Home » Kongkow » Tutorial » 7 Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR dengan Mudah

7 Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR dengan Mudah

- Senin, 30 September 2019 | 13:19 WIB
7 Cara Membersihkan Lensa Kamera DSLR dengan Mudah

Related image

Kamera DSLR merupakan salah satu kamera yang cukup digandrungi oleh anak muda. Kamera ini cukup menarik digunakan karena dapat menghasilkan gambar yang begitu baik bahkan bisa dikatakan memiliki kualitas yang terbaik . Akan tetapi, jika perwatan pada kamera ini juga tidak kalah penting. Khususnya pada bagian lensanya.

Peran lensa kamera tentunya sangat amat penting untuk menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu pelajari beberapa cara untuk membersihkan lensa kamera DSLR dengan mudah. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

1. Pakailah ruangan yang bersih dan juga kering

Hal pertama yang harus Anda pahami adalah ruangan yang digunakan untuk membersihkan lensa kamera. Pastikan ruangan yang dipakai bersih dan bebas dari kotoran seperti debu. Hal ini terkadang masih diremehkan oleh beberapa orang. padahal mau sebersih apapun lensa kameranya, tetapi menggunakan ruangan yang kotor, maka hasilnya tidak akan maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka sebaiknya gunakan meja atau dudukan lainnya. pastikan tempat tersebut juga dalam keadaan kering agar tidak ada cairan yang bisa menempel pada bagian lensa saat dibersihkan.

2. Perhatikan penerangan

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah penerangan yang digunakan saat membersihkan lensa. Kondisi cahaya pun dapat memengaruhi proses pembersihan lensa kamera. Jika Anda memiliki lampu duduk, sebaiknya dekatkanlah posisinya sehingga beberapa ukuran debu maupun kerikil kecil dapat terlihat secara detail. Bahkan ada baiknya Anda membersihkan lensa kamera pada siang hari karena kondisi cahaya cukup banyak dibandingkan saat malam hari.

3. Berhati-hati dalam melepaskan lensa kamera

Membongkar lensa kamera pun tidak bisa sembarangan. Anda harus mengeluarkannya dengan hati-hati. Khususnya pada bagian filter kameranya. Fungsi filter kamera ini sangat penting karena dapat memisahkan kotoran seperti debu maupun kotoran lainnya pada bagian-bagian kamera. Bongkarlah bagian-bagian kamera pada tempat yang disediakan misalnya pada kain maupun kertas koran. Apabila ada beberapa bagian yang belum dibersihkan, sebaiknya tutuplah terlebih dahulu memakai tutup lensa sambil menunggu bagian lain selesai. hal tersebut dapat melindungi bagian kamera lainnya dari debu ataupun kotoran lainnya.

4. Pakai kuas maupun blower

Untuk membersihkan lensa kamera, sebaiknya Anda tidak usah menggunakn kain basah atau tisu. Sebab, hal tersebut malah membuat debu ataupun kerikil kecil semakin mudah masuk ke dalam lensa. Apabila Anda ingin menggosoknya, maka akan ada sebuah goresan yang malah membuat lensa semakin rusak.

Langkah yang paling benar adalah menggunakan kuas kering atau bisa dilakukan blower terlebih dahulu. Kedua alt tersebut dapat membuang debu maupun kerikil-kerikil kecil yang menempel pada lensa. Kuas kering juga memiliki fungsi layaknya sebuah sapu yang dapat membersihkan sela-sela kecil tanpa harus meninggalkan jejak goresan. Jika Anda ingin lebih aman lagi, maka gunakanlah blower sehingga dapat menerbangkan debu-debu yang memiliki ukuran kecil.

5. Pakai cairan khusus pembersih lensa

Anda bisa gunakan cairan pembersih lensa yang sudha direkomendasikan agar pembersihannya jauh lebih maksimal. Untuk menggunakan produk tersebut, sebaiknya Anda gunakan cairan pembersih yang memiliki brand yang sama dengan kamera yang digunakan. hal tersebut dikarenakan pembersih lensa yang memiliki brand sama menggunakan bahan-bahan yang tidak akan merusak lensa tersebut. Bisanya, beberapa pembersih telah dilengkapi dengan alat bantu khusus agar pembersihan lensa dapat lebih maksimal.

6. Pakailah Kain Microfiber

Untuk tahapan yang terakhir, Anda bisa gunakan kain microfiber. Kain ini memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak merusak lensa maupun keca kamera DSLR. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan dua jenis kain microfiber yang berbeda. Pertama adalah kain untuk membersihkan lensa kamera dan satu lagi untuk body kamera. Hal tersebut digunakan agar kotoran yang berasal dari lensa kamera tidak menyebar pada body kamera.

7. Gunakan peralatan yang sudah bersih

Terakhir adalah Anda harus menggunakan peralatan yang sudah bersih serta baru atau sudha dicuci bersih sebelumnya. Umumnya, beberapa orang tidak mengetahui jika untuk membersihkan lensa kamera harus menggunakan peralatan yang bersih serta cukup lengkap. Tidak sedikit orang-orang yang gegabah dalam membersihkan lensa kamera. Akibatnya, lensa kamera menjadi cepat rusak dan harus diganti dengan kamera yang baru.

Itulah 7 cara membersihkan lensa kamera DSLR dengan mudah. Perlu ditekankan kembali bahwa untuk membersihkan lensa kamera perlu kehati-hatian serta tidak tergesa-gesa. Jika Anda melakukannya dengan salah, maka lensa kamera bisa cepat rusak. Akibat yang paling buruk adalah Anda harus membeli lensa kamera yang baru. Untuk bahan referensi yang lain, Anda bisa pelajari beberapa hal seperti spesifikasi kamera untuk fotografer pemulatips memilih kamera DSLR untuk pemula, dan juga beberapa kelebihan dan kekurangan kamera polaroid. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat untuk setiap pembaca.

Cari Artikel Lainnya