Home » Kongkow » WOW » PLN Sediakan Daya Pengisi Super Cepat Kendaraan Listrik

PLN Sediakan Daya Pengisi Super Cepat Kendaraan Listrik

- Minggu, 29 September 2019 | 02:03 WIB
PLN Sediakan Daya Pengisi Super Cepat Kendaraan Listrik

Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan satu Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) dengan kemampuan Ultra Fast Charging untuk mengisi daya kendaraan listrik di Jakarta.

"Ultra fast charging-nya ada satu, 150 kilo watt, kalau nge-charge 20 menit langsung full," kata General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Asaad di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Balai Kartini, Jakarta Selatan, dikutip dari Antara, Rabu, 4 September 2019.

Ketika disinggung mengapa PLN hanya mendirikan satu tempat untuk Ultra Fast Charging, Ikhsan menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut kendati masih terus digodok oleh pihak PLN.

Kami coba dulu ya, selain investasinya cukup mahal, Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar untuk satu ultra fast charging

"Kami coba dulu ya, selain investasinya cukup mahal, Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar untuk satu ultra fast charging. Makanya tahun ini (satu), tahun depan kami rencananya tambah lagi. Minimal memberi keyakinan ke masyarakat dulu ya," kata Ikhsan.

Walaupun hanya ada satu pos, Ikhsan meminta masyarakat untuk tidak khawatir, karena PLN juga akan membangun tiga stasiun fast charging, dan 10 normal charging di lokasi-lokasi strategis di Jakarta.

"Ada 10 normal charging, lalu tiga fast charging. Targetnya hingga akhir tahun ini (stasiun pengisian daya listrik dibangun)," ujar dia.

Sementara itu, terkait lokasinya, Ikhsan mengatakan bahwa pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menempatkan pos-pos pengisian daya tersebut di beberapa titik strategis Tanah Betawi.

"Saya lagi minta izin sama Gubernur, agar posisinya nanti di dekat Monas, atau HI, biar aksesnya gampang," ujarnya.

Cari Artikel Lainnya