunggu, perak, dan emas, maka tentu kita membicarakan tentang tembaga, perak, dan emas.Dalam ilmu kimia atau yang  tahu akan tabel periodik mereka akan tahu bahwa tembaga, perak, dan emas semua datang dalam kolom atau golongan yang sama.

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Unsur dalam kolom/golongan yang sama umumnya memiliki banyak sifat yang mirip. Dalam hal ini, sifat yang paling penting logam ini adalah kenyataan bahwa logam-logam tersebut dapat ditemukan secara alami dalam bentuk murni, yaitu bentuk “asli” logam-logam tersebut. Kebanyakan logam lain hanya ditemukan dalam bentuk mineral logam, dan hanya dapat diperoleh dalam bentuk murni dengan memproduksi mereka dalam reaksi kimia yang rumit

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu
Mineral Emas (www.mineralshows.com)

Karena hal tersebut maka tembaga, perak, dan emas merupakan tiga logam pertama bisa dibuat oleh manusia pada zaman lampau meskipun tangan mereka harus kotor untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut. Sementara itu emas hampir selalu ditemukan dalam bentuk murni, perak dan tembaga lebih sering ditemukan terikat atom lain seperti belerang dan oksigen dalam deposit mineral. Akhirnya manusia sekarang menemukan cara untuk membuat perak murni dan tembaga (kemudian perunggu) dari deposit mineral, yang menyebabkan meluasnya penggunaan logam ‘sebagai uang, benda-benda dekoratif, dan tentu saja medali Olimpiade. Sifat lain yang membuat logam tersebut sangat mengagumkan adalah daya tahan logam tersebut untuk berikatan dengan oksigen dan sulfur dalam proses yang dikenal sebagai pemudaran atau korosi. Hal ini bisa terjadi, tapi cukup lambat sehingga produk yang dibuat dari logam ini masih sangat berguna.

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu
Sendok yang dilapisi perak (kiri0 dan sendok yang tidak dilapisi perak (kanan) (Gb.www.apricosa.com)

Tapi mengapa perunggu baik, perak lebih baik, dan emas yang terbaik? Cerita ini dimulai dengan cara lebih awal dari zaman perunggu. Mari kita mulai pikiran kita  keteori pembentukan alam semesta atau kita kembali kewaktu sebelum Olimpiade pertama, sebelum manusia hidup di bumi, sebelum dinosaurus mati, sebelum kehidupan ada di bumi. Hampir semua atom non hidrogen di bumi terbentuk di dalam sebuah bintang yang ada lebih dari 5 miliar tahun yang lalu. Bintang pecah proton dan neutron terbetuk bersama-sama membentuk unsur yang lebih berat daripada hidrogen seperti karbon dan oksigen, dalam proses ini melepaskan energi yang dibutuhkan untuk menjaga pecahnya atom dalam bintang. Namun, sepertinya atom mendapatkan lebih berat, kurang dan kurang energi dilepaskan, sehingga membuat setiap elemen yang lebih berat dari besi memerlukan masukan energi. Berikut adalah grafik yang menunjukkan hal tersebut:

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Hasil dari ini adalah bahwa unsur yang lebih berat dari besi kurang melimpah dari yang lebih ringan dari besi. Jadi, ketika bintang memproduksi unsur pada akhir hidupnya dan meledak, itu membuka jalan bagi pembentukan tata surya kita di mana elemen ke bagian bawah tabel periodik (termasuk tembaga, perak, dan emas)merupakan unsur yang jarang terbentuk.

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Tembaga merupakan logam yang paling ringan dari tiga logam medali Olimpiade, dan yang paling melimpah, membetuk 0,0068% dari kerak bumi. Perak lebih berat dari tembaga, terletak tepat di bawah dalam tabel periodik, dan membuat 0.000008% dari kerak bumi. Emas adalah logam terberat, terletak di dekat bagian bawah tabel periodik, dan hanya membentuk 0.0000004% dari kerak bumi. Jadi, urutan  medali Olimpiade hanyalah sebuah fungsi  yang membandingkan logam tersebut dengan presatsi mereka terhadap satu sama lain, yang disebabkan oleh hal-hal yang terjadi pada masa lampau juga.

Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu

Ketika melihat Michael Phelps memegang medali emasnya, maka kita berpikir tentang bagaimana banyak unsur yang melimpah dari tinggi ke bawah pada tabel periodik (oksigen, karbon, hidrogen).

Demikian alsan Kenapa Olimpiade Medalinya Emas, Perak dan Perunggu, semoga bermanfaat

Cari Artikel Lainnya