999 +
0
18
0
Nyobain Es Timun, Minuman Sehat dari Aceh
2 weeks 'ago'

Aceh dikenal dengan kulinernya yang kaya rempah dan rasa yang kuat, sebut saja ayam tangkap, pliek u, hingga mie Aceh. Sehabis menyantap hidangan tersebut, rasanya akan sangat pas jika kita minum sesuatu yang segar.

Nah, Aceh memiliki minuman khas dengan rasa yang menyegarkan, yaitu es mentimun atau timun.

Dari namanya saja Sobat Pesona pasti sudah bisa menebak kalau minuman ini berbahan dasar timur. Timun segar diparut atau diserut.

Sebagai campurannya ada sirup limau yang dibuat ddengan merebus air, gula pasir, air perasan jeruk limau dan daun jeruk. Masak hingga air mendidih dan gula larut.

Lalu, campurkan campuran sirup dengan parutan timun. Ada juga beberapa orang yang menambahkan selasih agar rasanya lebih bervariasi. Terakhir, tambahkan es batu, lalu aduk hingga merata.

Bahan-bahan dan proses pembuatannya memang sangat sederhana, tapi jangan remehkan rasanya. Sudah pasti bisa menghilangkan dahaga. Ada sensasi dingin saat kita menggigit serutan timun.

Minuman yang juga dikenal dengan nama ie boh timun ini juga biasa dinikmati di momen-momen seperti bulan Ramadhan. Rasanya yang mampu menghilangkan haus di bulan suci dapat menjadi opsi untuk Sobat Pesona untuk menu buka puasa.

Es timun juga bisa ditemukan di restoran-restoran di Aceh. Masyarakat Aceh umumnya memesan es timun sebagai minuman, mungkin seperti Sobat Pesona memesan es teh sehabis makan di restoran.

Menurut beberapa masyarakat, timun dipilih karena dianggap sebagai bahan baku yang relatif murah dan mudah didapatkan. Selain itu, pengolahan es timun juga tidak sulit.

Selain nikmat, es timun juga ternyata menyimpan manfaat, khususnya bagi ibu hamil. Es timun ampuh meredakan rasa mual dan membuat perut nyaman setelah muntah. Khasiat lainnya, es timun juga bisa menambah nafsu makan. Wah, Sobat Pesona harus coba, nih!

Follow Us On :
Ranking
Lencana
Kongkow