999 +
0
12
0
Jangan Dibuang, Biji Jambu Miliki Banyak Nutrisi Bagi Tubuh!
2 weeks 'ago'

Teksturnya yang keras membuat banyak orang membuang bijinya saat konsumsi jambu biji. Padahal, bijinya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Jambu biji memang mudah didapat dan murah harganya. Meskipun sering dihindari karena bijinya, jambu yang memiliki rasa manis ini ternyata kaya manfaat. Kandungan vitamin C dan kalium dalam jambu biji juga dapat membantu menormalkan tekanan darah.

Jambu biji, yang dikenal sebagai ‘amrood’ dalam bahasa Hindi, telah dikenal sebagai makanan super yang memberikan banyak manfaat bagi kulit, tubuh, dan rambut supaya sehat.

Kebanyakan dari kita tidak terlalu suka biji yang sulit dikunyah itu dan sering membuangnya saat sedang makan buah tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa biji yang Anda buang, ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan?

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi jambu bersama dengan bijinya untuk mendapatkan hasil nutrisi yang maksimal. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari biji jambu biji yang dikutip dari NDTV, (25/03).

  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi seseorang yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi pasti dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Biji jambu tidak hanya mengandung jumlah kalium humongous (60 persen lebih tinggi dari pisang) yang mengatur aliran serta tekanan darah dalam tubuh.

  1. Membantu penurunan berat badan

Jambu biji memiliki serat yang padat. Biji buah jambu bisa mengurangi karbohidrat dalam tubuh, yang dapat menghambat penambahan berat badan yang berlebihan. Campuran vitamin dan mineral yang tepat membuat perut kenyang untuk waktu yang lebih lama.

  1. Meringankan sembelit

Biji jambu biji sangat berserat dan memiliki efek pencahar dan stimulan dalam sistem pencernaan. Ini dapat mempercepat pergerakan usus halus. Biji jambu biji juga dapat membantu mengendalikan masalah keasaman lambung. Jadi untuk mencegah sembelit, Anda bisa mengonsumsi buah jambu biji dengan bijinya.

  1. Membantu meringankan diabetes

Jambu biji tidak hanya mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah. Jambu biji juga tinggi akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun. Jambu biji yang tinggi serat juga menjadi buah yang ramah untuk penderita diabetes.

Kandungan protein yang terkandung dalam biji jambu biji ini dapat menghambat penurunan kadar insulin dalam tubuh. Sehingga bagi penderita diabetes, jambu biji bisa jadi buah yang aman dikonsumsi.

  1. Mengolah biji jambu biji

Kalau tak bisa mengunyah jambu biji sampai halus, Anda bisa membuat jambu biji dalam bentuk jus atau smoothies.

Nah mulai sekarang Anda tidak perlu lagi membuang biji jambu biji, karena ternyata banyak manfaatnya bahkan bisa dikonsumsi dengan banyak cara.

Follow Us On :
Ranking
1
Arifah
515
2
Lencana
Kongkow