999 +
0
25
0
Asinan Sayur yang Bikin Segar dan Sehat!
1 month 'ago'

Siang hari ini menjadi waktu yang tepat untuk menikmati Asinan Sayur. Makanan ini memberi rasa segar dan tentu saja menyehatkan karena berisi sayuran yang baik untuk kesehatan. 

Anda bisa menyiapkan sayuran yang diinginkan, seperti touge, kol, wortel, timun, sawi dan sebagainya. Membuatnya pun cukup mudah. Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar makanan ini terasa nikmat.

Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 08.00 WIB. Berikut cara mengolahnya.

Bahan 1: 100 g kol dirajang kasar, rendam dalam air es

100 g taoge besar, buang akarnya, rendam dalam air es

150 g wortel, potong batang korek api, rendam dalam air es

100 g timun, potong serasi, rendam dalam air es

100 g daun selada, potong serasi

100 g sawi asin, potong serasi, rendam dalam air es

25 g daun antanan, cuci bersih

200 g tahu kuning, potong dadu, rendam dalam air garam

50 g kacang tanah, goreng

150 g kerupuk mie kuning

 

Bahan 2:

800 ml air

2 siung bawang putih, haluskan

1 sdt ebi bubuk

2 sdt garam

400 g gula pasir

1/8 sdt Desaku Kunyit Bubuk

1/8 sdt Ladaku Merica Bubuk

25 g cabe bubuk

3 sdm cuka

 

Cara Membuat:

Rebus air beserta semua bahan 2 (kecuali cabe bubuk dan cuka), rebus hingga mendidih. Setelah gula pasir larut, masukkan cabe bubuk, matikan api.

Masukkan cuka, aduk hingga rata. Masukkan sedikit daun antanan ke dalam kuah asinan, biarkan hingga dingin (suhu ruang). 

Untuk penyajiannya, ambil piring saji, lalu tata selada, kol, wortel, taoge, sawi asin, tahu, timun (pastikan sayuran dalam kondisi dingin / baru keluar dari kulkas). Siram dengan kuah dingin, taburi dengan kacang tanah goreng dan beri kerupuk mie kuning. Sajikan, selamat menikmati bersama keluarga!

 

Follow Us On :
Lencana
Kongkow